Karena anakku sudah besar, maka keponakanpun jadi
Kebetulan anak adikku yang paling kecil ini tinggal bersama aku 

setiap hari kerja senin-jumat pada saat mamanya ngantor 

Jenis buku : Ibu dan Anak (Momlit ) 
Judul buku : Anakku Sehat Tanpa Dokter 
Penulis : Sugi Hartati, S.Psi 
Penerbit : Stiletto 
Bulan dan tahun terbit : 1 Juni 2013 
Tahun cetak : 2013 
Tebal buku : xx + 187 
Nomor ISBN : 978-602-7572-14-0 
Harga buku. : Rp 40.000 

Masih selalu teringat kata-kata ibuku, “anak yang sehat itu berawal dari pikiran sehat orang tuanya”. Kini aku mengerti, pikiran orang tua yang sehat, pasti tidak akanpanik dan sedikit-sedikit pergi ke dokter ketika anak-anaknya merasa kurang sehat. Sejak kedua anakku kecil aku memang jarang sekali membawanya ke dokter. Sebisa mungkin aku selalu mengatasinya dengan makanan sehat dan herbal yang mudah didapat di sekitar rumah. 

Membaca buku mbak Sugi Hartati semakin membuatku yakin tentang kebenaran kata-kata ibuku. Ada satu kalimat yang mendukung kata-kata ibuku. Kalimat itu adalah “ Upaya untuk sembuh bukan hanya menghiangkan rasa sakit, akan tetapi melawan penyakit.” (halaman 8) Melawan penyakit tentu saja bisa dilakukan dnegan selalu berpikiran tidak sakit, atau selalu berpikiran sehat. 

Alasan mengapa tanpa dkter dijelaskan di dalam buku ini dengan sangat logis dan mudah diterima. Biaya dokter yang mahal tentu saja jadi alasan utama. Kalau ada cara yang lebih baik, untuk apa kita harus memilih cara yang mahal. Ilmu kedokteran yang tidak smepurna hingga upaya meminimalkan resiko salah obat adalah alasan lain yang sangat masuk akal. Dengan berpikiran sehat tentu kita akan mengupayakan kesehatan buah hati dengan sepenuh hati. Dan ini tentu saja akan menambah kedekatan kita pada buah hati. 

Buku ini juga membuka pikiran orang tua untuk berpikir cerdas tentang kesehatan keluarga. Mulai dari mengubah paradigma, bersikap kritis terhadap obat hingga selektif memilih makanan instan. Orang tua juga akan semakin mengerti bahwa upaya pencegahan jauh lebih baik dari pada harus mengobati dan sikap bergantung kepada dokter perlu dimiliki oleh setiap orang tua. 

Gejala sakit dan tips mengenali serta menangani gejala penyakit yang timbul dijabarkan dengan sangat jelas di sini. Hal-hal terbaik yang harus kita lakukan bisa menjadi inspirasi seperti buah sebagai food therapy serta akupresur yang menyehatkan anak. Jadi buku ini memang harus menjadi buku wajib yang ada di rumah bersama dengan kotak P3K.