Pernah dengar pepatah yang bunyinya gini : sedikit - sedikit lama lama menjadi bukit?

Jadi pepatah ini artinya adalah kalau kita mengumpulkan sesuatu yang dari sedikit akan bisa menjadi banyak. Saking banyaknya bisa dibilang sebagai bukit. Begitu juga dengan uang. Kalau uang yang kecil itu kita kumpulkan, maka lama-lama akan menjadi banyak.

Jadi jangan sepelekan yang namanya uang receh. Kalau dulu aku memang sering beli celengan ayam, atau celengan semar. Kalau punya uang recehan dimasukin ke dalam celengan. Nanti kalau sudah penuh terus celengannya dipecah. Uangnya ditukarkan ke warung. Tapi kalau sekarang, yang namanya uang recehan Rp 100 Rp 200 seringkali gak laku.Bahkan nih ya sopir angkot aja suka marah-marah kalau dikasih uang recehan gitu.



Nah, kesimpulannya uang recehan Rp 100 dan Rp 200 ribu itu akan awet disimpan di rumah. Biasanya kalau habis belanja di Supermarket sering tuh dapat kembalian recehan Rp 100 dan Rp 200. Akhirnya cuma dimasukkan ke toples. Gilirannya sudah banyak mau nukerin buat beli minyak atau sabun cuci rada-rada malu gitu sama kasirnya. Apalagi kalau antriannya ada banyak.

Nah sejak buka rekening di tabungan SOBATKU, uang recehan yang sudah lama menghuni toples itu jadi bisa bermanfaat. Sebelumnya aku kumpulkan dulu dong per 10 keping, jadi biar yang ngitung enak. Ceritanya, kemaren itu pas lagi mau bayar air di Alfamidi, iseng-iseng aku bawa itu sekumpulan uang recehan Rp 100 dan Rp 200 yang sudah aku kemas per 10 keping.

Ketika sampai di Alfamidi aku tanya ke mas kasir, bisa gak nabung SOBATKU di sini? Awalnya si mas itu agak bingung karena mungkin aku baru yang pertama kali ya nabung pake tabungan online SOBATKU di sana. Sampai akhirnya aku tunjukkan aplikasi SOBATKU yang ada di HP ku. Dan akhirnya si mas kasir itu ngecek di komputernya dan menemukan layanan nabung di SOBATKU.


Pas dibilang bisa, aku langsung nanya lagi, "kalau nabungnya pakai recehan ini bisa gak?"
Terus si mas kasir mengiyakan sambil senyum.  Jadilah aku transaksi dulu nabung recehan sebesar Rp 66.200. Urusan bayar air belakangan.

Tabungan Online Sobatku Mudah Di Download 


Jadi ceritanya itu aku baru saja buka rekening tabungan online. Namanya SOBATKU. Ini adalah layanan simpanan online berbasis aplikasi yang diterbitkan oleh Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati atau yang lebih dikenal dengan merk dagang  Sahabat UKM. Jadi kalau mau nabung sekarang gak perlu lagi datang ke bank dan ngantri. Sekarang dengan tabungan online SOBATKU kita tinggal download aplikasinya di google playstore.


Kalau sudah download, maka langkah selanjutnya adalah mendaftar dengan menggunakan nomer HP yang nantinya ini akan menjadi nomer rekening kita. Nah enak banget kan, jadi  kita gak perlu mengingat banyak-banyak nomer.



Bisa Nabung dan Tarik Uang Tunai di Alfamart/Alfamidi


Sekarang kembali lagi ke cerita aku datang ke Alfamidi dekat rumah ya. Niat awal kan mau bayar tagihan air nih, tapi akhirnya gak jadi. Aku inget kalau SOBATKU kan bisa buat bayar air juga dan gratis biaya administrasinya. Lumayan kan Rp 2.500, biar kelihatannya sedikit tapi kalau dikumpulkan bisa jadi bukit juga. Coba kalau Rp 2.500 itu dikali setahun, jadinya Rp 30.000.



Nah akhirnya uang yang akan aku bayarkan tagihan air itu jadinya aku tabungan aja. Nabungnya di Alfamidi itu juga tentunya. Pas sampai rumah baru deh buka aplikasi SOBATKU dan melakukan proses pembayaran air.

Selain bisa untuk pembayaran sekarang, kita juga bisa kok melakukan pembayaran untuk tanggal yang kita jadwalkan. Jadi misalnya nih terakhir bayar air kan tanggal 25 , jadi kita jadwalkan saja untuk pembayaran tanggal 24 atau 25. Penjadwalan ini bisa dilakukan untuk beberapa bulan sekaligus. Misalnya bulan Oktober 2017 s/d Desember 2018. Jadi yang namanya emak-emak repot ini gak akan pernah lagi ada cerita lupa.



Selain untuk nabung, di Alfamidi maupun Alfamart ini bisa juga untuk mengambil uang. Oh ya jumlah minimum nabung itu Rp 50.000 dan maksimal Rp 2 juta dengan frekuensi maksimal sebanyak 10 X. Nah kalau ambil uang bisa berapa saja, dan enaknya lagi kita bisa kok ambil uang sampai saldonya Rp 0.

Bisa Gratis biaya Beli Pulsa 

Ada lagi nih kesempatan membangun bukit di tabungan SOBATKU. Jadi kalau kita beli pulsa, maka akan gratis biaya pembelian. Coba kalau kita beli pulsa di counter HP atau rekening tabungan lainnya, pasti ada biaya tambahan sekitar Rp 1.500 s/d Rp 2.500. Nah dengan begitu biaya tambahan ini bisa dong kita jadikan sebagai tabungan.


 Coba kita hitung ya. Kalau misalnya dalam satu bulan kita beli pulsa sebanyak 2 kali maka kita bisa mneghemat Rp 2.000 X 2 = Rp 4.000 untuk satu handphone. Lha padahal kalau di rumahku itu yang ngisi pulsa banyak. Anakku ada 2 jadi ada 3 handphone yang harus diisi . Kalau misalnya rata-rata ngisi dua kali maka yang bsia ditabung di SOBATKU adalah 3 X Rp 4.000 = Rp 12.000

Tabungan Sobatku Gratis biaya transfer dan tanpa saldo minimal 


Walaupun gak sering-sering banget, tapi kalau biaya transfer sebesar Rp 6.500 dikumpulkan kali berapa kali itu kan jadinya juga lumayan. Biasanya dalam sebulan aku transfer bisa sampai 10 kali. Bisa transfer untuk bayar pembelian toko online, arisan ataupun keperluan lain. Nah ternyata kalau transfer ke rekening bank lain dari rekening SOBATKU hanya dikenakan biaya transfer Rp 4.000 saja. NAh jadinya bisa hemat Rp 2.500 kan. Tapi kalau ke rekening bank Sahabat Sampoerna gratis biaya transfernya.


Enaknya lagi , di SOBATKU gak ada yang namanya saldo minimal. Jadi kalau pun misalnya nih kepepet banget uang mau diambil semua atau ditransfer semua bisa saja kok.

Punya Tabungan SObatku berkesempatan menang Undian Milyaran Rupiah 


Satu lagi nih kesempatan nambah uang segera mendapatkan bukit uang. Jadi setiap kali kita nabung dan buka rekening itu akan mendapatkan poin. Poin ini diundi setiap bulan dengan Grand Prize 100 juta setiap 3 bulan. Semakin banyak saldo rata-rata kamu, maka akan semakin banyak poin yang akan kamu dapat dan semakin besar pula kesempatan menangnya.


Pokoknya nabung di tabungan Online SOBATKU itu untungnya banyak dan caranya gampang banget. Untuk keterangan lengkapnya buka deh rekening SOBATKU nah di situ kalian akan bisa membaca keterangan lengkap gimana perhitungan poinnya dari setiap saldo rata-rata yang kita dapat juga dari pembukaan rekening maupun upgrade rekening.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. 


#NabungUntungMilyaranRupiah