Perekonomian Indonesia memang masih kalah stabil dengan negara Asia Tenggara lainnya. Tetapi bukan tak mungkin Indonesia jadi negara dengan kekuatan ekonomis terbesar ke-7 di dunia. Menurut kajian yang dilakukan Bank Pembangunan Asia di tahun 2014, mencapai posisi tersebut di tahun 2030 bukanlah hal yang mustahil jika bisa mengatasi hambatan di bidang SDM. 

Perkembangan ekonomi dunia saat ini memang menuntut SDM yang berkualitas. Bukan hanya soal pendidikan akademik yang baik, tetapi juga soal kesiapan keterampilan dan mental dalam menghadapi dunia kerja. Oleh sebab itu, pendidikan kejuruan atau TVET (Technical and Vocational Education and Training) di Indonesia harus ditingkatkan kualitasnya. Supaya di masa depan pendidikan TVET bisa menghasilkan SDM handal yang siap bekerja. 

Memahami Pentingnya Pendidikan Kejuruan 

Pendidikan kejuruan tidak seperti jenjang pendidikan biasa yang cenderung berfokus pada pelajaran di buku. Sebaliknya, pendidikan kejuruan justru lebih menekankan keahlian siswa untuk menguasai suatu bidang tertentu. Bidang keahlian yang ingin dikuasai pun bisa dipilih sesuai minat, mulai dari bidang tata boga, akuntansi, mesin, hingga animasi. 

UNESCO juga menaruh perhatian yang besar terhadap sistem pendidikan TVET di dunia. Melalui sistem pendidikan yang tepat, generasi muda bisa mempelajari suatu dasar pemahaman sekaligus praktik dalam menjalani suatu bidang keahlian. Demi menyelaraskan kebutuhan SDM dengan pendidikan kejuruan yang diterapkan, tentu dibutuhkan perhatian besar terhadap banyak sektor. 

Apa Saja Faktor yang Menyukseskan Pendidikan Kejuruan? 

Pendidikan kejuruan membutuhkan staf pengajar yang ahli di bidang pemahaman maupun pelaksanaan teknis. Di samping itu, pentingnya fasilitas untuk mendukung praktik kejuruan juga menjadi tantangan yang patut diselesaikan. Selanjutnya, jalinan kerjasama dengan sektor bisnis juga menjadi penentu bagi keberhasilan siswa yang menempuh pendidikan kejuruan. 

Masih banyak sekali tantangan, hambatan, serta proses yang patut dipahami untuk mewujudkan pendidikan kejuruan yang lebih baik di masa depan. Informasi mengenai pendidikan kejuruan bisa diperoleh melalui seminar pendidikan yang diadakan oleh Gess Indonesia tanggal 30 September sampai 2 Oktober 2015 di JCC. Gess Indonesia (Global Educational Supplies and Solutions Indonesia) adalah organisasi bidang pendidikan yang sudah lebih dulu berdiri di Meksiko dan Dubai. Kehadiran Gess Indonesia diharapkan dapat pengambilan keputusan dan kemajuan kualitas pendidikan di tanah air. 

Pendaftaran seminar secara online bisa dilakukan melalui http://bit.ly/1WfsBNU. Tak ada kata terlambat untuk memajukan dunia pendidikan kejuruan di Indonesia jika upayanya sudah dimulai dari sekarang!