Borobudur merupakan candi Budha yang dibangun selama kurang lebih setengah abad sekitar tahun 800 Masehi pada asa pemerintahan Syailendra. Candi ini dibangun oleh pemeluk Budha Mahayana sebagai tempat untuk memuliakan Sang Budha. Candi Budha ini berada di Magelang Jawa Tengah Indonesia. 

Angkor Wat dibangun selama 30 tahun pada pertengahan abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II. Kuil ini awalnya merupakan kuil agama Hindu dengan menempatkan gunung Meru sebagai pusat dunia dan tempat tinggal dewa-dewi hindu. Pada abad ke 13 barulah kuil ini digunakan sebagai kuil agama Budha, yaitu pada saat kerajaan Siam menjajah Kamboja. Kuil ini berada di dataran Angkor Kamboja. 

Dilihat dari bentuk dan peruntukannya di awal pembangunan, Candi Borobudur dan Angkor Wat jelas berbeda. Sebenarnya kalau dilihat dari jauh candi Angkor Wat lebih mirip candi Prambanan di Jogjakarta. Ini karena keduanya sama-sama merupakan candi Hindu. Namun demikian keberadaan dua candi ini memang menandakan bahwa negara-negara di ASEAN itu serumpun. 

Persamaannya adalah kedua peninggalan sejarah ini sama-sama ditetapkan sebagai situs bersejarah warisan dunia oleh UNESCO. 

Ngeblog hari kedua #10daysfor ASEAN 
Tema : Sudah pernah berwisata ke Candi Borobudur? Menurut penjelasan ahli sejarah, relief Borobudur ada kemiripan dengan Candi Angkor Wat, yang berada di Kamboja. Padahal, Borobudur dibangun 3 abad sebelum Angkor Wat ada. Apakah ini menandakan bahwa negara-negara di ASEAN itu serumpun? Apa pendapatmu mengenai hal itu?