Foto : Koleksi Pribadi 
Aku itu orang yang suka makan. Makannya sedikit tapi yang kelihatan (Jadi yang tidak kelihatan bisa dipastikan banyak ). Susahnya adalah aku bakat gemuk, jadi kalau makan banyak pasti dong yang namanya berat badan tanpa kompromi akan langsung naik. Apalagi kalau pas lagi stress. Yang namanya obat stress paling mujarab itu ya makan. 


Foto : Koleksi Pribadi 
Supaya bisa makan banyak tapi gak gemuk jadinya harus mencari makanan alternatif. Bisa ditebak, pilihan langsung jatuh pada buah. Hampir semua buah aku suka. Tapi pilihan tentu saja jatuh pada buah-buahan lokal dong. 

Yang namanya sama buah lokal itu aku langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Ini karena : 

1. Harganya murah meriah 
Dibanding dengan buah import, jelas dong ya buah lokal lebih murah. Yang namanya perempuan pasti dong maunya harga murah tapi kualitas bagus. Nah buah lokal itu mewakili keinginan perempuan yang ini. 


Foto : Koleksi Pribadi 
2. Bisa membuat awet muda dan sehat
Buah-buahan lokal itu kandungan vitamin C nya tinggi. Seperti misalnya jeruk lemon, juga jambu biji. NAh vitamin C ini bisa membuat kita awet muda dan tidak mudah terserang penyakit

3. Jumlahnya berlimpah 
Apalagi kalau pas lagi musimnya. Pas musim mangga misalnya, jumlahnya akan berlimpah dan harganya pasti murah. 

4. Banyak variasinya.
Foto : Koleksi Pribadi 
Enaknya hidup di Indonesia itu banyak banget jenis buah yang ada. Jeruk saja ada banyak macamnya, misalnya jeruk bali, jeruk keprok dll. Jadi kita bisa bebas milih. Setiap buah ada musimnya sendiri. Jadi kita gak akan pernah bosan. 


5. Enak diolah jadi apa aja. 
Sebenarnya buah-buahan itu enak dimakan dalam keadaan segar. Tapi kalau lagi bosan atau pas keberadaan buah itu berlimpah, pasti dong kita pengen makan buah dengan cara lain. Misalnya dibuat jus atau juga dibuat kue. 

Kalau ditanya buah lokal apa saja sih yang membuatku jatuh cinta, maka aku akan bilang banyak. Tapi yang namanya cinta itu gak boleh banyak-banyak dong. Jadi dari sekian banyak buah-buahan lokal lokal yang ada dan bisa tumbuh di Indonesia, maka aku akan memilih : 


Jambu Batu (Psidium guajava)
Foto : Sunpride
Sering juga disebut sebagai Guajava Crystal. Kalau di Jawa disebutnya dengan nama Jambu Klutuk. Karena di dalamnya ada biji kecil-kecil, jadi kalau dimakan klutak klutuk gitu bunyinya. Jambu klutuk yang asli dari Indonesia itu buahnya kecil-kecil dan daging buahnya lunak. Tapi rasanya manis banget. 

Ada juga jambu sejenis yang bibitnya didatangkan dari Thailand. Nah yang jenis ini ukuran buahnya lebih besar dan daging buahnya lebih keras. Jambu batu ini enak dimakan segar dan lebih enak lagi kalau dibuat jus. 

Jambu biji kristal ini banyak mengandung vitamin A dan C, asam lemak tak jenuh juga serat dan Omega 3 & 8. Bahkan kandungan vitamin C yang ada di dalam Guava Crystal ini sebesar 87 mg atau 8 kali lebih banyak dibanding jeruk lemon serta 5 kali lebih banyak dibanding jeruk biasa. Itu artinya Guava Crystal ini sangat baik untuk menambah daya tahan tubuh supaya tidak cepat terkena penyakit. Selain itu bisa menambah awet muda juga lho. 

Foto : Koleksi Pribadi 

Strawberry 
Buah yang satu ini mencerminkan diriku banget. Dari luar kelihatan segar dan enak dimakan. Tapi begitu merasakan untung-untungan. Yang beruntung akan mendapatkan buah yang rasanya manis menyegarkan. Tapi yang tidak beruntung akan mendapatkan buah yang asam tapi tetap menyegarkan. 

Strawberry ini enak dimakan dalam bentuk segar. enak juga dibuat jus maupun diolah menjadi aneka makanan. Seperti pie strawberry, selai, cake dll. 

Tulisan ini diikutkan dalam Sunpride Fruit For Love Blog Competition