Setiap hari berkutat dengan kesibukan kota besar tentu saja membuat kita harus berlibur di akhir minggu agar pikiran kembali segar. Salah satu liburan murah yang bisa kita lakukan adalah berpetualang dengan sepeda. Liburan yang satu ini murah meriah dan bonusnya membuat badan menjadi sehat. 


Foto Koleksi Pribadi 
Berikut ini adalah aneka tips bersepeda ke gunung (off road)

a. Kondisi harus fit 
Siapkan kondisi Anda agar selalu fit selama dalam perjalanan. Jangan melakukan perjalanan ketika Anda sakit karena hal ini bisa membahayakan dan merepotkan orang lain. 

b. Posisi kunci pada tanjakan 
Untuk para pesepeda yang melakukan cross country (XC) usahakan lock (kunci) depan pada sepeda Anda tidak bekerja naik-turun pada saat melalui jalan menanjak. 

c. Mengayuh sepeda sambil berdiri 
Pada saat melalui tanjakan, Anda juga bisa mengayuh sepeda sambil berdiri di atas sadel agar kayuhan pedal menjadi semakin kuat. Hal ini dimaksudkan supaya energi bisa dikeluarkan dengan efisien dan tidak terbuang percuma karena suspensi yang naik turun. Posisi mengayuh sambil berdiri ini sebaiknya dihindari bagi para pesepeda yang menggunakan sepeda MTB tanpa sistem lock. 
Foto Koleksi Pribadi

d. Menggunakan sepeda balap 
Jika menggunakan sepeda balap, fork bagian depan sudah statis sehingga tidak perlu lagi dilakukan penyesuaian statis. 

e. Pemindahan gigi transmisi 
Pemindahan gigi transmisi (shifting) perlu dilakukan karena shifting yang benar akan memberi kenyamanan ketika bersepeda pada tanjakan. Shifter terletak pada setang kemudi, yaitu sebuah perangkat yang terhubung dengan FD dan RD yang bertugas memindahkan gigi, depan maupun belakang. 

f. Shifting 
Shifting dengan model gir depan paling besar dan gir belakang paling kecil akan memberikan akselerasi maksimum saat mengayuh sepeda. Shifting model ini cocok bagi pesepeda yang mempunyai tenaga yang kuat dan otot kaki yang kuat pula. 

g. Pengaturan gir 
Bagi pemula, sebaiknya menggunakan gir depan paling kecil dan gir belakang paling besar. Hal ini akan memberikan kenyamanan ketika mengayuh pedal walaupun sepeda berjalan pelan. Dalam kondisi seperti ini yang harus dilakukan adalah mempercepat putaran kayuhan dan menghindari mengayuh dengan posisi berdiri. 

h. Posisi seatpost 
Ketika melalui tanjakan, usahakan posisi seatpost (dudukan sadel) berada pada posisi maksimum kayuhan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ukur panjang kaki dari mata kaki hingga tulang selangka untuk menentukan ketinggian sadel, karena ini adalah batas maksimum panjang kaki saat mengayuh. 

i. Posisi kaki 
Yang perlu diperhatikan adalah posisi kaki harus hampir lurus ketika kita berada di atas sadel dan telapak kaki di pedal. 

j. Mengayuh sepeda dengan posisi duduk 
Mengayuh sepeda dengan posisi duduk pada sadel akan membuat badan terasa santai. Dalam posisi ini, tidak banyak energi yang harus dikeluarkan karena beban tumpuan bukan pada kaki. Namun, pada saat menanjak akan merasakan sakit yang berulang-ulang pada satu otot. 

k. Posisi mengayuh sepeda 
Posisi mengayuh di tanjakan dengan cara duduk lebih baik daripada berdiri karena energi yang dikeluarkan lebih sedikit. Sebaiknya posisi berdiri difokuskan ketika mengayuh pada putaran crank (engkol) agar tubuh tetap santai. 

l. Pemberian minyak pelumas 
Sebelum melakukan perjalanan, berikan pelumas pada bagian pedal dan crankset. 

m. Posisi tangan pada handle bar 
Jika menggunakan sepeda balap, posisikan lengan tangan pada handle bar bagian atas dan usahakan lengan tangan pada posisi yang santai.


Foto Koleksi Pribadi 
Jika Anda menginginkan berpetualang di daerah berbukit dengan jalanan menurun atau menanjak, sebaiknya memilih sepeda gunung atau jenis MTB. 

Untuk mendapatkan sepeda gunung yang diinginkan, ada baiknya sebelum datang ke toko yang menjual sepeda, maka kita mengunjungi Polygon untuk mendapatkan informasi harga sepeda dan tempat jual sepeda yang terdekat dengan rumah kita. Ada beberapa jenis MTB yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda. 

Tipe Cross Country (XC) 

Merupakan sepeda yang digunakan untuk menyusuri daerah pedesaan dengan medan yang bervariasi antara jalanan beraspal, jalanan tanah, serta jalanan menanjak dan menurun. 

Tipe All Mountain (AM) 
Digunakan untuk menjelajahi medan ekstrem. Sepeda ini didesain khusus dengan dilengkapi oleh peredam kejut pada roda depan untuk mengurangi beban guncangan. 

Free Ride (FR) 
Dirancang untuk menjelajahi medan yang lebih ekstrem dari tipe AM. 

Downhill (DH) 

Merupakan sepeda yang dirancang khusus untuk menuruni gunung atau bukit. 

Dirt Jump (DJ) 
Merupakan sepeda yang digunakan untuk atraksi bersepeda. 

MTB Khusus Untuk Wanita 

Sepeda gunung ini memang didesain untuk wanita dengan keunggulan jangkauan kemudi lebih dekat dan mudah untuk naik dan turun. Sepeda ini juga didesain agar kontrol kendalinya aman bagi wanita.