Warna-warni sarapan pagi 

Sarapan pagi itu penting dan lebih penting lagi kalau makanan yang masuk ke tubuh kita itu warna-warni. Ternyata warna dari setiap makanan yang kita makan itu mempunyai manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh kita.


Sarapan itu penting 
Menu sarapan 
Sepiring kentang goreng dan ikan goreng tepung 

Sarapan itu penting untuk membantu menurunkan berat badan. Dari sebuah penelitian dibuktikan bahwa orang-orang yang rutin sarapan pagi memiliki berat badan yang lebih ideal dibanding dengan yang tidak sarapan pagi. Bahkan Harvard men’s health mengatakan bahwa orang-orang yang tidak sarapan pagi justru memiliki resiko obesitas 4 X lebih besar dibanding orang-orang yang sarapan pagi. Ini karena sarapan pagi akan membantu kita mengontrol rasa lapar sehingga bisa makan siang dengan porsi tidak berlebihan. 


Asupan sarapan yang sehat bisa menggantikan kebutuhan gula ketika kita tidak makan malam sehingga bisa memberikan kekuatan metabolisme sepanjang malam. Pada malam hari terjadi detoksifikasi alami di dalam tubuh . Sehingga pada pagi hari sel-sel yang menyusun tubuh kita memerlukan asupan nutrisi melalui sarapan pagi. 



Bubur sumsum 
Salah satu menu sarapan 

Sarapan pagi yang sehat akan menjadi bahan bakar bagi otak sehingga dengan sarapan yang sehat maka pikiran kita akan tetap terjaga sepanjang hari. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa ketika tidur otak kita memerlukan glukosa yang cukup agar fungsi otak sebagai memori tidak terganggu. 


Sarapan yang mengandung vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin C, vitamin E, asam folat, selenium, zinc, asam amino essensial serta beberapa mineral penting akan membantu mengembalikan kualitas kesuburan bagi pasangan suami istri. Nutrisi-nutrisi tersebut akan mampu menghasilkan sel telur dan sperma yang berkualitas. 



Manfaat warna-warni pada makanan 

Menu sarapan pagi sebaiknya berwarna-warni. Aneka warna ini tentu saja bisa di peroleh dari berbagai asupan makanan. Ini penting karena setiap warna alami pada makanan mengandung nutrisi yang berbeda-beda. Berbagai warna yang dianjurkan diantaranya adalah warna putih, merah, jingga, biru, coklat, hijau dan kuning. 

Kita bisa menemukan makanan berwarna putih pada nasi tentu saja. Selain itu juga pada buah-buahan seperti rambutan, leci, sirsak dll. Daging ayam dan beberapa daging ikan juga termasuk makanan yang berwarna putih. Berbagai jenis sayuran juga berwarna putih seperti tauge, aneka jamur, sawi, lobak dan masih banyak lagi. Makanan berwarna putih juga bisa kita peroleh dari susu dan telur. Warna putih ini merupakan sumber serat, kalsium juga mengandung nutrisi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh sekaligus mengurangi resiko kanker karena mengandung antioksidan yang tinggi. 



Jamur Crispy 
Jamur tiram bisa diolah menjadi jamur crispy dan dijadikan sebagai lauk dalam menu sarapan 

Makanan berwarna merah bisa kita dapatkan pada daging sapi, domba juga beberapa jenis ikan. Sayuran juga banyak yang berwarna merah seperti bit, cabe, serta tomat. Buah-buahan juga bisa menjadi pilihan sebagai sumber makanan berwarna merah diantaranya strawberry dan semangka.Warna merah ini mengandung banyak sekali anti oksidan yang bisa mengurangi resiko kanker juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. 



Strawberry 
Strawberry bisa dimakan dalam bentuk segar, dibuat jus atau diolah bersama bahan makanan lainnya 

Warna jingga sangat berguna bagi kesehatan mata juga kulit. Selain itu warna jingga juga mengandung manfaat yang sama dengan makanan warna merah yaitu sebagai anti oksidan dan kesehatan jantung. Beberapa makanan berwarna jingga yang bisa dikonsumsi terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Diantaranya yaitu mangga, wortel juga paprika. 



Paprika 
Paprika bisa dipotong-potong dan dijadikan sebagai lalapan dalam sarapan 

Warna biru hingga ungu pada makanan mengandung nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Termasuk juga melindungi pembuluh darah serta sel otak . Makanan dengan warna biru juga mengandung anti oksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung. Kita bisa menemukan warna biru ini pada ubi ungu, anggur juga terong. 



Bolu kukus ubi ungu 
Ubi ungu bisa diolah menjadi kue yang lezat untuk sarapan 

Makanan berwarna coklat fungsinya hampir sama dengan makanan berwarna biru yaitu sebagai anti oksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang berwarna coklat antara lain kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, kacang tanah juga kakao. 



Puding Coklat 
Coklat bisa dijadikan sebagai puding - sarapan sehat kaya serat 

Ada banyak sayuran dan buah-buahan berwarna hijau yang bisa dikonsumsi sebagai sarapan yang menyehatkan. Seperti brokoli, bayam, kangkung, pare, kiwi, anggur dan masih banyak lagi. Sayuran dan buah-buahan hijau ini sangat banyak manfaatnya seperti menambah kekebalan sel tubuh juga otak. Selain itu juga membantu dalam proses pelepasan zat beracun dari hati serta aliran darah. Fungsi lain adalah membantu dalam produksi sel darah merah yang sangat diperlukan oleh tubuh. 


Jus hijau 
Kombinasi aneka sayuran dan buah-buahan hijau seperti kiwi, sawi dan brokoli 

Warna kuning identik dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Makanan berwarna kuning yang bisa kita konsumsi sebagai sarapan sehat diantaranya bersumber dari buah-buahan seperti jeruk, belimbing, nanas dan lain sebagainya. 



Jeruk 
Jeruk bisa dimakan segar atau dicampur dalam makanan 


Inspirasi Sarapan Sehat Buatan Sendiri 

Sarapan yang sehat harus bisa menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Namun tidak meningkatkan kadar gula dalam darah. Kita bisa membuat sendiri sarapan sehat yang murah dan mudah. 


Roti 
Salah satu menu sarapan kaya karbohidrat 

Kalau tidak ada waktu berlama-lama di dapur untuk menyiapkan sarapan, maka kita bisa membuat sarapan yang bisa di simpan seperti misalnya nugget, abon, roti atau susu kedelai. Selain itu kita juga bisa kok menyediakan sarapan sehat yang cepat dimasaknya seperti jus, omelet juga kentang panggang. 



Membuat Chicken Nugget 

Membuat Abon lele 

Membuat Susu Kedelai 


Inspirasi Tulisan : http://pergizi.org/ 
Foto-foto : Koleksi Pribadi