Dengan teknologi lensa 6 bagian juga  layar 5.9 inchi tentu saja menjadikan OPPO N1 sebagai smartphone yang bisa menghasikan gambar-gambar keren. Belum lagi dengan kamera yang bisa diputar 206⁰ menjadikannya sebagai smartphone yang unik. Bagi yang suka narsis atau traveling, OPPO N1 tentu saja bisa menjadi sahabat yang keren. Apalagi smartphone ini juga dilengkapi dengan after sales yang baik serta kualitas terjamin yang diproduksi setelah melalui riset hingga 18 bulan serta berbagai uji coba. Jadi masuk akal jika OPPO menargetkan penjualan  OPPO N1 hingga 350.000 unit/ bulan.   





Mengenal Oppo Electronic Corp Ltd (Sejarah OPPO) 

OPPO Electronic Corp Ltd didirikan pada tahun 2004 sebagai merk dagang Internasional yang beralamat di Dongguan, Guangdong, Cina. Produksi awal OPPO adalah MP3 player, LCD TV, DVD, Portable Media Player. OPPO memasuki pasar ponsel sejak tahun 2008. Sejak saat itu OPPO selalu memberikan teknologi terbaru dengan kualitas tinggi bagi konsumen ponsel di Amerika, Eropa juga Asia. Sebelum masuk ke Indonesia, OPPO sudah lebih dulu melayani konsumen ponsel di Vietnam, Thailand, Rusia juga Qatar. OPPO masuk ke Indonesia sejak April 2013 dengan nama PT Indonesia OPPO Electronics. 

Untuk menjamin kualitas setiap produk yang dikeluarkan, OPPO selalu menjaga setiap proses, mulai dari produksi hingga ke tangan konsumen. Dengan departemen R&D yang unik dan independen, OPPO merancang, mengembangkan, memanufaktur, memasarkan serta menjual produknya sendiri. Bagi OPPO, konsumen merupakan raja sehingga kepuasan konsumen merupakan hal yang paling utama. Oleh karena itu setiap saran dan masukan dari konsumen selalu dijadikan acuan dalam membuat produknya menjadi lebih baik. Untuk memudahkan pelayanan terhadap konsumen, hingga saat ini OPPO Indonesia telah memiliki 11 service centre di Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Medan, Jambi, Batam, Makasar, Yogyakarta, Semarang dan Bali. 

OPPO sangat antusias untuk mengeksplor teknologi terbaru dan menjadi pemimpin dalam teknologi smartphone. Ini dibuktikan dengan OPPO Finder dengan tebal 6,65 mm yang dirilis pada pertengahan 2012 dan merupakan smartphone terlaris pada saat itu. Tidak lama setelah itu, tepatnya pada akhir 2012, OPPO meluncurkan smartphone pertama di dunia dengan perangkat keras yang didukung HDR yaitu OPPO Find 5. Smartphone ini juga dilengkapi dengan dengan layar 5 inci 1080 p serta kamera 13 megapixel. Produk unggulan lain dari OPPO yaitu OPPO Find Way U7015 dan OPPO Find Piano. Smartphone OPPO yang beredar di Indonesia saat ini dijual dengan kisaran harga 2-6 juta rupiah. 

OPPO N1 Hadir di Indonesia (Launching OPPO N1)

OPPO resmi merilis smartphone terbarunya yaitu OPPO N1 di Indonesia  pada tanggal 16 Oktober 2013 tepatnya satu bulan setelah peluncuran globalnya di China. Launching ini diselenggarakan di Jakarta yaitu di Grand Ballroom Hotel Ritz. Salah satu alasan OPPO menjadikan Indonesia sebagai negara kedua untuk meluncurkan OPPO N1 adalah karena Indonesia merupakan negara diurutan ketiga di dunia yang memiliki konsumen handphone terbesar. 

Pada kesempatan launching OPPO N1 ini, Bapak Ivan Lau selaku Brand Manager OPPO Indonesia memberikan kata sambutan. Dilanjutkan dengan presentasi O-Touch, layar sentuh belakang pertama di dunia. Selain itu juga diberikan penjelasan tentang OPPO N1 sebagai smartphone pertama dengan rotating camera. Keunggulan OPPO N1 yang memiliki kamera yang terdiri dari 6 bagian juga dijelaskan pada presentasi ini. 

Tidak hanya itu saja, pada acara launching ini juga ditampilkan presentasi tentang teknologi Pure Image pada OPPO N1. Begitu juga dengan O-Click yang merupakan remote pintar yang berfungsi sebagai shutter camera sekaligus alarm. Pada kesempatan ini juga tidak lupa dijelaskan tentang kecanggihan kamera OPPO N1. Semua fitur-fitur unggulan OPPO N1 juga diperagakan oleh model pada acara ini. 

Walaupun OPPO N1 baru akan hadir di Jakarta pada bulan Desember 2013, namun pada tanggal 30 Oktober – 4 Nopember 2013 telah dibuka pre-order OPPO N1  di Indocomtech Jakarta Convention Centre. Ini dilakukan agar konsumen bisa lebih dekat dan melakukan pre-order secara langsung. OPPO N1 dibandrol dengan harga sekitar 6 jutaan. Pre-order juga masih dilanjutkan hingga 27 November 2013. 

Keuntungan dari para pemesan pre-order OPPO N1 ini adalah mendapat penawaran cash back berupa bluetooth stereo dan O-Clik. Warna dan material Bluetooth stereo dengan merk I.Like ini senada dengan body N1. Setelah pre-order O-Clik akan dijual terpisah dengan harga Rp 400 ribuan Sedangkan OPPO N1 dibanderol dengan harga Rp 6.999.9999 atau jika dibulatkan menjadi 7 juta rupiah 
 
Mengenal Fitur OPPO N1 (Spesifikasi OPPO N1)

Kehadiran OPPO N1 merupakan kelanjutan atas kesuksesan dari OPPO Find 5 pada bulan April 2013. Selain itu juga merupakan jawaban sekaligus respon atas membludaknya konsumen di pasar handphone yang menginginkan smartphone dengan kualitas kamera Full HD yang canggih. Ada banyak kehandalan pada kamera serta fitur OPPO N1 yang akan membantu pengguna smartphone ini meningkatkan mobilitasnya. OPPO juga dilengkapi dengan chip imaging yang merupakan hasil pengembangan antara OPPO dan Fujitsu. 

OPPO N1 dipersenjatai dengan processor 1.7 GHz Qualcomm Snapdragon 600 Quad Core, CPU Krait 300. RAM memory sebesar 2GB serta internal memori 16/32 GB. Dengan GPU Andreno 320, untuk keperluan grafisnya OPPO N1  memiliki sistem operasi Color OS berbasis Android 4.2 Jelly BeanOPPO N1 menggunakan Micro SIM dengan dukungan teknologi NFC dan batere 3.610 mAh. 

OPPO N1 dilengkapi dengan dual kamera yang masing-masing memiliki resolusi 13 megapixel (4128X3096 piksel). Walaupun pixel yang ada pada OPPO N1 ini lebih rendah dibanding smartphone jenis lain dikelasnya, namun OPPO telah berhasil mengembangkan berbagai teknologi kamera yang bisa membuatnya bersaing dengan kamera pada smartphone dari produsen lain. 

Salah satu keunggulan OPPO N1 adalah N-Lens yaitu lensa kamera pada OPPO N1 yang terdiri dari 6 bagian, dan ini menjadikan OPPO N1 sebagai smartphone Android pertama yang memiliki lensa sebanyak ini. Lensa 6 elemen ini dengan bukaan f 2/0 yang sangat menguntungkan ketika digunakan untuk memotret dalam cahaya gelap. OPPO Pure Image Technology dilengkapi layar jenis IPS 5.9 inchi yang mendukung resolusi Full HD 1080 X 1920 pixel yang memiliki tingkat kerapatan 377 pixel per inci. Dengan segala keunggulan ini OPPO N1 mampu menghasilkan gambar dengan tampilan yang sangat nyata dan kontras warna yang baik. 

Menjawab kebutuhan pasar akan smartphone dengan kamera beresolusi tinggi, maka OPPO N1 memberikan kamera 206⁰ dan fitur yang canggih. Kamera pada OPPO N1 yang bisa diputar dan menjangkau sudut 206⁰ ini mampu mengambil gambar dengan sempurna bahkan bisa dipakai untuk mengambil objek yang ekstrem sekalipun. Kamera ini juga bisa diputar ke depan dan kebelakang sekaligus. 

Jangan pernah khawatir dengan memutar kamera pada OPPO N1 ini maka kamera akan rusak. Sebelumnya OPPO telah melakukan uji coba pada kamera OPPO N1 yang diputar hingga 100 ribu kali dengan posisi berbeda dan hasilnya kamera ini masih bisa berfungsi dengan baik. Dengan putaran per hari sebanyak 40 kali, maka kamera pada OPPO N1 ini mampu digunakan hingga 7 tahun. 

O-touch merupakan touchpad yang berada di bagian panel belakang OPPO N1 yang dapat mengenali sentuhan jari penggunanya. Dengan fitur unik ini pengguna OPPO N1 dapat menggunakan smartphone ini langsung dari bagian belakang. Ini tentu saja sangat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan smartphone ini hanya dengan satu tangan. Aplikasi O-touch pada OPPO N1 ini bisa digunakan untuk melihat galeri gambar juga aplikasi foto, browsing, mengambil gambar, mengoperasikan musik. 



Pada OPPO N1 terdapat fitur unik yaitu O-Clik yang sangat bermanfaat bagi pengguna yang seringkali lupa menaruh ponselnya hanya dengan menekan O-Clik atau OPPO N1. O-Clik bisa dijadikan sebagai alarm, jika O-Clik ataupun OPPO N1 bergerak pada area lebih dari 15 meter maka keduanya akan mengeluarkan bunyi alarm. Selain itu O-Clik bisa dipakai sebagai remote control nirkabel untuk mengambil foto hingga jarak 15 meter. 

Pada OPPO N1 terdapat Color OS yaitu sistem operasi eksklusif berbasis Android. Keistimewaan Color OS ini memiliki 400 peningkatan design unik serta 47 paten. Dengan adanya Color OS ini maka hanya dengan 1 jari kita akan mampu membuka aplikasi yang ada pada OPPO N1 dengan sangat mudah. Jika ingin mengatur volume cukup dengan sentuhan dua jari. Sedangkan jika ingin menangkap gambar kita memerlukan sentuhan 3 jari pada layar. Tentu saja ini akan cocok bagi para wanita yang seringkali menggunakan smartphone sambil ngobrol di cafe atau melakukan aktifitas sibuk lainnya seperti di dapur misalnya. Juga bagi para traveler yang selalu ingin mengabadikan gambar-gambar yang ditemui disepanjang perjalanan. 

Konstruksi OPPO N1 terkesan kokoh walaupun bagian cangkangnya terbuat dari plastik. OPPO N1 didesign dengan bodi berlapis yang telah di uji melalui 14 kali molding berbeda. Ini bertujuan agar smartphone OPPO N1 tetap ringan ketika ditenteng. Selain itu agar nyaman ketika digenggam dengan satu tangan, bagian belakang OPPO N1 dibuat sedikit melengkung. Yang membuat smartphone ini lebih keren adalah OPPO N1 hadir dengan warna putih menggunakan cat silky texture yang membuatnya terang serta tidak meninggalkan sidik jari. Selain itu bodynya tampil cantik dengan rangka berbahan aluminium. 

Smartphone Keren Untuk Merekam Indonesia Yang Keren 

Aku seringkali bepergian ke luar kota. Baik itu dalam rangka perjalanan dinas ataupun sekedar traveling menghilangkan kepenatan kerja. Sudah beberapa tempat di Indonesia yang aku kunjugi. Semuanya indah. Mulai dari makanan, pemandangan alam hingga budaya masyarakat setempat. Ada 10 alasan mengapa aku ingin mendapatkan  OPPO N1

1. Dengan membawa OPPO N1 kemanapun aku pergi maka aku bisa lebih banyak mengabadikan Indonesia melalui foto-foto yang bagus. Ini karena OPPO N1 memiliki kamera dengan teknologi tinggi yaitu N-lens yang dilengkapi dengan layar IPS 5.9 inchi dengan resolusi Full HD 1080 X 1920 pixel serta kerapatan 377pixel per inchi sehingga mampu menghasilkan gambar yang nyata serta kontras warna yang baik. 

2. Kamera 206⁰ pada OPPO N1 membuatku bisa narsis kapan saja dan di mana saja tanpa perlu repot-repot lagi meminta bantuan orang yang aku kenal. Seringkali ketika melakukan perjalanan sendiri, aku harus minta tolong orang yang tidak begitu aku kenal untuk memotret diriku berpose di tempat yang aku kunjungi. Tentu saja cara ini perlu diwaspadai karena bisa saja orang yang kita mintai tolong membawa kabur kamera kita secara tiba-tiba. 

3. Apalagi dengan teknologi O-Clik aku bisa memotret dirku sendiri pada jarak sekitar 15 meter. Jadi aku bisa narsis tanpa batas hanya dengan memencet O-Clik dan meletakkan OPPO N1 ditempat yang aman serta bagus untuk mengambl foto. 

4. Dengan RAM memory sebesar 2 GB yang dilengkapi dengan Android 4.2 Jelly Bean maka aku bisa langsung menuliskan kisah perjalananku, ataupun cerita tentang tempat yang aku kunjungi ke dalam blog khusus travellingku, kapanpun dan di manapun aku mau  dengan OPPO N1. Bahkan sesaat setelah aku mengambil foto dari kamera

5. Masih dengan kamera yang bisa diputar 206⁰ pada OPPO N1, aku bisa memotret kuliner yang ada di hadapanku dengan simple, tanpa harus melakukan gerakan yang memalukan di depan umum. Biasanya dengan menggunakan kamera biasa, aku harus membungkuk bahkan kadang turun dari kursi hanya sekedar untuk mengambil angle yang bagus. 

6. Dengan O-touch yang ada pada OPPO N1 aku bisa menunjukkan foto atau gambar yang ada di handphone kepada teman yang duduk dihadapanku tanpa aku harus berpindah tempat. 

7. Aku termasuk seorang yang sering lupa jika meleatkkan sesuatu, termasuk meletakkan handphone. Biasanya aku harus minta tolong anakku atau siapapun yang sedang bersamaku untuk missed call agar diketahui di mana aku meletakkan handphoneku. Tapi dengan teknologi O-Clik pada OPPO N1 maka aku bisa mencari handphoneku sendiri hanya dengan menekan O-Clik. Bahkan jika ternyata OPPO N1 milikku berada pada jarak 15 meter pun aku basih bisa menemukannya dengan bunyi alarm yang akan terdengar. 

8. Yang seringkali terjadi adalah ketika aku makan, ada telpon atau sms yang masuk. Jika ternyata itu penting maka aku harus segera membukanya. Dengan teknologi Color OS pada OPPO N1 maka aku hanya perlu menggunakan 1 jari untuk membuka aplikasi. Jika ternyata volume panggilan pada smartphone ini terlalu keras atau mengganggu maka aku hanya memerlukan 2 jari untuk mengaturnya. 

9. Pernah pada suatu hari, ketika aku pulang berbelanja di Bali, aku melewati iring-iringan penduduk setempat yang membawa sesaji. Saat itu kedua tanganku penuh dengan barang belanjaan sehingga tidak mungkin aku memotret pemandangan yang indah itu dengan kamera pocket yang ada di dalam tasku, terlalu ribet bukan? Seandainya saat itu aku sudah memiliki OPPO N1 maka aku hanya memerlukan 3 jari untuk bisa menyentuh layar guna menangkap gambar yang aku inginkan dan memotretnya

10. Design yang keren, dengan warna putih serta body yang tipis membuatku percaya diri kemanapun membawa OPPO N1

Kamu juga bisa menonton betapa kerennya menggunakan OPPO N1 di video berikut ini : 



Tulisan ini diikutkan dalam"Aku & OPPO N1" Blog Contest