Di Cagar BUdaya Banua Oge Sulawesi Tengah 
Kalau mendengar kata "keliling Indonesia" aku selalu bersemangat. Sama bersemangatnya ketika menerima surat tugas mengajar atau bertugas di beberapa wilayah Indonesia. Tambah semangat lagi kalau sudah packing baju dan searching tempat-tempat yang bisa dikunjungi di sela-sela tugas. Sebagai praktisi pendidikan setidaknya dua minggu sekali aku memang harus pergi bertugas selama 3-7 hari. Kemana aku bertugas hanya Tuhan yang tahu, yang pasti ada di Indonesia.  

Namun sayangnya seringkali daftar kunjungan yang telah aku susun itu harus dilewatkan begitu saja ketika ketiadaan waktu luang. Memang tidak tepat sebenarnya kerja di sambi jalan-jalan. Tapi setidaknya sedikit waktu yang ada bisa aku gunakan semaksimal mungkin untuk lebih mengenal Indonesia dan menceritakan tentang Indonesia melalui tulisan.

Di Situs Kraton Kartosuro Solo JAwa Tengah
Sayangnya juga aku baru mulai menulis di blog akhir-akhir ini saja. Jadi cerita perjalananku yang dulu-dulu belum sempat terdokumentasi. Sayangnya lagi kesibukan menulis laporan seringkali menggeser waktuku menulis catatan perjalanan. Jadilah foto dan draft cerita perjalanan seringkali terabaikan begitu saja di blog  " astrijalanjalan.blogspot.com ". 

Namun demikian sampai dengan detik ini dari hati yang paling dalam aku selalu bilang 

"AKU CINTA INDONESIA.... 
AKU INGIN KELILING INDONESIA.... 
AKU INGIN MENGABADIKAN SEMUA HAL TENTANG INDONESIA LEWAT TULISAN.... 
AKU INGIN ORANG INDONESIA TAHU BETAPA KAYA NEGERINYA..... 
AKU INGIN ORANG INDONESIA BANGGA MENJADI WNI".

Di Puri MAsceti Petitenget Seminyak Bali
Kecintaanku pada Indonesia sebenarnya tidak hanya sebatas pada keinginan keliling Indonesia dan mengabadikan cerita tentang Indonesia. Kalau orang lain bisa jadi sangat bangga memamerkan foto-foto narsisnya ketika berada diluar negeri, tapi aku yang tidak suka narsis ini akan sangat bangga ketika bisa memamerkan foto-foto yang bercerita tentang Indonesia. 

Aku selalu bersemangat ketika menceritakan betapa indahnya Tanjung Bastian di NTT dengan ikan-ikan besarnya yang mudah ditangkap. Aku juga lebih suka ngobrol tentang Pulau Ora daripada Maldives. Kalau keindahan Bali memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, tapi aku selalu bersemangat ketika ngobrol soal tempat-tempat menginap yang unik di Bali. Tentang betapa orang-orang "BUle" yang suka menginap di rumah kayu dengan kamar mandi terbuka dengan pancuran bambu sebagai ganti showernya. 

Bukuku
Aku juga sangat bersemangat ketika menulis cerita-cerita rakyat Indonesia untuk bisa dinikmati dan dikenal oleh orang tua maupun anak-anak di Indonesia. Kalau ada yang bilang aku cuma menceritakan ulang dan tidak punya ide bercerita, tapi pada kenyataan toh tidak banyak penulis yang menulis tentang Indonesia. Toh pada kenyataannya masih sangat banyak pembaca yang belum tahu banyak tentang Indonesia.

Masih banyak cerita tentang Indonesia yang bisa kita ceritakan. Bukan hanya menceritakan pada dunia, tapi juga pada orang-orang Indonesia itu sendiri. Setiap kali aku bertemu dengan teman-teman atau ngobrol apapun dengan orang-orang terdekat, yang ada adalah semangat besar untuk menceritakan tentang tempat-tempat yang menakjubkan di Indonesia. 

Di Museum Tertua Di Indonesia 
Satu hal yang paling menakjubkan di Indonesia adalah kesuburan tanahnya. Bahkan Koes Plus mengabadikan Indonesia dalam lagunya "Kolam Susu". Yang dimaksud dengan kolam susu adalah nama sebuah teluk yang berada di kabupaten Timor Tengah Utara Nusa Tenggara Timur. 

Di dalam lagu itu juga ada juga bait yang berbunyi "tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Bait ini menunjukkan betapa suburnya Indonesia. Bahkan saking suburnya bawang yang disimpan dikulkas saja bisa tumbuh akar. (Kalau ini cerita cermin diri emak yang jarang masak ...... hehehe ).