Setelah seharian penat dan lelah bekerja di kantor, maka rumah adalah harapan untuk mendapatkan tempat nyaman guna menjadikan penghuninya relaks kembali. Bukan hanya di hari kerja, tapi juga di akhir pekan. Jika rumah adalah istana yang berada di lingkungan surga yang nyaman, maka penghuninya tidak akan pernah ingin pergi jauh.

Telaga Golf Sawangan adalah hunian ramah lingkungan bernuansa resort di daerah Depok. Udara yang sejuk di lingkungan yang segar dan asri serta ruang terbuka hijau yang luas tentu saja membuat siapapun yang tinggal di sini akan merasa betah. Hunian dengan sebuah lapangan golf 18 hole dan danau alami di sisi-sisinya ini dikembangkan oleh PT Cisadane Perdana yang merupakan salah satu anak perusahaan grup Sinarmas Land. 
Rumah di lingkungan sehat dan lestari yang didukung oleh perilaku green memang tidak mudah dijumpai di sekitar Jakarta. Telaga Golf Sawangan merupakan hunian dengan lingkungan “riil green real estate”. Konsep konservasi tanah, air serta tumbuhan telah diterapkan sejak proyek pembangunan dimulai. 

Pusat utama kegiatan konservasi adalah pembangunan kolam-kolam besar sebagai maindrain utama berbentuk laguna di beberapa lokasi. Kolam-kolam ini nantinya akan menjadi buffer perpindahan sedimen tanah ketika masa pembangunan hunian. Dengan demikian sedimen tanah ini tidak akan menyebabkan pendangkalan sungai ataupun danau ketika keluar pemukiman. 
Maindrain ditata menyerupai hutan mini. Tumbuhan langka yang ada di sepanjang maindrain merupakan berbagai jenis tumbuhan langka koleksi Kebun Raya Bogor. Tempat ini menjadi tempat bermain sekaligus belajar bagi anak-anak. Di sini anak-anak bisa belajar tentang berbagai jenis pohon juga mengenal biota air tawar seperti ikan gabus ikan sepat, katak dll. 

Seperti layaknya hunian surga, penghuni di Telaga Golf Sawangan tidak akan pernah khawatir dengan banjir juga sampah yang bertumpuk ataupun pemandangan kotor dan menjijikkan lainnya. Ini karena penaganan sampah dan limbah rumah tangga di Telaga Golf Sawangan dikelola dengan baik. 

Sarana pengolahan limbah berlapis (Di dalam rumah maupun di lingkungan) dibangun oleh pengembang untuk menghindari air yang tercemar karena limbah rumah tangga dalam bentuk cair maupun padat. Di dalam rumah dipasang filter serta rembesan untuk menyaring polutan padat. Air yang mengalir pun masih disaring dengan ijuk, pasir dan kerikil sebelum akhirnya merembes ke tanah. Dengan demikian persediaan air tanah di musim kemarau akan selalu terjaga. Adanya kolam berisi tumbuhan air (konsep rawa) berfungsi menyaring limbah yang mengalir ke luar rumah. 

Sampah padat dikelola di Unit Pengelolaan dan Pengolahan Sampah (UPS). Warga yang tinggal di Telaga Golf Sawangan telah dibiasakan dengan sistem 3 R (reduce, reuse, recycle). Sampah organik akan dimanfaatkan menjadi kompos. Sampah anorganik diberikan ke pemulung. Sedangkan residu yang tidak bisa dimanfaatkan lagi akan dibawa ke TPA. 

Jadi tidak salah jika Telaga Golf Sawangan memenangkan Green Property Award 2009 dan 2010 sebagai no.1 Environment-Friendly versi Majalah Housing Estate untuk katagori perumahan yang sedang berkembang. Majalah Bisnis & CSR juga memberikan penghargaan Best Indonesia Green Award 2010.  Untuk memiliki rumah di Telaga Golf Sawangan bisa datang ke kantor pemasaran yang ada di area perumahan dengan telp 021-77888999.

Tulisan ini diikutkan dalam Sinar Mas Land Writing Contest 

Sumber Tulisan dan Foto dari sini : 
http://telaga-golf.com/ 
http://www.sinarmasland.com/site/?pg=projects&cat=3&prj=20