Jejaring sosial atau media sosial sudah sangat akrab bagi para pengguna internet. Akan tetapi jejaring sosial ini tidak bisa disebut sebagai media online karena tidak memenuhi karakteristik sebagai media online. Kehadiran jejaring sosial ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung media online atau pun blog yang kita miliki. 

Jejaring soisal ini bisa kita gunakan untuk menyebarkan link tulisan yang sudah kita posting diblog. Hal ini tentu saja bisa meningkatkan pengunjung blog yang kita miliki. Berikut ini adalah jejaring sosial yang bisa membantu menyebarkan link atau url artikel yang ada di blog kita. 

1. Facebook (FB) 
www.facebook.com. 
Jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia. 

2. Twitter 
www.twitter.com 
Jejaring sosial yang didirikan sejak tahun 2006 ini memiliki jumlah pengguna yang tidak kalah banyak dengan Facebook. 

3. Google Plus (G+) 
https://plus.google.com/ 
Jejaring sosial ini memang dikhususkan bagi pengguna google. Jadi untuk bisa memiliki akun G+ kita harus terlebih dahulu memiliki akun email Google. Bagi pemilik blogspot tentu saja ini sangat efektif menyebarkan link blog untuk menaikkan jumlah pengunjung. 

4. Linkedin 
https://www.linkedin.com/ 
Linkedin dikenal sebagai jejaring sosial para pekerja professional. Oleh karena itu Linkedin juga digunakan sebagai penghubung antara para professional dibidangnya dnegan perusahaan yang sejenis. Artikel yang kita buat di blog bisa kita gunakan mem-branding profesi si pemilik blog. Jadi jejaring sosial Linkedin ini sangat cocok bagi para blogger untuk mendapatkan side job. 

5. Pinterest 
https://www.pinterest.com/ 
Walaupun jejaring sosial ini tergolong baru namun sangat efektif digunakan untuk men- share url artikel di blog kita. 

6. Path 
https://path.com/ 
Pengguna path saat ini memang belum sebanyak Facebook maupun Twitter. Akan tetapi jejaring sosial yang satu ini dikenal sebagai smart journal online karena tersedia pada aplikasi smartphone.