Talise, Palu - Sulawesi Tengah 
Indonesia adalah negeri yang kaya. Bahkan sering kita dengar bahwa Indonesia adalah surganya dunia. Ada banyak lahan tidur di Indonesia, sayangnya ada banyak juga orang-orang Indonesia yang tidur. Walaupun kalimat itu hanya sebuah kiasan, tapi nyatanya kita perlu membangunkan orang-orang Indonesia, terutama para pemuda untuk membangun negeri ini. 

Ada 3 komitmen yang perlu dilakukan hingga sampai bisa pada tahap membangun Indonesia yaitu : 

1. Mengenal Indonesia 
Tak kenal maka tak sayang”. Peribahasa ini seringkali kita dengar. Begitu pula nyatanya jika kita tidak mengenal Indonesia bagaimana mungkin kita akan menyayanginya. Apalagi memberikan yang terbaik bagi Indonesia. 

2. Mencintai Indonesia 
Cinta Indonesia tentu saja diawali dengan mengenal Indonesia. Dari rasa cinta yang besar itulah akan muncul ide-ide baru untuk memberikan sesuatu yang terbaik bagi Indonesia. 

3. Membangun Indonesia 
Ide-ide yang keluar dari dalam hati dan berasal dari cinta bisa dipastikan akan menghasilkan sesuatu yang menakjubkan. Begitulah seharusnya membangun Indonesia agar dihasilkan Indonesia yang lebih baik. 
Keindahan bawah laut Indonesia- Tanjung Harapan
Kepulauan Seribu DKI Jakarta 
Tidak banyak yang tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang di dunia yaitu sekitar 25% dari keseluruhan garis pantai dunia atau 81.000 km2. Ada pantai-pantai indah yang belum di manfaatkan sepenuhnya sebagai sumber devisa negara di bidang pariwisata. Belum lagi keindahan taman laut yang berada di seluruh wilayah perairan Indonesia yaitu seluas 92 km2. Bahkan 18 % dari keseluruhan terumbu karang dunia berada di Indonesia. 

Bisa dibayangkan berapa kekayaan yang berada di 17.504 pulau besar dan kecil di Indonesia. Bukan saja tanah Indonesia yang subur yang bisa di tanami dengan berbagai hasil bumi. Namun lebih dari itu tanah Indonesia juga mengandung banyak sekali hasil tambang. Selain itu keindahan alam di Indonesia juga merupakan sumber devisa yang masih belum banyak dimanfaatkan dengan maksimal. 
Kain Tenun 
Sebut saja keindahan Segara Anakan di Pulau Sempu Malang Jawa Timur yang tidak kalah dengan Maya Bay di Thailand. Atau keindahan Pulau Ora di Maluku Utara yang tidak kalah dengan dengan Maldive. Keindahan bawah laut Papua tidak ada yang menandingi. Belum lagi potensi budaya seperti Wae Rebo, batik, kain tenun, wayang dan masih banyak lagi. 

Kalau kita ingat lagu “Kolam Susu” dari Koes Plus maka kita akan menyadari bahwa betapa suburnya tanah Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan hutan tropis terluas di dunia dengan luas mencapai 39.549.447 hektar. Dengan luas hutan sebanyak ini tentu saja menjadikan Indonesia sebagai negara dengan keragaman hayati terlengkap di dunia. Bahkan anggrek hitam Papua merupakan salah satu anggrek langka di dunia. Selain itu Indonesia juga merupakan penghasil biji kopi Luwak yang merupakan kopi termahal di dunia. 
Kopi Luwak
Jadi sudah saatnya sekarang ini kita membangunkan para pemuda yang “masih tidur” untuk lebih mengenal Indonesia. Jika para pemuda bisa mengenal Indonesia dengan baik, bisa dipastikan mereka akan mencintai Indonesia dengan sepenuh hati dan memberikan yang terbaik untuk membangun Indonesia.