Walaupun saya sudah beberapa tahun ini menjadi Blogger, tapi masih saja hingga saat ini diberi kesempatan bertemu dengan orang-orang yang kalau mereka tanya , "apa kegiatanmu sekarang?"
"Jadi Blogger".
Terus mereka balik nanya, "Blogger itu apa".

Nah kalau sudah kaya begitu saya agak-agak horor buat jawabnya. Apalagi kalau pertanyaannya ditambah dengan, "kalau jadi blogger itu apa bisa dapat uang?"

Sebenarnya mudah untuk dijawab, tapi yang namanya horor ya tentu saja rada-rada takut dan akhirnya males menjawab jadinya. Tapi memang tidak bisa dipungkiri karena profesi Blogger memang masih dianggap oleh sebagian orang bukanlah sebuah profesi yang bisa menghasilkan banyak uang. Bahkan anggapan itu bisa saja datang dari Blogger itu sendiri.

Kendala Menjadi Blogger 

Tapi yang namanya sebuah pekerjaan, apalagi ini adalah pekerjaan yang berawal dari hobi kemudian jadi profesi, pastilah banyak kendalanya. Baik itu kendala dari luar maupun kendala dari dalam. Beberapa kendala itu diantaranya :
  • Karena kerja di rumah, dan di Indonesia belum terbiasa dengan kondisi seprti ini, maka seringkali Blogger itu dianggap sebagai pengangguran. 
  • Karena waktu kerja yang fleksible seringkali bikin blogger lupa diri dan mengulur-ngulur waktu kerja sampai akhirnya tidak mngerjakan apa-apa.
  • Pendapatan blogger yang tidak stabil. Ini memang harus diimbangi dengan kemampuan manajemen keuangan pribadi yang baik. 
  • Internet di rumah seringkali lelet alias lemot alias pelan banget sehingga bikin sakit hati kalau mau posting apalagi mau upload video.  
  • Karena bekerja di rumah, suka bosen juga, jadi sewaktu-waktu memang perlu waktu untuk refreshing atau jalan-jalan keluar rumah. 

Menjadi Blogger Profesional

So, untuk menjadi blogger yang profesional, apa yang harus dilakukan? 

1. Disiplin waktu 

Sediakan waktu yang jelas setiap hari untuk bekerja. Perlu diingat bahwa waktu yang diperlukan bukan hanya untuk menulis postingan di blog saja, tapi juga mengoptimasi blog juga. Termasuk mengumpulkan bahan tulisan, membuat jadawal posting, blogwalking dan juga membersihkan link-link yang patah. 

2. Meningkatkan Kemampuan Ngeblog

Menjadi blogger yang sukses bukan hanya soal berapa banyak postingan yang ada di blog kita dan juga berapa banyak iklan yang ada di blog atau berapa banyak brand yang meminta blogger untuk mereview produknya. Tapi untuk bisa  mencapai itu semua harus dengan pengetahuan dan kemampuan ngeblog yang baik. 

Kemampuan blogging ini tentu saja diperlukan agar tulisan yang kita buat dibaca oleh banyak orang. Jadi perlu kiranya kita sebagai blogger menyediakan waku khusus untuk meningkatkan kemampuan ngeblog.Caranya bisa dengan membaca postingan tutorial blog dari para blogger senior. Atau bisa juga melihat Youtube dan membaca buku-buku tentang blogging. Lebih bagus lagi kalau kita ikutan kelas ngeblog sehingga selain tambah ilmu juga bisa tambah relasi dan menyambung tali silaturahmi. 

3. Mengasah kemampuan nulis 

Yang dicari oleh pembaca tentu saja adalah postingan yang enak dibaca. Nah tulisan yang enak dibaca ini tentu saja akan dihasilkan oleh blogger yang sudah sering menulis. Ini karena menulis adalah ketrampilan. Semakin sering kita melatih diri menulis, maka hasil tulisan kita akan semakin baik tentunya. 

4. Memperluas Networking

Ini penting banget buat seorang blogger yang ingin sukses. Karena untuk mendapatkan iklan maupun job review di blog, maka Blogger harus dikenal oleh banyak brand maupun agency. Nah agar dikenal maka perlu kiranya blogger memperkenalkan diri. Caranya antara lain : 
  • Membuat kartu nama. Ini penting supaya kita bisa dengan mudah memberikan data kita pada calon klien yang kita temui di manapun itu. Kartu nama ini bisa juga lho membuat kita mendapat hadiah doorprize di saat kita datang ke event blogger.
  • Ikut lomba blog, sehingga data blogger tersimpan di database agency maupun brand penyelenggara
  • Bergabung dengan komunitas blogger. Ada banyak undangan event yang ditujukan pada komunitas Blogger. Jadi kita bisa mendapat kesempatan datang ke salah satu event yang diselenggarakan oleh brand dan menaruh kartu nama kita di sana.

5. Memiliki jaringan internet yang cepat di rumah 

Nah ini penting pakai banget. Karena untuk kepentingan ngeblog kita perlu internet yang cepat. Kalau internet lelet maka yang ada kita akan sering marah-marah. Gambar tidak bisa ter-upload dengan baik, apalagi video pendukung. Aplagi kalau misalnya nih sudah dikejar deadline. Yang ada pekerjaan kita akan dianggap tidak profesional. 

Rumah Yang Mendukung Untuk Bekerja di Rumah 


Yang namanya bekerja di rumah itu artinya menjadikan rumah sebagai kantor. Mungkin akan terasa bosan bagi sebagian orang. Tapi bagi seorang blogger kebosanan itu bisa disiati dengan sekali-kali keluar rumah datang ke event yang diadakan oleh brand. Di sana blogger bisa bersilaturahmi dan bisa juga mendapatkan bahan tulisan. 

Tapi sebagai blogger, sebagian besar aktifitas memang dilakukan di dalam rumah dengan mengandalkan internet. Nah internet ini bukan saja berguna untuk keperluan posting di blog tapi juga berguna untuk interaksi dengan orang lain di luar sana. Oleh karena itu rumah yang ideal bagi seorang blogger untuk bisa sukses adalah :

1. Memiliki akses internet cepat. 

Ini paling penting karena hampir semua aktifitas pekerjaan dilakukan dengan internet seperti upload foto, posting, mengunduh file, belajar jarak jauh dll.

2. Suasana di dalam dan di luar rumah yang nyaman. 

Kalau ada taman di dekat rumah apalagi taman di dalam rumah, ini akan sangat membantu. Berjam-jam mata menghadap layar komputer tentu saja bisa membuat mata lelah. Suasana nyaman dan hijaunya tanaman bisa membuat mata sedikit relaks.

Dekat dengan fasilitas pendukung.


Seperti misalnya mini market, kantor pos juga sarana olah raga seperti jogging track, kolam renang dan lain-lain. Ini karena bagi pekerja rumahan sebagian besar waktunya dihabiskan dengan duduk di depan laptop, jadi menggerakkan badan sangat penting.

Tamansari Cyberhome - Rumah ideal untuk Bekerja di Rumah



Di masa depan, akan semakin banyak orang yang lebih suka bekerja di rumah. Ada beberapa alasan kenapa orang lebih suka bekerja di rumah, diantaranya :
  • Menghindari kemacetan yang menjemukan
  • Waktu kerja fleksible, bisa dilakukan kapan saja yang penting target pekerjaan tercapai. 
  • Lebih banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk keluarga. (bermacet ria di jalan bisa saja mnghabiskan waktu sekitar 2-4 jam per hari)
  • Lebih dekat dengan keluarga. (Apalagi bagi para pekerja wanita)

Oleh karena itu rumah yang ideal haruslah dilengkapi dengan akses internet yang cepat. Cyberhome merupakan salah satu konsep perumahan yang menyediakan berbagai fasilitas penunjang bagi para pekerja rumahan. Berbagai fasilitas yang disediakan diantaranya : 

1. Akss Internet cepat. 

Kecepatan internet bisa mencapai 100 Mbps, dengan kecepatan merata , baik itu untuk upload maupun download. Dengan akses internet seperti ini, bukan saja bisa mendukung pekerjaan, tapi juga bisa digunakan oleh anggota keluarga lain di rumah seperti main game, homschooling, belanja online, mengunggah dan menonton video  dll. 

Kelebihannya lagi, akses internet yang disediakan di TAmnasari ini menggunakan tektologi fiber optic atau serat optik. Jadi data yang ditrasnmisikan melalui fiberoptic ini akan lebih stabil dibanding dengan transmisi melalui kabel biasa. Kelebihannya lagi, jika menggunakan fiber optic ini kita tidak perlu khawatir menggunakan jaringan internet pada saat hujan petir karena tetap aman. Sementara jika menggunakan kabel biasa, maka kita harus sgera mematikannya, karna sangat berbahaya. Sebagai penyedia jasa mega fiber optic ini, Tamansari Cyber bekerjasama dengan Powertel. 

2. Bangunan berkualitas dan elegan

Pembangunan perumahan Tamansari Cyber ini dilakukan oleh developer terkemuka yaitu PT Wika Realty. Jadi bangunanya sudah bisa dipastikan bermutu baik. Sehingga cocok untuk dihuni oleh berbagai kalangan maupun profsional. Baik itu guru, arsitek, pelaku industri kreatif, penulis maupun blogger dan profesi lainnya. 



3. Lingkungan yang tertata rapi dengan penghijauan yang asri.

Tamansari Cyber ini berada di kaki Gunung Salak. Jadi pemandangannya masih asri juga udaranya yang sejuk sehingga bisa membuat semangat kerja terus terjaga. Apalagi di sini tersedia kawasan hijau sebesar 60% dari total area.  Jika bosan di rumah, bisa dengan mudah berekreasi ke Jungle Waterpark , Jungle Fest maupun tempat wisata lainnya yang banyak tersedia di sekitar perumahan.  


4. Tersedia berbagai fasilitas umum. 

Di sini juga tersedia mini market, jogging track, jalur sepeda. 



Kalau mau tahu lebih banyak bisa datang langsung ke kantor pemasaran yang ada di :
Orchard Walk B8
JL. Raya Bogor
Nirwana Residence Kota Bogor

Atau bisa menghubungi :
Telp & Fax : 0251- 8200-356
Email : hello@tamansaricyber.com