Masih tentang peringatan hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2015. Tadi dalam perjalanan ke wahid Hasyim kebetulan lewat di depan Puskurbuk. Sekilas melihat spanduk di depan pintu Puskurbuk yang bertuliskan 

Guru Mulia Karena Karya 


Tulisan ini sangat sederhana. Tapi sontak tulisan ini menyadarkan saya bahwa saya adalah seorang guru juga. Tulisan ini membuat saya mengakui bahwa tahun ini karya yang sudah saya hasilkan belum maksimal sebagai seorang guru. 

Bukan saya hanya berdiam diri tanpa menghasilkan karya. Tapi karya yang sudah saya hasilkan selama setahun ini lebih berupa karya suka-suka. Bukan karya saya yang seharusnya saya buat. Seharusnya sebagai seorang guru saya membuat karya yang relevan dengan bidang saya. 

Ok... catatan untuk resolusi tahun depan. Tapi sudah saya persiapkan dari sekarang. Saya harus fokus menghasilkan karya yang relevan dengan bidang yang saya minati. Ada banyak memnag peminatan saya. Tapi lagi-lagi saya harus tegas memilih. Karena banyak fokus ibarat membaw banyak tentengan naik tangga menuju puncak. Sementara fokus pada satu hal akan lebih ringan melangkah menyusuri tangga menuju ke puncak.