Pada dasarnya Food Combaining adalah mengatur apa yang dimakan mengacu pada sistem tubuh. Food Combaining tidak membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh dan kita tetap bisa kenyang. Pola makan Food Combaining ini perlahan-lahan akan membuat fungsi dan sistem tubuh bisa bekerja dengan sempurna lagi. 

Dalam Food Combaining dilarang untuk mencampurkan protein hewani dengan karbohidrat, karena ini akan mengganggu pencernaan. Kedua sumber makanan ini tidak bisa bekerja sama. Hal ini bisa dilakukan pada saat makan siang dan makan malam. Sedangkan sarapan pagi yang dianjurkan dalam Food Combaining adalah memakan buah. Setelah pukul 20.00 sebaiknya tidak makan karena ini adalah waktu tidur. 

Food Combaining tidak pernah membatasi jumlah makanan yang masuk. Sehingga salah jika Food Combaining dianggap sebagai diet kalori. Salah-salah kalau hal ini dilakukan justru akan membuat tubh menjadi sakit. Dalam food combaining ada 3 hal penting yang harus kita ingat berkaitan dengan pola makan, yaitu : 

  1. Apa yang baik untuk dimakan
  2. Kapan Waktu makan yang tepat.
  3. Bagaimana cara makan yang benar.