Urip Iku Urup - Hidup Itu Menghidupkan 


Begitu pepatah Jawa yang selalu di diucapkan oleh eyangku dulu. Kita baru bisa dikatakan hidup jika bisa menghidupkan orang lain. Karena memang pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang dikodratkan untuk hidup berkelompok, bekerjasama saling membantu satu dengan yang lainnya.

Aku pikir dulu memang yang namanya orang Jawa paling suka bikin kalimat berima gini. Kaya misalnya Alon-alon waton kelakon, Ono rego ono rupo, toto titi tentrem dan masih banyak lagi. Tapi memnag kalau dipikir-pikir apalagi setelah aku dewasa gini, yang namanya pepatah Jawa itu banyak benarnya. Bahkan aku bilang benarnya adalah 99%.

Bekerja bukan hanya soal bagaimana mendapatkan uang untuk membeli segala materi bagi kehidupan ini. Namun bekerja adalah untuk memberi manfaat bagi banyak orang. Jika manfaat yang kita cari maka Insya Allah rejeki akan datang sendiri. Untuk bisa bermanfaat bagi orang lain maka yang terpenting adalah kita harus sehat.

Vitamin dan Mineral Yang Bagus Untuk Mempercepat Masa Penyembuhan 


Hidup memang tidak hanya dihabiskan untuk bekerja. Tapi memang segala usaha harus dijalankan dengan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi bagaimanapun juga tubuh kita adalah tubuh manusia, bukan robot yang bisa seenaknya terus menerus digunakan dan kalau sudah rusak akhirnya dibuang.

Tubuh manusia ada banyak sekali komponennya. Ini adalah buah karya Allah yang Maha Kuasa. Dia ciptakan manusia sebagai makhluk yang istimewa. Setiap organ tubuh akan bekerja bersama untuk kehidupan manusia. Namun sayangnya manusia seringkali lupa bahwa tubuh ini perlu istirahat.

Sudah sejak 2010 sebenarnya aku memutuskan untuk bekerja di rumah dan menjadi full time Children Book author. Selain karena aku sudah bosan dengan kemacetan Jakarta, rasanya tubuh ini juga sudah mulai lelah. Hingga akhirnya akupun tidak hanya menulis buku anak untuk diterbitkan dan dijual secara reguler di toko buku tapi juga menulis untuk buku proyek pemerintah.

Selain menulis aku juga mengajar. Dua aktifitas ini merupakan jalanku untuk bisa bermanfaat bagi banyak orang.Hingga akhirnya sekitar 4 tahun yang lalu aku pernah kelelahan. Ada banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan dengan imbalan materi yang tidak sedikit tentunya. 

Akupun  jatuh sakit. Tubuh panas dan berganti menjadi dingin bahkan menggigil dengan cepat. Hingga akhirnya dokter memberitahukan kalau ini adalah gejala typhus. Maka akupun diwajibkan istirahat total selama satu bulan penuh.

Makan saat itu rasanya tidak enak. Pencernaan juga tidak berjalan dengan normal. Jadi asupan makanan yang bisa aku konsumsi juga terbatas. Yang paling sering adalah bubur. Sangat tidak enak. Padahal di saat sakit seperti ini seharusnya aku mendapat asupan makanan bergizi yang cukup memberi banyak energi agar bisa segera pulih.

Penyakitku memang belum parah saat itu. Baru sebatas gejala Typus. Jadi yang aku perlukan hanyalah makan banyak dan istirahat banyak. Ada juga hikmahnya, aku jadi bisa bersyukur atas kesehatan yang selama ini sudah diberikan kepadaku. Aku juga bersyukur dipaksa untuk mengistirahatkan tubuhku dan pikiranku. Sehingga aku bisa melakukan hibernasi pikiran juga perasaan.


Dari sakit yang aku derita akhirnya aku banyak tahu bahwa untuk mempercepat penyembuhan, maka ada banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya :

1. Magnesium
Ini adalah mineral yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena berperan dalam proses mineralisasi tulang.Kekurangan magnesium dalam tubuh bisa mengakibatkan nyeri, kram otot, mudah lelah, migrain, kejang, jantung berdebar, kurang nafsu makan, anoreksia, tremor bahkan kekurangan berat badan. Kalsium bisa didapat dari sayuran hijau, kacang-kacangan, buncis, ikan juga rempah.

2. Zinc.
Mineral ini berguna dalam proses penyembuhan luka juga membantu regulasi sel tubuh maupun sel saraf. Jika kekurangan zinc bisa berakibat gangguan pertumbuhan hingga ganguan seksual serta kematangan tulang. Bisa juga mengakibatkan lesi pada kulit, diare, kebotakan, gangguan nafsu makan. Kekurangan zinc juga bisa menyebabkan potensi terkena infeksi meningkat. Ini karena sistem kekebalan tubuh terganggu. Zinc bisa ditemukan pada sereal dan daging merah.

3. Vitamin A (Retinol)
Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak dan bisa disimpan di dalam organ hati dalam jangka waktu yang panjang. Berfungsi untuk menjaga sistem penglihatan, pertumbuhan dan perkembangan sel serta organ tubuh juga untuk memelihara sistem reproduksi dan menjaga daya tahan tubuh. Vitamin A bisa kita peroleh dari sayuran berwarna hijau, kuning, buah mangga, pepaya, susu , daging, minyak hati ikan, kuning telur juga turunan susu seperti keju dan yogurt. Kekuranagn Vitamin A bisa mengakibatkan kerusakan hati, sakit sendi, kebotakan bahkan ketidak harmonisan tulang.

4. Vitamin B
Ada beberapa jenis vitamin B yaitu : Vitamin B1 (Thiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacinamide), Vitamin B5 (Pantothenate) , Vitamin B6 (Pyridoxine)  dan Vitamin B12 (cyanocobalamin).

5. Vitamin C
Berguna untuk penyerapan zat besi, sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas juga meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber utama vitamin C adalah dari beberapa jenis buah-buahan seperti jeruk, kiwi, strawberry dll.

6. Vitamin D
Terdapat dalam minyak ikan, ikan berlemak juga beberapa jenis jamur konsumsi, keju serta hati sapi. Sangat berguna untuk mengembalikan kadar kalsium dan fosfat dalam tubuh.

7. Vitamin E
Bisa dijumpai pada minyak biji gandum, kedelai, selada, kacang-kacangan, pisang dll. sangat penting sebagai anti oksidan

8. Zat Besi
Ini yang berperan membawa oksigen ke seluruh organ tubuh. JAdi kalau kurang zat besi bisa jadi mudah lelah dan stamina menurun. Zat besi bisa kita temukan pada daging merah, sereal, sayuran hijau juga buah kering.

9. Tembaga
Sangat penting untuk menghasilkan pigmen melamin bagi kulit, rambut dan mata. Juga menjaga kesehatan kardiovasukular, tulang, saraf otot juga pembuluh darah. Tembaga juga membantu penyerapan zat besi, dan bersama zat besi pula tembaga membantu sistem pernafasan dan sintesis hemoglobin. Makanan yang banyak mengandung tembaga antara lain tempe, alpukat dan jamur tiram.

10. Mangan
Ini adalah mineral alami dalam tubuh yang jumlahnya kcil. Berguna untuk menjaga kesehatan tulang juga membantu penyerapan vitamin serta fungsi hati. Sumber mangan antara lain bawang putih, anggur, kacang-kacangan, tomat serta kentang.

11. Iodium
Mineral ini sangat penting bagi hormn tiroid. Sumber Iodium diantaranya rumput laut, ikan, susu, tleur , cereal juga sayur-sayuran. Kekuranagn iodium bisa menyebabkan cacat bawaan.

Vitamin Untuk Mengembalikan Daya Tahan Tubuh Setelah Sakit 


Setelah tubuhku sudah tidak panas dan dingin lagi, sebenarnya sudah boleh dibilang sembuh. Hanya saja badan ini rasanya masih tetap saja lemas. Makan saja tidak cukup. Walaupun tidak banyak melakukan aktifitas fisik, tapi memang aku belum boleh capek.

Pernah suatu ketika pada saat masa penyembuhan aku melakukan aktifitas yang sedikit menguras energi seperti membersihkan rumah bahkan sampai mengepel. Tapi ternyata aku sangat cepat lelah. Bahkan tubuhku kmbali panas dan kembali menggigil kedinginan.

Mau tidak mau akupun kembali ke dokter dan diberikan beberapa vitamin. Jadi yang namanya sakit typus itu walaupun baru gejala memang harus benar-benar menjaga fisik dan asupan vitamin juga mineral ke dalam tubuh apalagi setelah sakit dan pada masa penyembuhan.


Daya tahan tubuh kita diperngaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pola tidur, pola makan juga pikiran. Tidur yang dianjurkan adalah antara 7-9 jam. Jika kurang tidur maka produksi T-Cells atau T-lymphocyte yaitu sub tipe dari darah putih, akan menurun. Itu sebabnya jika kurng tidur maka daya tahan tubuh akan lemah dan mudah terserang virus dan bakteri penyebab penyakit. Kurang tidur juga bisa menyebabkan depresi, kurang fokus juga serangan jantung.

Mengkonsumsi suplemen harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Karena kelebihan konsumsi salah satu mineral bisa menyebabkan kekurangan mineral lainnya sehingga bisa mempengaruhi manfaat mineral tersebut dalam tubuh. Seperti misalnya terlalu banyak mmengkonsumsi suplemen yang mengandung Mangan bisa menyebabkan kekurangan zat besi.

Pikiran adalah segalanya bagi tubuh kita. Jadi pikiran yang buruk atau mudah stress akan membuat tubuh kita juga mudah sakit. Pikiran selalu berhubungan dengan perasaan. Jika pikiran kita baik maka perasaan kita juga akan bahagia. Rasa yang bahagia inilah yang akan membuat kita selalu merasa sehat.

Lebih Hidup Dengan Theragran-M



Jadi bagi yang habis menderita sakit dan masih dalam masa pemulihan sebaiknya mengkonsumsi Theragran-M. Cukup minum Theragran -M 1 kaplet sehari sesudah makan atau sesuai dengan anjuran dokter. Beberapa keunggulan Theragran-M antara lain :
  1. Theragran -M sudah diresepkan oleh dokter sejak tahun 1976 jadi hingga sekarang sudah lebih dari 40 tahun. 
  2. Sudah terbukti mampu meningkatkan , mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh juga mempercepat proses penyembuhan. 
  3. Cocok digunakan pada masa penyembuhan berbagai jenis penyakit karena mampu memberikan dukungan pada daya tahan tubuh yang maksimal. 
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.