MENGHILANGKAN LENDIR PADA IKAN LELE 

Lendir pada lele bisa sangat mengganggu ketika kita akan memotong lele sebelum dimasak. Berikut ini cara menghilangkan lendir pada lele: *Setelah lele mati, cuci bersih pada air mengalir. *Ambil garam dan cuka secukupnya, tambahkan sedikit air. *Rendam lele pada larutan garam dan cuka lebih kurang sleama 10 - 15 menit. *Cuci bersih dengan air mengalir. *Lele siap dipotong-potong dan dimasak.   

BUBUR SUMSUM BAIK UNTUK ASAM LAMBUNG 

Bubur sumsum merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras. Biasanya bubur sumsum dimasak dengan menggunakan santan kelapa sehingga rasanya gurih. Air yang dimasak dengan gula merah seringkali ditambahkan sebagai saus sehingga rasanya manis. Karena bubur sumsum ini lembut, maka makanan yang satu ini seringkali disajikan sebagai menu bagi orang yang sedang sakit, terutama pagi penderita sakit pencernaan maupun sakit gigi. Bubur sumsum ini ternyata sangat baik bagi penderita asam lambung karena bisa menetralkan asam lambung sehingga bisa meredakan nyeri lambung. Sebagai alternatif lain, santan yang digunakan untuk memasak bubur sumsum bisa juga diganti dengan susu.   

DARI MANA ASALNYA TEMPE 

Tempe adalah makanan berbahan dasar kedelai yang difermentasikan. Makanan ini sangat mudah di jumpai di Indonesia. Bahkan makanan ini sudah mendarah daging sebagai lauk yang selalu tersaji di setiap rumah. Tapi tahukah anda dari mana sebenarnya tempe ini berasal dan sejak kapan orang Indonesia mengenal tempe. Apakah tempe adalah makanan asli Indonesia? Menurut buku the Book of Tempeh yang ditulis oleh Dr Sastroamijoyo, tempe sudah ada lebih dari 2000 tahun yang lalu. Bangsa yang pertama kali membuat kedelai yang difermentasi ini adalah Cina. Kemudian, para pedagang Cina membawa dan memperkenalkan tempe ini ke Pulau Jawa. Tentu saja ragi yang digunakan untuk membuat tempe sudah disesuaikan dengan iklim yang ada di Jawa. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa tempe yang pertama kali dikenal di Indonesia adalah dari dari Pulau Jawa.   

OBAT BATUK DARI DAPUR 

Batuk adalah penyakit yang seringkali diderita oleh orang tua dan juga anak-anak. Penyakit ini sangat menyiksa kalau tidak segera diobati. Ternyata ada banyak macam obat batuk tradisional yang bahannya mudah didapat atau mungkin ada didapur kita. Beberapa resep berikut ini mungkin bisa dicoba. 

1.Jeruk Nipis dan Kecap 
Peras jeruk nipis hingga keluar airnya. Tambahkan sedikit kecap pada perasan air, kemudian di minum 2 – 3 kali sehari 

2.Jeruk Nipis dan Kapur Sirih 
Lumuri jeruk nipis dengan kapur sirih kemudian dibakar. Angkat dari bakaran kemudian dinginkan. Belah dan peras hingga airnya keluar. Air perasan ini kemudian diminum . 2 – 3 kali sehari 

3.Jeruk Nipis dan minyak kayu putih 
Potong dan peras jeruk nipis. Ambil airnya dan tambahkan dengan minyak kayu putih dan sedikit kapur sirih. BAlurkan diseluruh tubuh agar tubuh terasa hangat. 

4.Wortel 
Parut satu buah wortel berukuran sedang. Peras dan ambil airnya. TAmbahkan sedikit madu, kemudian diminum pagi dan sore. 

5.LAbu Siam 
Kupas labu siam dan potong-potong. Rebus kemudian dimakan. 

6.Jahe BAkar tiga ruas jahe, geprak dan tambahkan satu sendok the gula dan segelas air panas. Minum selagi hangat pagi dan sore hingga sembuh. 

7.Bawang putih 
Ambil satu suing bawang putih dan haluskan. TAmbahkan sedikit madu dan satu sendok air hangat. Minumkan 2 kali sehari hingga sembuh 

8.Daun Saga 
Ambil beberapa lembar daun saga. Remas-remas dan tambahkan sedikit air. Peras, ambil airnya dan minumkan 2 -3 kali sehari hingga sembuh 

9.Minyak Tanah 
Oleskan minyak tanah disekitar tenggorokan beberapa kali hingga batuk reda.   

MUFFIN PADAT DAN LEMBUT 

Untuk mendapatkan muffin yang padat dan lembut saat dimakan, berikut ini adalah tipsnya: * Gunakan ukuran yang tepat untuk mengukur bahan-bahan, jika perlu gunakan pisau untuk meratakan agar takaran pada mangkuk atau gelas ukur pas. * Jangan terlalu lama mengaduk karena ini justru akan membuat muffin bantat. * Bahan tambahan seperti buah kering bisa ditambahkan setelah adonan tercampur . * Untuk mendapatkan bentuk atas yang membulat, adonan cukup dituangkan sebanyak 3/4 bagian cetakan. * Setelah mengeluarkan muffin yang matang dari dari oven jangan buru-buru dikeluarkan dari cetakan, tapi diamkan sebentar supaya muffin tidak pecah.   

KENTANG PANGGANG 

Bosan dengan kentang goreng? Kentang panggang ini bisa jadi salah satu pilihan. Cara memasaknya cukup mudah. Siapkan kentang, kemudian cuci bersih di air mengalir . Kalau perlu bersihkan dnegan menggunakan spon agar semua kotoran yang menempel dikulit benar-benar hilang. Setelah itu potong-potong kentang menjadi 4-8 bagian. Ambil mangkuk atau baskom, masukkan kentang di dalamnya. Tambahkan beberapa sendok minyak zaitun, garam secukupnya dan bawang putih yang telah dihaluskan. Aduk hingga rata. Panaskan oven, kemudian panggang kentang di dalam oven selama lebih kurang 1 jam dengan panas sekitar 200 derajat.Pada saat memanggang, bolak balik kentang dengan menggunakan spatula kayu agar matangnya merata. Setelah matang, kentang panggang ini bisa diberi taburan daun peterseli cincang. Jika suka bisa juga ditambahkan bubuk keju. Selamat mencoba   

PAPRIKA DI BERBAGAI NEGARA 

Paprika dikenal di Indonesia sebagai salah satu bahan campuran masakan. Kita mengenal Paprika sebagai bahan tambahan dalam berbagai masakan, terutama masakan yang ditumis. Nama Paprika sendiri berasal dari bahasa Hongaria. Di negeri itu paprika banyak dibudidayakan dan dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi sekaligus bumbu penyedap pada masakan yang memberikan rasa pedas. Di Jerman paprika digunakan sebagai bahan tambahan yang memberikan rasa pedasa pada sosis. Hal ini juga dilakukan di Turki. Dalam masakan Jepang, Paprika banyak digunakan sebagai campuran daging dalam teriyaki. Selain itu Paprika juga bisa digoreng untuk dijadikan tempura.   

MENANAM BAYAM DI DAPUR 

Jika mempunyai dapur yang berdekatan dengan jendela, dengan sistem pertukaran udara yang bagus dan sinar matahari yang cukup. Maka tidak ada salahnya kalau kita meletakkan di sana sebuah pot yang diisi dengan campuran tanah serta pupuk. Bibit bayam bisa kita beli di toko pertanian. Bibit bayam kita sebar di dalam pot. Sesekali kita bisa menyiram dengan air bekas mencuci beras. Pada umur 2 minggu kita sudah bisa mulai mencabut beberapa batang bayam sekaligus menjarangkannya. Panen bayam ini bisa dilakukan hingga bayam berumur 30 hari. Setelah itu tanah didalam pot bisa dikeluarkan untuk diangin-anginkan. Kemudian dimasukkan lagi setelah ditambah dengan sedikit pupuk kandang. Kita pun siap untuk menanaminya dengan tanaman sayuran yang lain seperti bawang merah atau bisa juga dengan bayam lagi.   

JAJANAN PASAR 

Jajanan pasar adalah sebutan bagi makanan tradisional. Biasanya makanan ini dijual di pasar-pasar tradisional dengan harga yang murah. DI masing-masing daerah di Indonesia tentu saja mempunyai jenis jajanan pasar yang berbeda-beda. Misalnya saja di pasar-pasar tradisional di Jawa Tengah, jajanan pasar yang seringkali ada adalah cenil, getuk, kelepon, kue pisang dan sejenisnya.   

GARNISH CABE RAWIT 

Cabe rawit bukan hanya bisa digunakan untuk sambal atau makan tahu isi. Tapi lebih dari itu, cabe rawit bisa juga dijadikan sebagai hiasan di meja makan. Caranya, ambil cabe rawit yang masih ada tangkainya. Satukan dengan lidi, kemudian ikat dengan benang. Supaya rapi bungkus dengan menggunakan fluorotip. Buat dalam jumlah yang banyak dan letakkan di dalam vas bunga.   

KUE PISANG MOLEN 

 Kue ini juga sering dikenal dengan nama kue pisang bolen. Kue ini terkenal sebagai oleh-oleh khas bandung. Kulitnya terbuat dari kulit pastry yang tipis dan berlapis-lapis . Di dalamnya diisi dengan pisang. Itu adalah kue molen yang original. Sekarang isi kue molen sudah divariasi. Ada pisang coklat, pisang keju bahkan ada juga yang mengganti pisang dengan tape.   

KROKET BERBAGAI NEGARA 

Kroket yang dikenal di Indonesia adalah kentang goreng yang dihaluskan dan diisi dengan ragout kemudian dilapisi tepung panir dan digoreng. Di Belanda, kroket dibuat dari ragout yang dilapisi putih telur dan tepung panir kemudian digoreng. Dalam bahasa Meksiko disebut dengan Croquete yang terbuat dari kentang atau ikan tuna. Sebutan Croquete ini juga berlaku di negara Spanyol dan Brasil. Hanya saja bedanya di Sapnyol dibuat dari daging ayam dan digunakan sebagai hidangan pembuka sedangkan di Brasil di buat dari daging sapi. Di India makanan mirip kroket dikenal dengan nama Alu-tikki. Sedangkan di Bangladesh disebut Alu-chop dengan isi daging di dalamnya. Di Jepang di kenal dengan sebutan Korokke dengan bentuk agak pipih dan isi di dalamnya bukan hanya ragout sayuran tapi bervariasi, termasuk daging juga udang dan kepiting.   

PANCAKE DI BERBAGAI NEGARA 

Pancake adalah kue dadar yang dimakan dengan berbagai toping seperti selai, sirup atau pun potongan buah-buahan segar. Adonan pancake terdiri dari tepung terigu, margarin dan susu. Pancake ala Indonesia dikenal dengan serabi, hanya saja tepung terigu diganti dengan tepung beras dan margarin diganti dengan santan. Kue dadar ala Jepang dikenal dengan nama Otonomiyaki dengan tambahan bahan berupa seafood dan dimakan dengan aneka saus. Pancake di India disebut dengan Pooda atau Cheela. Orang-orang Malaysia serta Singapura menyebut pancake dengan nama Min Chian Kuih. Ada banyak kue sejenis pancake di Korea seperti Bindaetteok, Hotteok, Jeon, Pajeon serta Kimchijeon. Di Jerman juga ada banyak nama untuk pancake yaitu Pfankuchen, Girkuchen, dan di Berlin dikenal dengan Brandenburg. Orang Belanda mengenal pancake sebagai Pannenkoeken. Orang-orang Eropa Tengah dan Timur menamakan pancake dengan nama Palatschinke. Sedangkan di Hungaria pancake dikenal sebagai Palacsinta. Di Perancis, Kanada serta Brazil, Pancake dibuat sebagai kue dadar yang tipis dan dikenal dengan nama Crepes. Toping untuk crepes bukan hanya selai atau buah-buahan yang manis, tapi juga berbagai makanan asin seperti daging, sea food maupun sayuran. Toping ini diletakkan di dalam crepes.   

JAMUR TIRAM 

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah salah satu dari beberapa jenis jamur yang bisa dikonsumsi manusia. Jamur yang bentuknya mirip cangkang tiram ini ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi yaitu sekitar 10,5-30,4% dalam setiap 100 gramnya. Kandungan serat pada jamur tiram mencapai 7,4 – 24,6 %. Kandungan serat serta protein yang tinggi ini membuat jamur tiram direkomendasikan bagi para pelaku diet. Lemak yang terkandung dalam jamur tiram sebanyak 1,7-2,2% yang merupakan lemak tidak jenuh. Jamur tiram juga mengandung senyawa pleuran. Senyawa ini berkhasiat sebagai anti tumor sekaligus sebagai anti oksidan juga menurunkan kolesterol. 

LANTING 

Lanting adalah camilan khas Kebumen Jawa Tengah . Bentuknya mirip dengan angka 8. Biasanya dijual dalam plastik dengan berbagai ukuran. Harganya relatif murah yaitu sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per kilonya. Lanting dibuat dari singkong yang diparut kemudian dikukus hingga setengah matang. Setelah itu singkong di pres hingga airnya hilang. Supaya mudah dibentuk, maka ditambahkan tepung singkong. Adonan yang sudah dibentuk kemudian digoreng dan dikemas. Lanting ini ada berbagai rasa. Mulai dari rasa original hingga rasa keju, rasa pedas, rasa jagung bakar serta barbeque.   

TERATAI 

Tanaman teratai ternyata bisa digunakan sebagai bumbu masak. Orang Cina telah lama menggunakan akar teratai sebagai salah satu bumbu dalam masakannya. Ada juga sup teratai yang berisi biji teratai dengan kuah air jahe. Di India akar dan biji teratai diolah menjadi kare. Kadang juga dihidangkan setelah digoreng. Biji teratai biasanya di keringkan terlebih dahulu. Jika ingin memasaknya, maka biji teratai ini perlu direndam terlebih dahulu dengan air hangat. Teratai yang biasa digunakan adalah dari jenis teratai dengan bunga merah atau putih. Tanaman teratai diyakini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit terutama untuk menguatkan jantung.   

MELIPAT TISU MAKAN "NICE CANDLE" 

Ingin menampilkan tisu makan lebih cantik di piring? Step berikut ini bisa diikuti. 1. Ambil dua buah tisu makan dengan dua warna yang berbeda.Letakkan di meja dengan posisi belah ketupat. Lipat ujung bagian bawah ke atas hingga 2 cm dibawah garis tengah. 2. Lipat sisi bagian bawah ke atas kurang lebih selebar 2 cm. 3. Balik tisu, hingga bagian bawah di atas. Gulung tisu dari salah satu bagian ujungnya. 4. Teruskan menggulung hingga tisu berbentuk lilin. Sematkan bagian ujung tisu pada lipatan di bagian bawah. Tisu ini bisa diletakkan di piring dengan cara didirikan seperti lilin.   

KEDONDONG 

Buah kedondong rasanya memang agak asam. Daging buahnya terasa renyah ketika di makan. Buah kedondong biasanya diolah menjadi manisan. Caranya, buah kedondong dikupas kulitnya. Kemudian di rendam dengan air gula yang pekat selama minimal 24 jam. Agar lebih segar, rendaman ini bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Selain itu buah kedondong juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan salad buah. Daun kedondong rasanya juga asam. Daun ini bisa juga dimasak dengan cara ditumis atau ditambahkan pada sayuran berkuah.   

JUS KIWI 

Buah Kiwi adalah buah yang banyak ditanam di New Zeland (Selandia Baru) . Kandungan vitamin C pada buah ini 2 kali lipat dari pada Jeruk. Menikmati buah kiwi bisa dengan cara disantap sebagai buah segar. BIsa juga dicampur dengan buah lain sebagai salad buah. Buah Kiwi juga cocok dijadikan sebagai jus. Rasanya yang sedikit asam membawa kesegaran tersendiri.   

SEGO PECEL 

Sego pecel atau nasi pecel adalah makanan khas yang banyak dijumpai di Jawa Tengah, Yogyakarta maupun Jawa Timur. Biasanya makanan ini disajikan di atas pincuk yaitu wadah dari daun pisang yang dilipat pada bagian tengahnya dan disemat dengan lidi hingga menjadi cekung dan bisa diisi. Pecel terdiri dari sayuran seperti bayam, kangkung, kacang panjang, tauge. Ada juga sayuran khas seperti kembang turi dan mlanding serta kemangi. Sayuran rebus ini disiram dengan saos kacang yang sudah dibumbui dengan cabe, bawang putih, gula merah serta daun jeruk purut. Lauk yang biasa melengkapi sego pecel adalah tempe dan tahu bacem serta rempeyek teri atau kacang. Kadang telur asin juga ditambahkan. 

CLOROT 

Clorot termasuk jajajan pasar di Jawa. Makanan ini bisa kita temui di Jawa Tengah, Yogyakarta juga di Jawa Barat. Clorot terbuat dari tepung beras, tepung sagu , santan dan gula merah. Adonan ini dibungkus dengan daun kelapa kemudian dimasak dengan cara dikukus. Rasanya kenyal dan ketika dimakan seringkali melombat ke mulut dari bungkusnya ketika kita tekan. Mungkin ini sebabnya makanan ini dinamakan clorot yang artinya mencolot (melompat) ketika dimakan.   

SERABI 

Serabi merupakan Pancake nya Indonesia. Bahan dasar serabi adalah tepung beras. Serabi bisa dijumpai di Jakarta, Solo, Bandung, Bogor dan beberapa daerah lain di Indonesia. Masing-masing daerah biasanya mempunyai ciri khas serabi tersendiri.Serabi di masak diatas wajan kecil dengan menggunakan kayu bakar. Di Jakarta Serabi dimakan dengan saos yang terbuat dari santan dan gula merah. Di Solo serabi biasanya diberi toping buah nangka, pisang, meses dan rasanya cenderung manis. Serabi di Bandung ada yang ditambah dengan toping yang rasanya asin seperti abon.   

KUE LUMPUR 

Kue lumpur adalah camilan atau makanan ringan yang termasuk kue basah, sehingga tidak bisa bertahan lama. Kue ini dibuat dari kentang, santan, tepung terigu, serta telur. Sebagai bahan tambahan seringkali diberi kismis atau kelapa muda. Ada juga yang membuat variasi kue lumpur yaitu mengganti kentang dengan ubi atau labu kuning. Kue ini juga berbau harum yang berasal dari penambahan vanila pada adonan.

AREM-AREM MINI 


Tahu arem-arem kan? Yaitu sejenis lontong yang di dalamnya diisi ragout. Seperti halnya lontong, biasanya arem-arem ini dibuat dengan porsi besar. Jika kita akan menjamu tamu arisan, misalnya, maka snack mini akan jauh lebih menarik dibanding snack dengan ukuran besar. Oleh karena itu kita bisa memotong satu buah arem-arem menjadi 2-3 potong. Arem-arem mini ini juga bisa disajikan bersama dengan mini cake tentunya sebagai teman minum teh 
atau kopi

INI ADALAH ARTIKEL DAN TIPS TENTANG MAKANAN YANG AKU POSTING DI SUKA MASAK.COM PADA BULAN JANUARI 2013