Booming media online di luar negeri dimulai sejak pertengahan tahun 1990 an. Amerika meluncurkan koran online pertama pada bulan Mei 1992 yaitu Chicago Tribune di Chicago Amerika Serikat. Perkembangan media online di Amerika sendiri cukup pesat terbukti dengan adanya 12.878 media online dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2001. 

Di Indonesia, Internet mulai masuk sejak tahun 1994. Media online mulai dikenal sejak tahun 1996 hingga 1997. Pada saat itu media online merupakan pindahan isi dari media cetak seperti republika serta kompas. Pada tahun 1998 mulai muncul portal berita online seperti detik.com. Portal berita detik.com ini murni sebagai media online yang isi beritanya tidak dimuat di media cetak. 

Munculnya media online pada tahun 1998 tidak lepas dari peristiwa runtuhnya masa Orde Baru. Saat itu pengawasan ketat dilakukan pada semua media cetak. Keadaan inilah yang menyebabkan munculnya media alternative yaitu media di internet atau media online. Beberapa media online yang saat itu menyebarkan keburukan pemerintahan Orde Baru lewat internet diantaranya kdpnet.activist.com atau kdp.usa.net. 

Pada tahun 1998 ini juga terjadi persaingan antara detik.com dan kompas.com. Hanya saja detik.com memiliki kelebihan yaitu memberikan breaking news. Detik.com membahas apa yang terjadi di belakang atau apa yang melatar belakangi sebuah peristiwa yang diberitakan. 

Pada tahun 2000 an persaingan media online mulai ketat. Saat ini mulai muncul satunet.com juga astaga.com. Sementara itu pada tahun 2005 mulai banyak bermunculan media cetak yang membuat media online. Berawal sejak tahun 2007 hingga saat ini banyak sekali media-media online yang real time bermunculan. Dalam perkembangannya media online serta blog mulai booming sejak tahun 2008.