Siapa bilang cantik harus mengeluarkan biaya mahal. Tenyata cantik bisa didapat dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita dengan biaya yang relative murah tentunya. 


Teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan. 

Sebuah penelitian di Maryland Medical Centre, Amerika menemukan fakta bahwa antioksidan dalam teh hijau mampu menangkal efek radikal bebas sehingga bisa memperlambat efek penuaan serta resiko kanker juga penyakit jantung. Dalam satu gelas teh hijau terdapat 50 hingga 150 mg polifenol yang merupakan salah satu zat antioksidan.

Oleh karena itu, teh hijau sangat efektif digunakan sebagai pengganti “sun cream” untuk menangkal efek sinar ultraviolet (UVB). Caranya adalah, seduh 2 sdm teh hijau dengan satu gelas air, kemudian usapkan pada kulit. Biarkan hingga mengering. Selain itu teh hijau juga bisa digunakan untuk mengompres mata untuk mencegah timbulnya kantong mata. Untuk mempermudah penggunaan sebaiknya pilih the hijau dalam bentuk kantong celup. Bubuk teh hijau juga bisa digunakan sebagai masker untuk mencegah dan mengobati jerawat.  




Daun sirih untuk mengharumkan badan 

Daun sirih mengandung Flavonoid dan polivenol yang merupakan senyawa kimia antioksidan, antideabetik, antikanker, antiseptic serta antiflamasi. Kandungan alcohol seperti eugenol dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Air rebusan daun sirih yang mengandung minyak atsiri jika diminum bisa membuat keringat yang keluar dari tubuh berbau harum. Selain itu air larutan daun sirih yang banyak mengandung karvakol yang berguna sebagai desinfektan sehingga bisa digunakan sebagai obat kumur untuk menghindari bau nafas tidak sedap. Larutan daun sirih ini juga bisa digunakan untuk membersihkan organ V pada wanita sekaligus mencegah dan mengobati keputihan. 




Wortel menyamarkan noda hitam pada wajah 

Di dalam wortel banyak terkandung vitamin A dan C yang bisa melindungi wajah dari berbagai polusi udara. Sementara itu kandungan Lycopene dalam wortel bisa mencegah kerusakan sel kulit mati. Untuk menyamarkan noda hitam pada wajah yang banyak dimiliki oleh wanita usia diatas 30 tahun, bisa dengan menggunakan wortel sebagai masker wajah. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik bisa dilakukan perawatan dari dalam dengan cara meminum jus wortel secara teratur setiap pagi. 



Mentimun untuk kecantikan kulit dan rambut 

Mentimun mengandung vitamin dan mineral yang bisa berguna untuk mengencangkan dan melembabkan kulit. Sehingga mengkonsumsi mentimun mentah sangat baik bagi kecantikan. Selain itu mentimun juga mengandung asam askorbat yang berguna untuk menurunkan tingkat retensi air. Ini bisa dimanfaatkan untuk mengompres mata sehingga bisa mengobati pembengkakan pda mata. 



Jeruk nipis melangsingkan tubuh dan mengobati jerawat. 

Kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan membuat jeruk nipis sangat baik untuk mengecilkan pori-pori dan mencegah jerawat. Caranya bisa dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Selain itu jeruk nipis juga sangat baik diminum pada saat pagi hari dengan mencampur segelas air dan satu sendok madu sebagai detoksifikasi atau menghilangkan racun-racun dalam tubuh.





Tulisan ini sebagai sample dalam  pendaftaran My Pretty Diary http://www.myprettydiary.com/

Hadiah diterima hari Jum'at tanggal 18 Januari 2012 
Compact powder + blush on