Ada yang baru lho dari Sasa. Hari ini bertempat di kantor PT Sasa Inti Jalan Letjen Suprapto.Parman Kavling 32-34 Jakarta Barat Sasa meluncurkan produk terbarunya yaitu Sasa Santan Kelapa . Ini adalah produk santan kedua setelah sebelumnya Sasa telah menghadirkan Sasa santan bubuk.


Acara kali ini mengundang ibu-ibu dari komunitas kreasi Sasa dan juga food blogger. Registrasi sudah dimulai sejak pukul 8 pagi. Namun sebelum registrasi dibuka para peserta sudah banyak yang hadir. Ini menandakan antusias peserta yang sangat tinggi.

Bisa jadi karena acara ini memang sangat menarik. Bukan hanya menghadirkan launching produk Sasa Santan Kelapa tapi juga akan ada talk show, cooking demo serta food fotografi contest. Acara keseluruhan akan berlangsung mulai pukul 9.00 s/d 13.00.


Setelah registrasi, peserta mendapatkan kupon yang bisa digunakan untuk foto booth. Jadi sambil menunggu acara dimulai, peserta bisa seru- seruan foto dengan segala atributnya.


Sekitar pukul 9.10 peserta mulai memasuki Auditorium Sasa. Acara dibuka dan dilanjutkan talk show dengan narasumber Bapak Sutjipto, dan Chef Vania Wibisono. Chef Vania sangat senang masak masakan Indonesia. Dan santan identik dengan masakan Indonesia yang bikin masakan makin lezat dan gurih.

Sayangnya masyarakat Indonesia takut dari segi kesehatan karena bisa meningkatkan kolesterol. Padahal kegunaan santan jauh lebih banyak. Bahkan masyarakat Eropa dan Amerika justru lebih suka coconut milk sebagai pengganti susu karena mengandung antioksidan yang lebih tinggi.

Diet keto lebih banyak menggunakan lemak yang baik. Jadi santan bukan menakutkan.
Ciri - ciri santan yang baik adalah segar dan alami. Aromanya tidak tengik melainkan segar khas santan yang baru diperas.

Pak Sutjipto bilang kalau Sasa Santan Kelapa yang baru dilaunching kali ini segar dan khas santan yang baru diperas. Kekentalannya sedang, jadi gak begitu kental tapi gak begitu cair. Jadi sama dengan santan yang biasa kita beli di pasar. Nah jadi kalau kamu menemukan santan kental yang tidak cair itu artinya sudah mengalami proses kimia dan dicampur dengan bahan kimia.

Sasa Santan Kelapa ini jangan khawatir pecah ketika memasak. Nah ini solusi memasak yang mudah. Karena jika santan pecah bisa merusak citarasa makanan. Kalau kekentalan santan pas bisa memudahkan memasak.

Sasa Santan Kelapa diproses dengan teknologi tinggi dan  yang menjamin cita rasa dan aroma sehingga bisa menghasilkan santan asli. Jadi Sasa Santan Kelapa warnanya segar, putih dan tidak berbau tengik. Rasanya gurih dan tidak pecah ketika digunakan.

Sasa Santan Kelapa bisa digunakan untuk masakan panas maupun dingin. Bisa juga untuk topping. Sasa Santan Kelapa setelah diperas, dimasak langsung dikemas sehingga sebelum kemasannya dibuka akan tetap segar.

Penyimpanan Sasa Santan Kelapa sebaiknya dalam suhu kamar. Kentalnya sangat normal karena Sasa Santan Kelapa tidak menggunakan bahan tambahan untuk pengental. Apabila Sasa Santan Kelapa yang dipakai masih tersisa, maka sisanya dapat disimpan di freezer. Perlu diingat saat penyimpanan di freezer bakteri hanya diperlambat untuk mengontaminasi santan. Jadi sebaiknya segera dipakai begitu dibuka.

Sasa Santan Kelapa keluar dalam kemasan 65 ml. Sasa Santan Kelapa kualitasnya masih akan tetap bagus selama belum expired dan kemasannya masih bagus. Dan acara kali ini, dengan mengundang ibu ibu, Sasa membuktikan bahwa selama ini terus menjamin mutu pada produksi. Dengan demikian produk yang dihasilkan kualitasnya juga bagus.


Setelah talk show yang seru acara kemudian dilanjutkan dengan ceremoni speech yang dibawakan langsung oleh bapak Bapak Ronny A. Imbar selaku presiden direktur PT Sasa Inti. Sasa umurnya sudah hampir 45 tahun. Jadi sudah cukup lama untuk produk makanan di Indonesia. Boleh dibilang Sasa adalah produk nomer 1.

Sasa terkenal dengan bumbu masakan, kini Sasa memiliki fasilitas r&b yang kuat dan riset development yang cukup bagus. Maka kini Sasa meluncurkan produk santan dengan harapan juga bisa menjadi nomer 1 seperti produk MSG.

Launching produk Sasa Santan Kelapa kali ini ditandai dengan pembukaan coconut Giant oleh Bapak Ronny A. Imbar, Bapak Sutjipto, dan Chef Vania Wibisono. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan demo masak oleh chef Kong.


Masakan pertama adalah Ikan saus Thai green kari. Biasanya masakan ini untuk sausnya menggunakan creamer  tapi kali ini diganti dengan  Sasa Santan Kelapa. Untuk sausnya sudah dibikin jadi sama chef Kong tinggal ditambah tumisan bawang Bombay. Lalu dimasukkan saus kari.


Selanjutnya masukkan Sasa Santan Kelapa Tambahkan air matang sedikit dan diaduk kemudian tambahkan juga lada bubuk dan garam. Ikan dori fillet dibaluri Sasa Tepung Bumbu  kemudian digoreng hingga matang. Masakan ini disajikan dengan nasi juga rendang daging dan digarnish dengan potongan cabe serta acar yang disajikan di atas nasi.

Menu kedua yang disajikan adalah King Mango. Bikinnya cepet banget. Cuma masukin mangga dan susu di blender kemudian diatasnya diberi topping Sasa Santan Kelapa. Ibu ibu rela ngantri dalam barisan panjang untuk mencicipi menu ini.


Tibalah di sesi food photography dengan Ayu Diah Respatih sebagai narasumber. Beliau memberikan tips tentang food photography. Untuk bisa foto yang bagus harus sabar dan memilih waktu yang tepat. Foto juga ada trade mark atau ciri khas kita sendiri.

Supaya foto bisa bagus yang penting adalah pencahayaan. Bisa natural dengan cahaya matahari bisa juga artificial dengan memanfaatkan lampu LED dengan foto box. Cahaya matahari yang bagus di pinggir jendela atau depan pintu. Sumber cahaya dari samping atau belakang jangan dari depan.

Kenali dulu makanannya. Sudut pandang setiap makanan berbeda. Karena bisa ngambil angle dari sisi mana yang akan ditonjolkan. Bisa 3/4, dari atas atau samping.

Untuk foto sessions diberikan waktu sekitar 30 menit. Peserta akan praktek foto makanan yang sudah disajikan di luar ruangan. Hasil foto ini nantinya akan di upload di Instagram dan dilombakan. Pemenangnya akan mendapat hadiah berupa voucher belanja senilai Rp 500.000.

Acara kemudian ditutup dengan makan siang bersama. Hidangan yang disajikan adalah kreasi dari Chef Kong yang enak banget. Ada Soto Betawi, Rendang Daging, Ikan Dori Saus Thai Kari Juga Salad Buah. Menarik yah? Mau juga ikutan keseruan acara Sasa? Yuk bergabung di Facebook Group Komunitas Kreasi Sasa .  Temukan juga inspirasi resep dan tips jitu lainnya di sosial media Kreasi Sasa @kreasisasa atau kunjungi www.kreasisasa.com

#SasaSantanKelapa  #AslinyaSantan  #KreasiSasa  #BelajarMasak  #MasakanRumah

Yuk lihat keseruan acaranya di sini :