Berikut ini adalah tips Food Combaining yang berhubungan dengan pola makan. 
  1. Karbohidrat merupakan sumber energi yang cepat memberikan rasa kenyang. Konsumsi karbohidrat secukupnya karena karbohidrat mudah memberikan kelebihan gula yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. 
  2. Sumber protein bisa diperoleh dari Daging , susu serta telur. 
  3. Konsumsi sayuran segar karena sayuran bersifat netral serta mudah dikombinasikan. Sayuran juga kaya akan karbohidrat, serat, vitamin dan mineral.
  4. BUah sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan perut kosong atau dengan jarak  15-20 menit sebelum makan karena buah segar merupakan sumber air, enzim, karbohidrat, serat, vitamin dan mineral. Yang perlu diperhatikan adalah jangan memakan buah atau minum jus sesudah makan. Jika ingin makan lakukan 4-5 jam sesudah makan. 
  5. Mengonsumsi makanan dengan makan siang, malam serta kudapan sore sebaiknya dilakukan pada pukul 12.00 - 20.00. Ini karena saat tersebut merupakan waktu cerna. 
  6. Jangan makan pada jam 20.00 - 04.00 karena saat ini merupakan waktu tidur. Makan dalam jangka waktu ini bisa menyebabkan kerusakan kesehatan dalam jangka waktu panjang maupun pendek. 
  7. Makanlah buah-buahan segar atau jus pada jam 04.00 - 12.00. Ini karena pada saat ini merupakan saat pembersihan, di mana sisa-sisa metabolisme dan tumpukan sisa makanan di usus besar akan dibuang. 
  8. KOmbinasi protein dan sayuran akan meminimalkan pengaruh buruk protein hewani dalam tubuh. 
  9. Kombinasi karbohidrat dan sayuran juga satu pilihan yang tepat karena serat pada sayuran bisa menyebabkan rasa kenyang sehingga bisa meminimalkan konsumsi karbohidrat. 
  10. Jangan mengkombinasikan karbohidrat dan protein karena kombinasi ini bisa menghasilkan maslaah bagi pencernaan karena keduanya memiliki enzim yang berbeda.