Bulan Ramadhan atau bulan puasa  segera  tiba.  Sehari atau dua hari menjelang  puasa biasanya  pasar akan penuh sesak. Hampir seperti  menjelang  lebaran. Ibu ibu sibuk menyetok bahan masakan sebanyak  banyaknya  di kulkas. 

Demi apa coba semua  ini dilakukan? Yang pasti adalah demi gak mau repot harus ke pasar setiap hari dan repot menyiapkan buka puasa apalagi makan sahur. Padahal bisa jadi makanan yang disajikan tersebut belum tentu sehat.

Ramadhan Praktis 



Puasa bisa dibilang adalah saat di mana tubuh mengeluarkan semua racun-racun, selain mengistirahatkan organ -organ pencernaan dari kerja beratnya selama 11 bulan, Jadi penting kiranya kita tahu dan memahami kebutuhan gizi tubuh yang bisa membantu menerapkan gaya hidup sehat, terutama di saat puasa.

Dalam rangka menyambut Ramadhan kali ini , Philips Indonesia menyelenggarakan Talk Show dengan tema Ramadhan Praktis bersama Philips. Kali ini menghadirkan narasumber Rita Ramayulis DCN, M.Kes yang merupakan seorang Nutritionis. Beliau telah menulis buku-buku tentang gizi dan diet untuk berbagai penyakit juga mengatur pola makan yang sehat.


Jadi kalau mau menjalani puasa dengan praktis, gaya hidup sehat juga harus dilakukan. Penting kiranya menjaga kesehatan mulai dari rumah. Kebutuhan energi saat puasa menjadi lebih sedikit, ini karena efek puasa yang secara otomatis membuat tubuh melakukan penghematan energi. Tubuh akan beradaptasi ketika penggunaan energi menurun.

Karena perubahan inilah maka konsumsi makanan juga perlu diatur agar makanan tetap seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah, air serta serat. Hindari makanan dengan kalori tinggi yang bisa menyebabkan dehidrasi karena akan mengganggu proses metabolisme tubuh untuk detoksifikasi.

Masak Praktis Bulan Ramadhan 


Bola-bola Ayam Sayur 



Menu yang satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif lauk yang sehat disaat sahur. Di dalamnya ada sayuran dan juga protein hewani. Cara membuatnya mudah dengan menggunakan Philips airfriyer sehingga tidak memerlukan minyak dan sangat cocok untuk yang ingin diet. Selain sebagai lauk, bola-bola ayam ini juga enak dinikmati sebagai camilan sehat tanpa nasi disaat buka puasa.

Bahan :

  • 150 gram dada ayam di cincang
  • 3 buah wortel dipotong dadu, rebus setengah matang
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Daun bawang cincang secukupnya
  • 100 gram tepung terigu 
  • 1 butir telur ayam 
  • 150 gram tepung roti 
Cara membuat 
  1. Ambil wadah, Campur menjadi satu daging ayam cincang, potongan wortel, gula, garam dan merica bubuk Aduk hingga rata. 
  2. Ambil sedikit adonan dan buat bulatan kecil menyerupai boa. 
  3. Gulingkan bola-bola ayam pada tepung terigu kering.
  4. Masukkan bola-bola ayam pada telur kocok
  5. Gulingkan pada tepung panir dan baluri hingga semua permukaan bola-bola ayam tertutup oleh tepung panir. 
  6. Goreng bola-bola ayam dengan menggunakan Philips airfriyer. (lama memasak kurang lebih 15 menit dengan suhu 200 derajat celcius. Pembalikan diperlukan pada saat memasak agar matang merata). 
  7. Angkat dan sajikan. 


Juice Wornas Madu

Ini adalah resep ala-ala diriku dengan menggunakan juicer philips, tapi rasanya enak kok. Bisa berguna sebagai penambah energi dan enak dinikmati saat berbuka puasa.


Bahan : 

  • 1 buah wortel 
  • 1 potong nanas yang sudah dikupas  
  • 1 sendok teh madu 
Cara membuat 
  1. Kupas wortel dan cuci hingga bersih. 
  2. Masukkan wortel dan nanas ke dalam juicer
  3. Tuangkan air sari wortel dan nanas ke dalam gelas
  4. Tambahkan madu, aduk hingga rata
  5. Sajikan. 


Peralatan Dapur Philips



Blender Philips ini cocok untuk menghaluskan aneka bumbu juga membuat aneka minuman seperti smoothies.  Kalau mau bikin cerah soup bisa juga loh pakai blender Philips ini.  Ada beberapa  tombol pengatur  kecepatan. 

Jangan khawatir soal daya listrik,  karena Blender Philips ini hanya memerlukan  listrik sebesar 600 watt saja.  Ada garansi selama 2 tahun dan yang penting sangat mudah dibersihkan. 



Dengan Philips Airfryer ini kita bisa menggoreng tanpa minyak. Jadi menggorengnya pakai apa dong? Pakai udara. Unik kan. Bukan unik sebenarnya  tapi teknologinya sudah sangat maju.  

Walaupun  tanpa minyak,  tapi gorengan yang dihasilkan tetap rendah dibuat dan lembut  di dalam. Dengan teknologi ini maka kita bisa membuang lemak  hingga 80%. Istimewanya lagi alat ini gak cuma bisa untuk menggoreng tapi juga bisa untuk memanggang, membakar bahkan mengoven roti.

Dengan kapasitas isi 0,8 kg alat ini sangat mudah dibersihkan. Jadi kita bisa membuat ikan bakar, ayam panggang bahkan pie dengan alat ini. Praktis banget kan. Nah buat penggemar kentang goreng bisa menggoreng dan makan sepuasnya tanpa takut gemuk. 


Sebenarnya aku suka minum juice. Tapi yang namanya juicer itu biasanya banyak banget komponennya. Nah ini yang bikin males nyucinya. Coba bayangkan timbang mau minum jus segelas aja segala pake acara nyuci ribet.

Nah kemaren itu waktu lihat Philips Juicer langsung jatuh cinta. Bukan karena cara ngejusnya gampang, tapi nyucinya juga gampang. Cukup masukkan air terus tekan tombolnya dan juicer sudah beraih sendiri. Listriknya tapi lumayan tinggi yaitu 1.400 watt.

Ramadhan Sehat dan Praktis Bersama Philips



Kalau ada Philips menyiapkan menu buka puasa maupun sahur jadi sangat mudah. Tapi  yang  penting  untuk  diingat agar sehat  dalam  menjalani  puasa   Ramadhan kali ini adalah  : 

1. Untuk  memenuhi zat gizi yang  belum ada saat berbuka puasa, ada baiknya  kita mengkonsumsi  makanan  selingan  sebelum tidur. Makanan selingan  yang  baik diantaranya buah-buahan maupun anak yang  banyak  mengandung  protein. 
2. Hindari makanan  manis saat  berbuka dan sahur apalagi yang  mengandung  gula putih. 
3.Pada saat berbuka  hindari  makan  makanan yang  digoreng. Makanan yang  banyak  mengandung  protein sebaiknya  dilukis atau direbus. 
4. Hindari  makanan yang  mengandung  gas pada saat berbuka maupun sahur,  seperti  misalnya nangka,  kol,  duren juga  minunan berkarbonasi.  
5. Hindari  makanan yang merangsang asam lambung seperti  makanan pedas maupun  yang mengandung  kafein. 
6. Setelah  berbuka  atau makan  malam perlu zat gizi  lengkap  seperti  makanan  pokok,  lauk pauk,  sayur mayur juga  buah buahan yang  mempunyai  kandungan  air yang  tinggi .  Ini penting  untuk  memenuhi  kebutuhan  energi.  
7. Makan sahur itu penting agar tetap  berenergi dan sehat.
8. Hindari  konsumsi  Lemak tinggi  pada saat  sahur karena  akan  membebani pencernaan.