Belum banyak yang tahu tentang apa itu TPP, termasuk saya sebenarnya. Jadi ketika hadir disebuah acara diskusi yang membahas tentang TPP maka saya agak lama untuk bisa nyambung dengan apa yang akan dibahas. Ditambah lagi dengan kehadiran saya yang sedikit terlambat. Untuklah ada sedikit panduan yang bisa saya baca dan sedikit membantu saya untuk tahu tentang apa itu TPP.

Jadi yang namanya TPP itu adalah suatu blok perdagangan terbesar di Asia Pasific yang mendorong kerjasama perdagangan bebas dan liberalisasi di berbagai sektor ekonom. TPP ini mewakili 40% kekuatan ekonomi dunia. Komandan TPP ini adalah Amerika Serikat. Pada tanggal 5 Oktober 2015 berhasil menyatukan 12 negara lainnya yang dilanjutkan dengan ditandatanganinya perjanjian TPP pada tanggal 4 Februari 2016. Keduabelas negara tersebut adalah :

  1. Australia
  2. Brunei Darussalam
  3. Chile
  4. Japan
  5. Malaysia
  6. Mexico
  7. New Zealand
  8. Peru
  9. Singapre
  10. USA 
  11. Korea Selatan 
  12. Vietnam 
TPP ini dibuat untuk mendongkrak perekomian negaranya melalui penghapusan berbagai bentuk hambatan perdagangan dan investasi AS di negara mitra TPP. Selain itu juga untuk menghambat dominasi China di Asia Pasifik. Ini karena China sangat diuntungkan dengan perdagangan bebas.

Ada 10 alasan mengapa Indonesia harus menolak TPP ini, yaitu :

  1. HIlangnya kontrol negara atau sektor publik
  2. Dominasi perusahaan asing dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah 
  3. Memandulkan BUMN bagi kepentingan nasional. 
  4. Hilangnya akses terhadap obat-obatan murah 
  5. Terancamnya kedaulatan pangan dan kedaulatan petani 
  6. Buruh terus tertindas
  7. UKM tergilas
  8. Defisit perdagangan 
  9. Impor undangan-undnag Amerika 
  10. Indonesia digugat korporasi asing senilai trilyunan rupiah.