Seringkali kita mendengar istilah food combining. Tapi apa sebenarnya food combining itu? Apakah benar food combining adalah cara mengkombinasikan makanan? Apakah food combining adalah pola makan yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan? 

Seperti dikatakan Erikar Lebang dalam bukunya Food Combining Itu gampang, Food Combining merupakan pola makan yang mengacu pada mekanisme pencernaan alamiah tubuh dalam menerima jenis makanan yang serasi. Pola makan ini bertujuan agar tubuh bisa memproses semua makanan yang masuk dengan baik sehingga akan didapatkan hasil yang maksimal. 

Jadi dika ada yang beranggapan bahwa food combining itu adalah pola makan yang berhubungan dengan penurunan berat badan, maka bisa dikatakan bahwa anggapan itu salah. Food Combining bukan sekedar menurunkan berat badan. Tapi yang namanya food combining itu juga membuat tubuh menjadi sehat. Jika tubuh sudah sehat maka secara otomatis, berat badan yang ideal pun akan didapatkan. Begitu juga jika kita sakit, maka secara otomatis tubuh kita akan menyembuhkan dengan sendirinya. 

Food Combining tidak hanya ditujukan bagi orang-orang dnegan berat badan berlebih. Ini karena ada banyak juga kok orang-orang yang ebrbadan kurus tapi memiliki kolesterol yang tinggi serta pencernaan yang buruk. 

*Baca juga Pola Makan Food Combaining