Bendera Laos
Negara yang ibu kotanya di Vientiane ini tidak memiliki wilayah laut. Tentu saja secara politik keadaan geografis ini tidak menguntungkan. Kapan saja negara lain akan dengan mudah melancarkan serangan dan dengan mudah pula Laos bisa dikuasai. 

Laos memiliki motto “Perdamaian, Kemerdekaan, Demokrasi, Persatuan dan Kemakmuran.” Sejak mempererat hubungannya dengan Vietnam pada tahun 1980 an Laos mulai mengendurkan larangan ekonominya. KTT tidak resmi ASEAN 1 yang diselenggarakan pada 30 November 1996 di Jakarta, menghasilkan kesepakatan untuk menerima Laos, Kamboja serta Myanmar sebagai anggota penuh ASEAN.  

Sekilas Tentang Laos 
WatChanthabuli
Pada abad ke 14 Republik Demokratik Rakyat Laos dikenal dengan nama Lan Xang (Neger Seribu Gajah). Negara ini pernah dikuasai oleh Thailand pada abad ke-14 hingga ke-18. Kemudian dijajah oleh Perancis hingga memperoleh kemerdekaannya pada 19 Juli 1949. Walaupun sudah merdeka, namun perang saudara masih terjadi di Laos. Hingga pada tahun 1991 Laos menganut konstitusi baru. 

Laos yang memiliki luas wilayah 236.800 km ini merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah laut. 70% wilayahnya merupakan pegunungan. Negara tetangganya adalah Vietnam, disebelah utara berbatasan dengan Cina dan sebelah selatan berbatasan dengan Thailand. Di barat laut Laos berbatasan dengan Myanmar. . 

Kemitraan Laos Dengan Dunia Internasional 
Pha That Luang
Laos mulai melepas kontrol ekonominya sejak tahun 1986. Di tahun itu juga Laos mengijinkan berdirinya perusahaan swasta. Untuk membantu pertumbuhan ekonomi Laos juga menerima bantuan dari IMF serta investasi asing dibidang pengolahan makanan serta pertambangan. Pariwisata Laos bisa diandalkan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. 

Pertanian dengan komoditi utama padi mendominasi perekonomian yang menyerap tenaga kerja sebanyak 75% dari populasi penduduknya. Selain penduduk lokal, orang-orang Cina banyak yang bekerja dan berinvestasi di Laos. Sistem pasar bebas Merupakan dasar ekonomi di Laos dengan perencanaan pusat aktif oleh pemerintah. 

Investasi Diplomatik untuk Laos 
Kuil Luang Prabang
Melihat dari potensi Laos, maka investasi diplomatik yang harus dikembangkan adalah dalam bidang pertanian dan pariwisata. Peninggalan budaya Laos kuno merupakan peluang untuk terus dikembangkan dan memperoleh pendapatan negara dari bidang ini. Promosi wisata ke negara ASEAN bisa memberikan peluang besar bagi Laos sebagai salah satu tujuan wisata karena tempatnya tidak terlalu jauh. 

Sebagai negara agraris diversifikasi komoditas pertanian juga perlu untuk dikembangkan. Teknologi penanaman padi memang perlu dikembangkan. Namun mulai mengembangkan komoditas pertanian lainnya sangatlah dianjurkan mengingat masa depan lahan pertanian dan ketersediaan unsur hara bagi tanaman di masa depan. Negara-negara ASEAN lainnya yang lebih maju dibidang pertanian bisa dijadikan sebagai partner ataupun tempat belajar yang potensial. 

Investasi diplomatik juga diperlukan bagi pengembangan bidang teknologi informasi serta media masa, baik itu media elektronik maupun media cetak. Negara lain, bahkan negara tetangga sekalipun tidak akan melihat potensi Laos tanpa adanya berita maupun penyiaran akan potensi Laos. 
Sleeping Budha


Ngeblog hari keempat #10daysfor ASEAN 
Tema : Laos 
Visi ASEAN 2015 adalah menjadi ASEAN komunitas tunggal, baik di bidang ekonomi mau pun politik. Laos, atau Republik Demokratik Laos, meski sudah bergabung dengan ASEAN sejak tahun 1997, namun baru membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain pada tahun 2004, dan melakukan kerjasama di berbagai bidang. Peran Republik Demokratik Laos di ASEAN, bisa dikatakan belum banyak berkontribusi, tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju. Dengan adanya Komunitas ASEAN, diharapkan Laos menjalin kemitraan yang baik dengan negara ASEAN lainnya. 
Jika posisi Anda adalah negara Laos, investasi diplomatik apa yang diharapkan dengan kemitraan yang terjalin dengan dunia internasional, khususnya negara-negara ASEAN. Tuliskan pendapatmu di blog tentang hal tersebut. Fokus pada peran Laos sebagai anggota Komunitas ASEAN.