Dulu awal-awalnya ngeblog itu karena tergoda sama mbak Arin Murtiyarini yang sering banget menang lomba blog. Samai akhirnya aku ikutan lomba blog tapi gak menang-menang. Tapi akhirnya dah seneng pake banget ketika seringkali jadi nominasi lomba blog A lomba blog B. Sampai ada temen yang kasih julukan ke aku " Juara Nominasi"

Saking penasaran akhirnya mulai tuh belajar gimana sih caranya menang lomba blog. Dan akhirnya menanglah beberapa lomba blog. Tapi setelah itu semangat ikutan lomba jadi berkurang. Parahnya bukan cuma semangat ikutan lomba, tapi juga semangat posting di blog. Ini tentu saja  karena kesibukan saya nulis buku , ngajar dan ngider jalan-jalan mengumpulkan tumpukan uang.

Sampai akhirnya akhir-akhir ini kembali tergoda dengan banyaknya info lomba blog. Ditambah lagi blogku yang ada segambreng ini hampir semuanya mirip sarang laba-laba yang banyak sampahnya dan harus sgera dibersihkan dan diisi kembali agar banyak pengunjung yang datang. Nah karena itulah semangat ikutan lomba blog jadi kembali membara.

Jadi dengan ikutan lomba blog ada beberapa kuntungan yang bisa aku dapat sekaligus .

1. Gak perlu bingung nyari tema postingan

Biasanya kalau lomba sudah ditentukan apa temanya. Nah sementara itu salah satu kendala posting di blog adalah bingung mau posting apa hari ini? Nah kalau kita ikutan lomba blog maka kita gak perlu repot-repot nyari judul postingan.

2. Menarik banyak pengunjung Blog

Kalau postingan diikutkan lomba blog maka mau gak mau kita harus share di berbagai media sosial sesuai dengan ketentuan lomba. Nah dengan begini , tentu saja akan menarik banyak pengunjung yang datang. Apalagi kalau lombanya mensyaratkan juga penilaian berdasarkan banyaknya jumlah pengunjung.

3. Meningkatkan kualitas Blog

Nah kalau ikutan lomba blog mau gak mau kita juga harus BW alias Blog Walking alias datang ke beberapa blog untuk sekedar meninggalkan komentar. Biasanya juga kunjungan ini karena penasaran kira-kira saingan kita kaya gimana sih postingannya. Nah BW ini terbukti jadi sarana paling ampuh untuk merampingkan Alexa begitu juga untuk menaikkan Domain Authority (DA) dan biasanya setelah BW akan ada kunjungan balik yang selain meningkatkan jumlah pengunjung juga bisa menaikkan Page Authority (PA).

Selain itu kalau ikutan lomba blog itu biasanya kita akan membuat postingan sebagus mungkin. Jadi postingan ini juga bisa kita jadikan portofolio. Ata siapa tahu ada nih agency atau brand yang lagi keliling-keliling nyari blog dengan tulisan yang bagus, maka siapa tahu blog kita akan dilirik.

4. Blog Kita semakin dikenal oleh Brand

Biasanya ketika mendaftarkan link yang kita ikutseertakan dalam lomba juga akan diminta data kita sebagai blogger. Nah data ini sangat penting karena keberadaan data kita di brand tertentu akan membawa kita pada undangan atau kerjasama berikutnya. Biasanya setelah lomba selesai kita akan diundang oleh brand tersebut secara lagsung untuk menghadiri berbagai acara yang mereka adakan. Atau kalau kita menjadi pemenang, maka ada kemungkinan kita akan mendapatkan job review yang nilainya amat sangat liumayan.

5. Mendapat Hadiah

Ya alau menang lomba blog pastilah kita akan dapat hadiah. Tapi kalaupun tidak toh kita sudah dapat 4 keuntungan dari 5 keuntungan yang ada. Hidup tidak harus 4 sehat 5 sempurna kan.