Semua penyakit pasti ada obatnya. Tapi bukan berarti sedikit-sedikit kita harus minum obat lho.

Saya termasuk dalam golongan orang-orang yang sedikit sekali minum obat. Sebisa mungkin saya selalu menghindari yang namanya obat. Kalau akan sakit, alarm di tubuh ini pasti sudah berbunyi. Jadi saya hanya perlu tambah istirahat dan tambah makan. Simple bukan?

Talk Show Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) yang diselenggarakan pada hari Sabtu 14 Nopember 2015 semakin membuka mata saya bahwa apa yang saya lakukan selama ini sudah benar. Gema Cermat merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan ketrampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar. 

Selama ini telah berkembang persepsi salah pada masyarakat kalau setiap sakit harus pergi ke dokter dan minum antibiotik. Bahkan tidak jarang masyrakat membeli antibiotik secara bebas tanpa supervisi dari tenaga kesehatan. Pembelian antibiotik tanpa resep dokter ini kemudian emmicu terjadinya masalah resistensi antibiotik. 

Penggunaan obat yang berlebihan (over dosis), efek samping juga interaksi obat dan penyalahguna obat juga sering terjadi pada masyarakat dan menyebabkan masalah kesehatan baru. Informasi obat yang tercantum pada kemasan obat seringkali tidak diperhatikan dan dipahami dengan baik oleh masyarakat. Ditambah lagi dengan kasus penjualan kembali obat bekas yang membahayakan. Ini karena edukasi tentang cara penyimpanan dan pembuangan obat yang masih rendah pada masyarakat. 

Jadi apakah setiap sakit harus diberi obat? Apakah setiap sakit orang harus minum antibiotik? Dalam acara Talkshow Gema CErmati saya menjadi tahu kalau ternyata sakit itu adalah cara tubuh untuk melindungi tubuh itu sendiri. Seperti misalnya Batuk dan pilek itu adalah cara melindungi paru-paru dari menumpuknya lendir. Begitu juga dengan muntah dan diare yang merupakan cara tubuh membuang zat-zat beracun dari dalam tubuh. 

Jadi kita tidak perlu obat batuk pilek. Kita juga tidak perlu obat 
stop muntah dan stop diare. Yang kita butuhkan untuk diare adalah oralit untuk mengembalikan energi dalam tubuh.

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan ketika sakit seperti diare, pilek demam dll?

  • istirahat 
  •  Banyak minum 
  •  Paracetamol kalau demam & sakit kepala 
  •  Matikan AC 
  •  JANGAN antibiotik 
  •  Akan sembuh sendiri 
  •  Jangan menulari orang lain
Bagaimana aranya supaya orang-orang tidak tertular sakit dari kita?
Caranya gampang kok : 

  • Cuci tangan dengan benar Dengan air dan sabun 15 detik 
  • Gunakan masker jika sedang batuk pilek 
  •  Menutup mulut dengan benar saat batuk atau bersin
Nah mudah bukan? Jadi tidak sedikit-sedikit kita harus ke dokter atau minum obat ya.