Siapapun pasti tidak ingin sakit. Untuk itulah keluarga sehat selalu menjadi impian semua orang. Begitu juga dengan keluargaku. Kami sekeluarga sadar bahwa kesehatan berawal dari makanan yang kami makan. 

Pola hidup sehat sudah menjadi kebiasaan kami sekeluarga. Bagi kami 24 jam sehari diisi dengan olah raga yang cukup, istirahat yang cukup serta aktifitas yang cukup. Kami juga sadar bahwa untuk mendukung semua aktifitas itu semua kuncinya ada pada makanan. 

Oleh karena itu aku selalu memilih bahan makanan yang baik bagi keluargaku. Makanan yang kami makan tentu saja makanan yang bergizi dengan porsi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Sarapan dan Keluarga Sehat 



Sarapan pagi adalah kunci dari aktifitas kami setiap hari. Dengan sarapan maka energi yang diperlukan untuk beraktifitas sudah terpenuhi. Untuk itulah aku sebisa mungkin selalu menyiapkan makanan untuk sarapan pagi bagi kedua anak-anakku sebelum mereka berangkat sekolah, juga untuk bekal mereka di sekolah. 

Sarapan yang aku sajikan tentu saja makanan yang mudah dibuat dan tidak memerlukan waktu memasak yang lama. Walaupun makanan yang aku sajikan dimasak dengan cepat, bukan berarti ini adalah junk food lho. Aku biasanya menyajikan roti isi, atau nasi goreng dengan telor. Sering kali juga kentang goreng atau macaroni dengan saus bolognise. 

Selain makanan, kami juga melakukan olah raga secara rutin, walaupun jenis olah raga yang kami lakukan berbeda-beda. Aku memilih jogging di rumah dengan alat statis selama 15-20 dengan durasi 3-5 X dalam seminggu. Sementara kedua anakku selain olah raga di sekolah, mereka juga senang bersepeda di minggu pagi. Selain itu tidur atau istirahat yang cukup juga menjadi kebiasaan keluarga kami. Setidaknya dalam sehari kami tidur antara 6-8 jam agar pikiran kami kembali segar untuk memulai aktifitas kembali. 

Makanan Sehat 



Makanan bukanlah sekedar pengisi perut dan sumber energi. Lebih dari itu makanan diperlukan oleh tubuh untuk membantu regenerasi sel, memproduksi energi juga membantu hormon pertumbuhan. Yang terakhir ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh kedua anakku yang masih dalam usia pertumbuhan. 

Oleh karena itu sebisa mungkin aku selalu memberikan makanan sehat bagi keluargaku. Berikut ini adalah tips memberikan makanan sehat bagi keluarga 

  • Untuk memenuhi kebutuhan protein nabati pilih kacang-kacangan atau produk olahannya seperti susu kedelai, tahu maupun tempe. 
  • Kebutuhan protein hewani tercukupi dengan konsumsi daging tanpa lemak, baik itu dari unggas ataupun hewan berkaki empat. Juga ikan dan telur. 
  • Konsumsi buah-buahan berwarna merah dan kuning baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral serta anti oksidan. 
  • Untuk mencegah meningkatnya kadar gula darah, karbohidrat kompleks pada beras merah atau gandum lebih baik dikonsumsi daripada karbohidrat olahan pada roti atau beras putih. 
  • Minum air putih yang banyak untuk meluruhkan racun-racun dalam tubuh yang akan dikeluarkan melalui keringat atau air seni. 
  • Menghindari makanan kaleng serta MSG karena bahan pengawetnya bisa menimbulkan efek buruk bagi tubuh. 
  • Untuk memasak atau menumis sebaiknya menggunakan wajan anti lengket supaya menghemat penggunaan minyak. 


  • Jika membuat kuah kaldu, cobalah untuk mendinginkannya terlebih dahulu. Setelah dingin, buang lemak yang mengambang di atas dengan cara menyaringnya. Ini akan menjadikan kaldu rendah lemak. 
  • Masak sayuran dalam waktu yang singkat agar kandungan vitaminnya tidak hilang. Ini bisa dilakukan dengan memasukkan sayuran ketika air sudah mendidih atau menumis sayuran dengan cepat. 
  • Rempah-rempah baik digunakan, selain bermanfaat bagi kesehatan juga untuk menambah kelezatan pada masakan. 


SunCo awal makanan sehat untuk keluarga sehat 

Untuk mendapatkan makanan sehat bagi keluarga, tentu saja kita juga harus bisa memilih semua komponen yang mendukung makanan yang kita sajikan adalah yang terbaik. SunCo terbukti merupakan bahan pendukung yang baik dari makanan yang kita sajikan untuk keluarga. 

Dari awal pemilihan bahan baku pembuatan minyak, telah dipilih kelapa sawit pilihan dengan kualitas yang baik. Kesegaran kelapa sawit terus dijaga dengan mengolahnya tidak lebih dari 24 jam setelah dipetik. Ini adalah awal sehingga bisa dihasilkan minyak goreng yang bening. Pengolahan minyak dilakukan dalam 5 tahap yaitu 3 kali proses penyaringan dan 2 kali proses pemurnian. 

Minyak goreng yang bening tidak akan mudah teroksidasi dan warnanya berubah menjadi hitam. Minyak goreng yang teroksidasi sangat berbahaya bagi kesehatan yaitu bisa menimbulkan kanker bagi tubuh kita. SunCo yang bening selain mempunyai karakter seperti air juga tidak lekat dan berbau. Ini sangat menguntungkan bagi kita ketika mengonsumsinya karena minyak akan mengalir dengan mudah sehingga tidak menyangkut di tenggorokan yang akhirnya membuat tenggorokan menjadi gatal. 

SunCo tidak mudah beku sehingga menimalkan penimbunan kolesterol di dalam tubuh. Ini bisa terjadi karena kelapa sawit setelah dipetik langsung diolah menjadi SunCo. Buah kelapa sawit yang segar inilah yang menghasilkan minyak goreng dengan minyak jenuh rendah yang tidak mudah beku. 

SunCo merupakan minyak goreng pertama dengan Fortifikasi Vitamin A dari Jerman. Ini sangat menguntungkan karena Vitamin A yang ada dalam makanan tidak akan hilang ketika dipanaskan atau digoreng dengan SunCo.
Gambar diambil dari sini 

*Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.resepsehat.com persembahan SunCo Minyak Goreng Yang Baik. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.

*Foto-Foto : Koleksi Pribadi