Dari namanya tentu saja kita bisa tahu bahwa Media Online adalah media yang disajikan secara online. Yang dimaksud online adalah bisa dilihat dengan jaringan internet. Sebagai medianya adalah website. Jika dilihat dari segi fisiknya, maka Media Online berarti Media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia yaitu computer dan internet. 

Kedudukan Media Online meruapak Media Massa generasi ketiga diantara media lainnya yaitu : 

  1. Media cetak (koran, majalah, tabloid, buku) 
  2. Media elektronik (radio, TV) 
  3. Media Online 

Dalam Wikipedia, media online disebut juga dengan cyber journalism yang berarti reportase atau laporan hasil liputan peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet. Secara umum Media Online adalah semua format media yang bisa diakses melalui internet. Baik itu media tulisan maupun foto digital juga video termasuk TV dan radio online. 

Lebih luas lagi, secara umum Media Online juga berarti sarana komunikasi secara online. Oleh karena itu yang termasuk kategori Media Online secara umum adalah email, website termasuk blog serta berbagai social media seperti Facebook, twitter dll. 

Sedangkan pengertian Media Online secara khusus adalah Media komunikasi massa yang memiliki karakteristi tertentu. media online secara khusus berarti media yang menyajikan karya jurnalistik berupa berita, artikel serta feature secara online. Seperti dikatakan oleh *Asep Syamsul M.Romli bahwa Media online adalah media massa yang tersaji secara online di situs web internet. 

Sumber : 
Asep Syamsul M.Romli, Jurnalistik Online – Panduan Mengelola Media Online, Nuansa, Bandung, 2012.