Segala jenis keindahan ada di Indonesia. Mau makan enak ada kuliner beragam di berbagai daerah di Indonesia yang siap memanjakan lidah kita. Bagi yang suka berpetualang, keindahan gunung dan panorama laut Indonesia membuat para petualang rela melakukan apa saja untuk menikmatinya. 

Keragaman buah dan bunga serta aneka tanaman langka yang hanya ada di Indonesia bisa kita nikmati dengan mudah. Belum lagi fauna langka di dunia yang hanya ada di Indonesia seperti Komodo. Masih banyak lagi peninggalan dan budaya yang hanya dimiliki Indonesia. Jadi tidak ada kata lain yang bisa diberikan untuk Indonesia selain kata “SURGA” , bukan hanya Asia tapi Indonesia bisa menjadi surganya dunia. 

Surga Pantai 

Pantai Pink Pulau Komodo 
Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki 17.504 pulau besar dan kecil. Diantaranya merupakan pulau terbesar di dunia yaitu Pulau Kalimantan yang menjadi pulau terbesar ketiga di dunia, Pulau Sumatra juga Pulau Papua. Dengan banyaknya pulau-pulau tersebut tidak heran jika Indonesia menjadi negara yang memiliki garis pantai terpanjang didunia yaitu sekitar 25% panjang pantai dunia atau sekitar 81 ribu km2. 

Indonesia memiliki pantai dengan hutan bakau terbesar di dunia, walaupun sebagian hutan bakau yang ada di Bali terpaksa di kurangi untuk pembuatan jalan tol. Ada juga pantai-pantai unik seperti pantai dengan pasir berwarna pink. Pantai Pink ini terletak di Pulau Komodo propinsi NTT. 

Di Malang Jawa Timur ada sebuah laguna di pulau Sempu yang dikenal dengan nama Segara Anakan. Tempat yang tersembunyi ini mempunyai pantai dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang tenang. Keindahan Segara anakan ini tidak kalah dengan Maya Beach di Thailand. 

Di Belitung ada pantai dengan pasir putih yang banyak terdapat batu-batu granit besar. Pantai ini bernama Pantai Tanjung Tinggi. Di Lombok juga terdapat pantai dengan pasir yang besar-besar hampir menyerupai biji merica. Pantai ini dikenal dengan nama Pantai Tanjung Aan. Tempat ini sering digunakan sebagai tempat berselancar. 

Di sepanjang Yogyakarta banyak sekali pantai-pantai indah , bahkan ada juga yang belumterjamah manusia atau dikenal dengan pantai perawan. Pantai-pantai ini tersebar di kabupaten Gunung Kidul, Bantul serta Wonosari. Sebut saja pantai Ngobaran, pantai Parangtritis, Pantai Parang Kusumo dan masih banyak lagi. Selain keindahan pasir lautnya, pantai-pantai di sini juga dilengkapi dengan keindahan goa serta sungai bawah tanah. 

Jika pantai di tempat lain memiliki air yang dingin, pantai di Kampung Lehi Pulau Siau Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara ini memilki air yang panas. Sehingga pantai ini dikenal dengan nama Pantai Air Panas Lehi. Ini karena pantai Lehi terletak di kaki gunung api Karangetang dengan dapur magma yang masih aktif. Pantai yang hampir sama adalah pantai Tanjung Api. Pantai ini terletak di teluk Tomini Ampana Sulawesi Tengah. Keunikan pantai ini adalah adanya sumber api dari gas alam yang ada di dalam pasir pantai. Selain pantai-pantai diatas masih ada banyak pantai di Indonesia yang memiliki keunikan serta keindahan tersendiri. 

Surga Bawah Laut 

Keindahan Bawah Laut Kepulauan Seribu 
Luas perairan Indonesia mencapai 92 ribu km2. Tentu saja kekayaan yang ada di dalam laut sangat banyak. Dari keseluruhan terumbu karang yang ada di dunia, 18% diantaranya berada di Indonesia. Keindahan bawah laut bisa dinikmati di Raja Ampat Papua Barat, Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur, Kepualauan Seribu Jakarta, Kepulauan Derawan Kalimantan Timur, Pulau Weh Sabang Aceh, dan masih banyak lagi tempat-tempat eksotis lainnya di laut wilayah kepulauan Indonesia. 

Di bawah laut Indonesia kita bisa melihat flora dan fauna laut yang menakjubkan. Bahkan ikan yang menjadi karakter Nemo dalam dilm Finding Nemo adalah ikan yang bisa ditemukan di perairan Raja Ampat bahkan bisa juga kita lihat di bawah laut perairan kepulauan seribu di Jakarta. 

Surga Kuliner 

Sego Pecel 
Kalau kata Pak Bondan Winarno Indonesia adalah negeri seribu satu kuliner. Padahal kalau benar-benar kita hitung jumlahnya akan lebih dri seribu satu. Bagaimana tidak, di setiap kota atau kabupaten atau bahkan kecamatan di Indonesia kita akan mendapatkan jenis makanan yang berbeda walaupun dnegan bahan yang hampir-hampir sama. Misalnya saja makanan dengan saus kacang, di Jakarta ada gado-gado, di Solo ada Lotek, di Madiun ada pecel, di Slawi ada rujak teplak. 

Makanan dan minuman khas selalu kita jumpai di setiap daerah di Indonesia. Seperti Sirup markisa yang menjadi minuman khas Sumatera Utara. Kripik Balado dan rendang yang menjadi makanan khas Sumatra Barat. Ada juga Buras, semacam lontong yang merupakan hidangan khas Makasar. Atau Pepeda yang menjadi makanan khas Papua. 

Ada juga makanan khas yang hanya ada di Indonesia seperti tempe baik itu tempe kedelai, tempe gembus, tempe bengu dan jenis tempe lain yang dibuat dari aneka bahan . Minuman yang hanya ada di Indonesia seperti bandrek, bajigur, bir pletok dll. 

Surga Warisan Budaya 
Gamelan Jawa 
Indonesia dengan 740 suku dan 583 bahasa daerah tentu saja tidak diragukan lagi keankaragaman budayanya. Sebut saja keanekaragaman rumah adat serta bangunan yang unik dan menarik. Ada rumah Honai yang merupakan rumah adat Papua dengan atap berbentuk oval. Umah Lulik yang bertingkat-tingkat dan merupakan rumah adat suku Tetun di Nusa Tenggara Timur. Rumah Joglo yang terbuat dari kayu merupakan rumah tradisional orang-orang di Jawa Tengah. 

Istana yang megah juga ada di Indonesia seperti istana Maimun di Medan, Istana Pagaruyung di Sumatra Barat, Keraton Kasunanan di Solo juga Keraton Kesultanan Yogjakarta. Bangunan unik seperti Kuburan Batu Lemo bisa kita temui di Toraja Sulawesi Selatan. Atau kita bisa melihat berbagai candi seperti candi prambanan di Jogjakarta, Candi Mendut di Magelang, Candi Muara Takus di Jambi dan masih banyak lagi candi-candi peninggalan jaman kerajaan dulu. 

Aneka jenis kain yang indah bisa kita jumpai di seluruh wilayah Indonesia. Kain tenun dengan berbagai motif atau juga kain batik dengan corak khas daerah. Berbagai jenis tarian khas ada di seluruh wilayah Indonesia. Kita bisa melihat tari piring dari Sumatra Barat, kesenian reog dari Ponorogo, Gamelan di Solo atau Yogjakarta. Atau kita juga bisa menikmati aksi teatrikal tradisioanl seperti Ludruk dari Jawa Timur juga ketoprak. Wayang orang bisa kita nikmati di Solo dan sekitarnya. Masih banyak lagi kesenian tradisional warisan budaya yang ada di Indonesia. 

Surga Flora 
Buah Mentega 
Siapa yang tidak kenal dengan kopi luwak? Biji kopi termahal di dunia ini merupakan produksi Indonesia. Dengan hutan tropis seluas 39.549.447 hektar, Indonesia merupakan negara yang memiliki hutan terbesar didunia. Keanekaragaman hayatinya juga paling lengkap di dunia. 

Segala buah-buahan tropis yang lezat juga bisa kita jumpai dengan mudah di Indonesia. Sebut saja durian, sawo, aneka jenis mangga, cempedak dll. Bahkan jenis buah-buahan yang langka seperti buah mentega, salak, buni, duku, ketapang, kesemek, manggis dll. 

Bunga-bunga yang indah bisa kita jumpai di hutan Indonesia ataupun dibudidayakan di tanah pertanian bahkan di kebun-kebun yang ada di sekitar rumah. Bunga terbesar di dunia dengan diameter bunga mencapai 1 meter yaitu bunga Rafflesia Arnoldi merupakan bunga yang tumbuh di Pulau Sumatra. Ada 6 ribu jenis anggrek yang tumbuh di Indonesia dan salah satunya adalah anggrek hitam Papua yang merupakan anggrek langka. 

Surga Fauna 
Komodo
Hingga kini masih ada binatang purba yang hidup di Indonesia yaitu kadal purba yang dikenal dengan Komodo yang hidup di Pulau Komodo NTT. Ada sekitar 150 species ikan hiu yang ada di Indonesia dan ini merupakan species hiu terbanyak di dunia. Ular Python yang merupakan ular terpanjang di dunia juga hidup di wilayah Indonesia, bahkan Python dengan panjang 10 meter pernah ditemukan di Sulawesi. 

Hewan-hewan kecil seperti Tarsius juga ada di Indonesia. Di Sulawesi Utara Tarsius atau Tarsier Pygmy hidup di atas pohon. Hewan ini memang mirip dengan monyet dan merupakan primata terkecil di dunia dengan panjang tubuh yang hanya 10 cm. 

Burung-burung langka yang ada di Indonesia seperti elang bondol, burung bidadari, burung Ceumpala Kuneng , burung Cenrawasih juga burung Serindit Melayu , Beo Nias, burung maleo dll. Hewan lain yang hanya di Indonesia antara lain trenggiling, landak borneo, macan tutul jawa, bekantan dan masih banyak lagi. 

Jadi tidak ada alasan lain untuk mengatakan bahwa Indonesia adalah Surga Asia. 

Ngeblog hari ketiga #10daysfor ASEAN 
Tema : Branding Nation Indonesia kaya dengan beragam budaya, namun di sektor wisata, Malaysia lebih berhasil mem-branding “Truly ASIA”. Kira-kira apa ya branding yang cocok untuk Indonesia? Buat tagline, dan jelaskan kenapa tagline itu cocok untuk Indonesia di kawasan ASEAN.