Ada banyak hal yang membuat sebuah usaha jasa seperti salon kecantikan mendapatkan tempat di hati pelanggannya. Bukan soal sertifikat ataupun bukti tersurat lainnya, namun yang terpenting adalah soal kepuasan pelanggan. 

Persaingan usaha jasa dibidang kecantikan memang sangat ketat. Ini karena kesadaran orang-orang Indonesia untuk tampil cantik juga cukup tinggi. Bukan hanya perawatan kecantikan wajah, tapi juga perawatan kecantikan seluruh tubuh sudah menjadi sebuah kebutuhan terutama bagi masyarakat perkotaan.  
Setiap orang yang memerlukan pelayanan dari sebuah usaha jasa pastilah menginginkan segala hal yang terbaik. Menyediakan pelayanan oleh tenaga profesional sudah pasti memiliki nilai plus bagi sebuah usaha jasa termasuk salon. Namun keberadaan salon Thailand atau salon asing lainnya dengan tenaga profesional bersertifikat Internasional tidaklah akan mudah menggeser salon-salon Indonesia. 

Ini karena produk kecantikan Indonesia sudah terbukti khasiatnya dan harganya juga bersaing. Selain itu pendidikan kecakapan hidup telah diberikan dalam pendidikan tenaga profesional kecantikan di Indonesia sehingga mereka bukan hanya bisa menjalankan usaha tapi juga akan semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi usahanya. Tenaga Profesional di Indonesia juga tidak akan kalah dengan para profesional Thailand yang bersertifikat Internasional karena sebelumnya mereka telah diuji kompetensinya. 

Produk kecantikan Indonesia sudah terbukti khasiatnya dan harganya bersaing  

Salon-salon di Indonesia biasanya memakai produk kecantikan buatan asli Indonesia yang menggunakan bahan-bahan asli Indonesia. Khasiat dan manfaat bahan-bahan kecantikan itu telah terbukti selama bertahun-tahun. Tentu saja ini tidak akan mudah membuat orang berpaling pada produk lain. Kecuali jika produk yang baru mempunyai kelebihan yang sangat berbeda nyata. 

Dari segi harga produk kecantikan Indonesia juga sangat terjangkau. Memang bagi siapapun yang ingin cantik harga tidak akan jadi masalah. Akan tetapi jika ada yang lebih murah dengan kualitas yang lebih baik mengapa harus memilih harga yang tinggi dengan kualitas yang masih coba-coba. 

Pendidikan Kecakapan Hidup 

Para praktisi kecantikan sebelum membuka usaha tentulah mereka akan belajar melalui sekolah formal ataupun non formal, seperti kursus, magang dll. Dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijelaskan bahwa setiap pendidikan Formal maupun Non Formal terdapat pendiidkan kecakapan hidup. 

Pendidikan kecakapan hidup meliputi 4 kecakapan yaitu kecakapan pribadi, sosial, akademis, vocasional. Kecakapan pribadi yang akan membuat orang percaya diri pada kemampuannya dan bisa menentukan strategi atas apa yang akan dijalaninya dalam berusaha. Kecakapan sosial memungkinkan seorang praktisi akan selalu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggannya dan meningkatkan pelayanan sesuai dnegan kebutuhan pelanggan. 

Kecakapan akademis yang dimiliki oleh seorang pengusaha jasa akan menjadikannya selalu belajar dan mencari terobosan baru untuk meningkatkan pelayanan dalam usahanya. Kecakapan vocasional yang dimiliki merupakan ketrampilan yang aan selalu menjadi tulang punggung usahanya. 

Uji Kompetensi Disetiap Jenis Ketrampilan 

Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan selalu melakukan uji kompetensi disetiap level bagi siswa yang belajar disetiap bidang ketrampilan, baik itu melalui jallur pendidikan formal maupun non formal. Uji kompetensi ini tentu saja dipersiapkan oleh para ahli dibidangnya dengan standar kelulusan Nasional yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Jadi dari segi profesionalitas, keberadaan tenaga dibidang kecantikan pada salon-salon yang ada di Indonesia sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk bersaing. Namun yang perlu diingat, bagaimanapun juga kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat utama. Dan inilah kelebihan salon-salon Indonesia. Orang Indonesia tentu lebih mengerti apa yang diinginkan orang Indonesia juga dibanding para tenaga profesionl dari luar Indonesia. 

Ngeblog hari pertama #10daysfor ASEAN 
Tema : Bagaimana kalau di sekitar perumahanmu banyak berdiri salon-salon Thailand yang profesional dan mempunyai sertifikat tingkat internasional, apakah itu akan menggeser salon lokal ? Apa analisismu ?