Ikut acara yang diadakan sama tabloid Nova maupun Klub Nova sudah sering aku lakukan. ada acara takl show parenting, workshop craft ataupun masak. Tapi yang namanya acara sharing tentang ilmu nge-blog ya baru kali ini aku ikutan di acaranya Tabloid Nova. Jadi ketika ada iklan Call All Blogger di cover depan Tabloid Nova aku langsung daftar lewat email.

Selain temanya tentang tips blog aku juga tertarik dengan topik fotografi untuk mempercantik blog tentunya aku juga yakin kalau setiap acara yang dibuat oleh tabloid Nova pasti seru, seperti acara yang sudah pernah aku ikuti sebelumnya. Apalagi kedua materi itu dibawakan oleh ahlinya yaitu Annisa Steviani dari Komunitas Emk Blogger (KEB) yang sudah sering banget dapat job review serta mas Rommy Palar yang fotonya keren habis menghiasi artikelnya Tabloid Nova.

Acara Ngobrol Inspirasi (Ngopi) yang berlangsung pada hari Jum'at 26 Pebruari 2016 bertempat di Bird Cage Cafe Jln. Wijaya VII Jakarta Selatan kali ini bersamaan dengan ulang tahun tabloid Nova yang ke-28. Jadi  ada acara tiup lilin segala ya. Setiap peserta yang datang disuguhkan teh manis dan sepotong kue ulang tahun. Acara pun dimulai dengan panduan MC yang seru yaitu mas BUdi.


Karena ini adalah ulang tahun Tabloid Nova, maka di awal acara Pemimpin Reaksi Tabloid NOva yaitu Ibu Iis R.Soelaeman memberikan sambutannya. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Uttiek M.Panji Astuti yang merupakan Redaktur Pelaksana Tabloid Nova. Acara pun berlanjut dengan menyanyikan lagu selamat ulang tahun dan tiup lilin.

Yang ditunggu-tunggu pun tiba yaitu sharing session bareng blogger aktif sekaligus Makmin KEB yaitu  Annisa Steviani. Selain menjadi blogger, sehari-harinya Annisa juga ibu yang bekerja lho. Jadi dia nge-blog disela-sela aktifitas kerja dan mengurus keluarga. Kok bisa ya? Dalam kesempatan ini Annisa memaparkan kiatnya ngeblog.

Yuk simak apa saja tips ngeblog yang diberikan oleh Annisa Steviani :

1. Harus pandai mengatur waktu
Yang dimaksud di sini adalah mengatur waktu anatara menulis dan melaksanakan pekerjan rutin sebagai ibu rumah tangga ataupun ibu bekerja. Ada banyk lho waktu luang yang bsia dimanfaatkan untuk nge-blog, daripada untuk bermain di media sosial. Seperti misalnya ketika malam hari saat anak-anak sudah tidur. Pagi hari sebelum berangkat kerja atau bisa juga saat jeda di kantor maupun di rumah.

2. Selalu sedia buku catatan
Buku catatan ini wajib hukumnya ada di tas. Tentunya sama pulpennya ya. Buku ini berguna untuk mencatat ide-ide yang datang, karena kita tidak pernah tahu kapan ide itu datang. Buku kecil ini bisa dijadikan sebagai bank ide untuk dikembangkan menjadi postingan di blog.

3. Menentukan tema blog
Nah kalau yang ini tips supaya blog kita dilirik oleh klien dan mendapatkan job. Ini karena para klien lebih suka blog dengan tema tertentu. Tema blog misalnya : kecantikan, fashion, kuliner, life style, parenting, kuliner dll. Tema blog ini juga bisa membranding si pemilik blog itu sendiri lho.

4. Buat Ciri Khas Blogmu 
Dengan ciri khas atau keunikan ini maka blog kita akan lebih mudah diingat oleh siapun. Jadi gali apa keunikan kita supaya kita bisa menampilkan keunikan itu pada blog yang kita miliki. Buatlah konten yang bermanfaat karena pembaca yang sesungguhnya adalah mereka yang mencari di mesin pencari, jadi bukan sesama blogger.

5. Rajin Share Di Sosial Media
Untuk mendapatkan kunjungan pembaca yang banyak, maka kita bisa membagikan link tulisan di Face book, Twitter, Instagram dll. Untuk share ini ada sistem yang berbayar yang bisa menshare lebih dari 50 sosial media sekaligus. Tapi kalau tidak mau memakai share yang berbayar ini kita bisa kok menggunakan share manual.

6. Maksimalkan Search Engine Optimation (SEO)
SEO berguna supaya blog kita muncul di halaman awal mesin pencari. Jadi seorang blogger juga perlu belajar tentang SEo. Contoh SEO yang sederhana adalah dengan blogwalking (mengunjungi blog dan meninggalkan komentar di sana).

7. Aktif di Komunitas Blogger
Di komunitas blogger kita bisa mendapatkan ilmu nge-blog. Di komunitas itu juga kita bisa menemukan blog yang bisa kita kunjungi untuk blogwalking. Info acara blogger dan job review seringkali juga ada di komunitas blogger.

8. Jalin hubungan baik dengan Klien
Kalau hubungan kita dengan klien baik, maka kita akan mendapatkan job untuk blog terus menerus.


Dalam kesempatan ini Annisa Steviani juga memberitahukan darimana saja sih sumber penghasilan blogger itu?

1. Placement Article
Biasanya agency akan memberikan artikel yang harus kita posting di blog.

2. Paid review
Ini adalah review berbayar. Jadi klien akan meminta kita mencoba suatu produk dan kita harus menuliskan pengalaman memakai produk tersebut di blog.

3. Lomba Blog
Kita bisa mendapatkan uang atau hadiah ketika memenangkan lomba. Salah satu lomba blog adalah #NgopiNova Blog Competition ini.

Sesi kedua diisi oleh mas Romy Palar, photo editor tabloid Nova. Kali ini mas Romy mengangkat judul yang menarik yaitu  "Maksimumkan Blog Kamu Dengan Foto Yang Cantik". Karena keterbatasan waktu, maka mas Romy hanya membahas 3 tema foto yaitu :
  1. Food & Produk
  2. Fashion & Beauty
  3. Travel & Photography

Jadi kalau menurut mas Rommy, memotret Food & Produk itu harus memperhatikan hal-hal seperti ini :

1. Komposisi
Dengan memperhatikan komposisi yang tepat maka kita bisa menghasilkan foto yang bagus.

2. Angle Jangan terpaku pada satu angle.
Jadi kita bisa mengambil foto dri arah samping, depan, belakang maupun atas.

3. Pencahayaan /Lighting
Yang bagus sebenarnya menggunakan cahaya natural. Dan yang perlu diperhatikan adalah kalau memakai smartphone jangan menggunakan flash.

4. Garnish/Properti
Dengan penambahan garnish atau hiasan pada piring makanan ataupun menambahkan properti akan membuat foto lebih menarik.

Kalau untuk memotret Fashion, Mas Romy memberi tips seperti ini :

1. Komposisi &Angle
Usahakan memotret dengan posisi model sejajar dengan fotografer. Perhatikan komposisi warna Cari angle terbaik dari model, kalau perlu tanya sama modelnya, dari arah mana dia difoto bisa menghasilkan gambar yang bagus.

2. Pencahayaan / Lighting
Sebaiknya gunakan cahaya natural yang berasal dari cahaya matahari

3. Lokasi
 Cari lokasi yang sesuai dengan tema.


Bagi yang suka traveling dan menuliskan catatan perjalanan di Blog, maka mas Romy memberikan tips seperti ini :

1.Niat /tekad
Sebelum melakukan perjalanan maka kita harus memiliki tekad untuk menghasilkan foto yang bagus.

2. Perkaya wawasan
Ini bisa dilakukan dengan googling dan mencri informasi tempat yang akan dituju. Atau ketika sudah sampai di lokasi maka kita bisa bertanya pada penduduk setempat.

3. Peralatan
Gunakan peralatan fotografi yang tepat dan praktis

4. Maksimalkan Waktu traveling
Tentunya gunakan waktu selama traveling untuk mendapatkan foto-foto bagus sebanyak mungkin.

5. Objek Foto
Cari objek foto yang menarik /landmark. Perlu diingat bahwa yang namanya travel fotografi tidak hanya soal pemandangan, jadi kita bisa memotret binatang atau pun bunga misalnya.

Setelah memberi penjelasan, mas Romy Palar memberi kesempatan bagi para peserta untuk maju dan memotret makanan yang telah disediakan. Mas Romy juga memberi komentar pada foto yang dihasilkan peserta. Seru ya, bisa belajar fotografi langsung dari ahlinya.


Acara selanjutnya yaitu bagi-bagi hadiah. Ada kuis seru yang dibawakan oleh MC. Hadiah juga diberikan pada pemenang live tweet. Selain itu ada juga doorprice yang diundi dari kartu nama yang dikumpulkan.


Sebelum pulang kami makan dulu. Pulangnya ada 2 goodie bag yang diberikan pada semua peserta. Selain tu ada juga lho kartu member Klub Nova yang diberikan gratis. Dengan sentuhan dress code touch of floral kali ini acara Ngopi bareng Novamenjadi seru dan menyenangkan. Ada banyak ilmu dan banyak hadiah. Selamat ulang tahun yang ke-28 Nova semoga tetap menjadi Inspirasi Wanita Indonesia.
Keseruan acara Ngopi Bareng Nova ini bisa juga dilihat di video berikut ini :