Yang namanya tinggal di kota besar seperti Jakarta itu paling mals kalau disuruh nyetir mobil sendiri. Pertama jelas karena macet. Kedua karena jalan alternatif di Jakarta kebanyakan sempit. Belum lagi harus berbarengan sama angkot si penguasa jalan. Kalau salah-salah dikit mobil kita yang diserempet dan galakan si sopir angkotnya. Modus supaya gak disuruh ganti.

Belum lagi kalau dijalanan sempit gitu ya, ada got di kiri dan kanan jalan. Suka ngri kalau salah perkiraan ban sebelah pinggir bisa masuk ke dalam got. Terus kalau terjebak macet, mau putar balik juga perlu kecerdasan tingkat tinggi. Salah perkiraan, bisa berkli-kali tuh ambil posisi cuma buat muter aja. Kalau sudah begini , pasti berisik banget itu mobil disekitar  membunyikan klakson.


Jadi sebnernya mobil yang cocok untuk orang-orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta yang penuh dengan kemacetan ini adalah mobil yang kecil. JAdi bisa luwes muter balik jika diperlukan, bisa masuk jalan-jalan sempit tanpa was-was, dan seringkali nih bisa nyelip tak kalah dengan sepeda motor disaat macet.

Nah mulai bulan April ini, Suzuki mengeluarkan mobil terbarunya yang diberi namaSuzuki  IGNIS. Ini merupakan urban SUV pertama di Indonesia. KAlau biasanya kita melihat SUV masih berukuran besar kan? Nah sekarang kita bisa mendapatkan SUV berukuran kecil pada Suzuki IGNIS. .


Walaupun mobil ini kecil tapi punya bagasi yang luas. Bisa muat 8 galon Aqua. Jadi cocok ya but ibu-ibu untuk belanja ke hipermarket. Mobil ini memiliki ban profil 175/R15 jadi selain bisa tampil gaya juga nyaman pas lewat jalan rusak atau tidak rata sekalipun.

Body Suzuki IGNIS ini sangat ringan dengan dimensi sepanjang 3.700 mm. Saat melaju dengan kecepatan konstan maka efisiensi bahan bakar akan lebih baik karena desain aerodinamika Suzuki IGNIS ini. Untuk kondisi normal, bahan bakar yang diperlukan untuk 23 km adalah 1 liter. Irit banget kan.


Walaupun bodynya kecil, tapi Suzuki IGNIS memiliki intake yang tinggi yaitu sekitar 70 cm sehingga aman melewati banjir dengan ketinggian hingga maksimal 70 cm. Buat yang suka menyetir secara manual, jangan khawatir. Karena mobil Suzuki IGNIS ini diproduksi dalam dua plihan yaitu manual dan matic. Khusus yang matic ini bisa juga kok dijadikan manual.

Soal harga juga terjangkau. Ada tiga tipe yaitu GL MT dengan harga Rp 139.500.000. UNtuk tipe GX MT bisa diperoleh dnegan harga Rp 159.500.000. Keduanya alalah manual. Sedangkan untuk matic yaitu tipe GX AGS dibandrol dengan harga Rp 169.500.000


Untuk keselamatan penumpang, ada dua air bag di bagian depan. Sistem pengereman juga sudah menggunakan Anti-Lock Braking System dan Electronic Brokeforce Distribution (ABS dan EBD) serta Broke Assist (BA). Sehingga gak perlu khawatir saat terjadi pengereman mendadak.

Selain cocok buat ibu-ibu , Suzuzki IGNIS ini juga cocok digunakan bagi anak muda karena sangat mendukung gaya. Suzuki IGNIS tersedia dalam 6 pilihan warna untuk type GL yaitu

  1. Silky Silver
  2. Arctic White Pearl
  3. Midnigt Black Pearl
  4. Uptown Red Pearl 
  5. Tinsel Blue Pearl 
  6. Glistering Grey Metalic. 
Sedangkan untuk type GX ada 7 warna yaitu : 
  1. Silky Silver
  2. Midnight Black Pearl
  3. Artic White Pearl
  4. Glistering Grey Metalic
  5. Dual Tone Uptown Red Pearl & Midnight Black Pearl
  6. Dual Tone Tinsel Blue Pearl & MIdnight Black Pearl 
  7. Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Artic White Pearl.