Pages - Menu

Sabtu, 30 Desember 2017

Menetapkan Resolusi Mewujudkan Mimpi

Tips mewujudkan resolusi

Sebenarnya aku bukan termasuk orang yang suka bikin resolusi di akhir tahun. Kenapa? Karena dulu sekali ketika baru lulus kuliah dan lagi semangat-semangatnya kerja, aku sering tuh bikin resolusi. Bukan di akhir tahun tapi hampir setiap akhir bulan. Aku menyebutnya resolusi jangka pendek.

Namun seiring berjalannya waktu, lama kelamaan rutinitas bikin resolusi menjadi pudar. Ini karena kebanyakan resolusi gak tercapai. Kalau pun tercapai itu karena aku kerja keras banget. Jadinya aku malah tersiksa. Seolah dikejar kejar sama yang namanya hantu resolusi.

Apa itu Resolusi ? 


Dalam kamus besar bahasa Indonesia, Kata resolusi merupakan kata benda yang artinya "putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal."

Setiap akhir tahun kata Resolusi kemudian menjadi viral dikaitkan dengan keinginan atau impian yang ingin diwujudkan di tahun mendatang. Resolusi kemudian menjadi sebuah tradisi yang dikaitkan dengan janji pada diri sendiri untuk menjadi manusia yang lebih baik di tahun yang akan datang. .


Sejarah Resolusi 

Ternyata tradisi membuat resolusi ini sudah dimulai sejak jaman dulu. Berikut ini adalah bangsa-bangsa yang tlah membuat resolusi besar untuk mengubah kehidupan mereka.

1. Babilonia Kuno.
Penduduk Babilonia berjanji untuk mengembalikan barang-barang yang telah mereka pinjam juga membayar hutang.

2. Romawi Kuno
Di awal tahun bangsa Romawi terbiasa untuk berjanji kepada Dewa Janus. Hingga akhirnya nama dewa ini diabadikan sebagai nama bulan di awal tahun yaitu Januari.

3. Abad Pertengahan
Untuk menegaskan kembali komitmen sebagai Ksatria, maka para Ksatria itu mengucapkan sumpah merak. Sumpah ini diucapkan setiap tahun di akhir musim Natal.

Kembali Membuat Resolusi


Kalau beberapa tahun terakhir ini aku kembali membuat resolusi, bukan berarti aku mengikuti trend. Tapi memang karena aku sadar benar apa perlunya membuat resolusi. Apalagi sekarang aku bekerja sebagai freelancer yang artinya harus bisa menjadi bos bagi diri sendiri. Kalau tidak pandai-pandai membuat target dan menjalankannya bisa jadi hidupku akan kacau.

Ini beneran lho. Ini terjadi beberapa tahun belakangan ini. Tepatnya saat aku merasa bosan dengan aktivitasku sebagai konsultan pendidikan dan penulis buku anak. Terus akhirnya dengan bekal tabungan yang bisa untuk hidup sekian bulan aku pun terlena dengan banyak aktivitas yang semuanya aku suka.

Datang ke pameran craft dan budaya menjadi salah satu kesukaanku di masa istirahat kerja yang berkepanjangan kemaren

Sebut saja datang ke event blogger, ngajar jahit dan craft, traveling juga kadang masak di rumah. Sangat menyenangkan rasanya karena aku bisa keluar dari rutinitas kerja yang membosankan. Tapi lama kelamaan akhirnya aku sadar ketika tabungan mulai menipis karena pengeluaran lebih besar dari pada pendapatan. Ditambah lagi usia yang sudah tidak lagi muda membuat aku cepat lelah melakukan berbagai kegiatan.

Di saat inilah akhirnya aku mulai tersadar kalau aku perlu menata kembali kehidupanku. Aku mulai mencatat apa saja yang sudah aku lakukan dan apa saja yang sudah aku dapat. Aku mulai mengevaluasi diri dan keadaan dari catatan pencapaian yang sudah aku buat.

Mengajar Jahit baju untuk pemula banget , bikin Outer 

Selain itu aku juga banyak belajar dari video-video tentang peningkatan kualitas kehidupan yang ada di YouTube. Aku juga menghitung berapa tabungan yang masih aku punya dan berapa banyak lagi kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi.

Hingga akhirnya aku pun kembali membuat rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek. Rencana yang masuk akal. Yang sesuai dengan kemampuan fisikku di usia yang sudah memasuki kepala 4.

Tips Membuat Resolusi 


Dari apa yang sudah aku alami dulu ketika membuat resolusi dan kemudian gagal, jadilah sekarang aku punya pengalaman baru dalam membuat resolusi. Berikut ini tips membuat resolusi supaya kita gak dikejar-kejar hantu resolusi dalam mewujudkannya nanti.

1. Catat kembali apa pencapaian tahun sebelumnya
Menghitung kembali apa yang sudah tercapai dan apa yang belum tercapai dari resolusi yang pernah dibuat sebelumnya sangatlah penting. Jika ada resolusi yang belum tercapai maka kita bisa menjadikannnya resolusi untuk tahun depan. selain itu kita juga bisa membuat evaluasi proses pencapaian dari resolusi yang sudah kita buat.

Tahun 2017 ini aku banyak melakukan traveling. Beberapa kali mengajar dan bikin workshop jahit & craft. Selain itu juga menang beberapa lomba blog. Pencapaian terbesar adalah ketika memenangkan lomba blog yang diadakan oleh Dinas pariwisata dan kebudayaan DKI Jakarta.(blog postnya bisa dilihat di sini )

PIagam Penghargaan Lomba Blog Yang diselneggarakan Dinas Pariwisata DKI Jakarta 

Namun ada juga resolusi yang belum bisa terlaksana. Yaitu keliling dunia untuk memperkenalkan dan melestarikan Fuya ( kain kulit kayu) sebagai warisan budaya sekaligus fosil hidup dunia yang hanya ada di Indonesia. Kendalanya ada pada waktu dan biaya.

2. Pikirkan rencana untuk mencapai Resolusi
Jika membuat sebuah tujuan, maka hal yang paling penting adalah rencana bagaimana mewujudkan tujuan tersebut. Karena tanpa rencana sebuah tujuan ibarat berjalan tanpa arah. Tanpa rencana yang baik, bisa saja kita akan berputar-putar dan mmbuang waktu juga tenaga untuk mewujudkan resolusi yang kita buat.

3. Buat Nazar jika resolusi tercapai
Nazar bisa jadi adalah janji pada diri sendiri untuk membri hadiah. Kepada siapa hadiah itu diberikan tergantung pada kita. Bisa saja hadiah itu diberikan pada diri sendiri . Bisa pada orang-orang terdekat ataupun pada Tuhan sebagai ungkapan rasa terima kasih tentunya.

Tips Mewujudkan Resolusi


Setelah membuat rencana, hal terpenting adalah mewujudkannya. Rasanya itu sakit dan kecewa pasti kalau sampai sebagian besar resolusi yang sudah kita buat tidak bisa terwujud.

1. Buat resolusi yang wajar dan masuk akal
Dari catatan pencapaian resolusi sebelumnya, maka kita sudah bisa mengukur seberapa besar kemampuan kita untuk membuat resolusi baru di tahun yang akan datang. Jangan sampai resolusi yang kita buat justru akan mmbebani diri kita sendiri.

2. Tentukan prioritas
Namanya manusia pasti banyak maunya. Ada baiknya kita menentukan prioritas dari semua keinginan yang kita buat. Pilih 3 keinginan yang paling penting dari sekian banyak resolusi yang sudah dibuat. Dngan demikian kita akan bisa lebih fokus dalam mewujudkannya. Bukan berarti keinginan yang lain tidak bisa diwujudkan lho ya. Dan bukan berarti juga kita hanya bisa membuat 3 keinginan.

3. Disiplin
Untuk bisa mewujudkan resolusi, hal yang paling penting adalah disiplin. Jangan pernah menunda untuk memulai. Jangan pula tunggu tahun baru tiba jika resolusi yang sudah dibuat bisa dilakukan saat ini juga.

4. Konsisten
Kembali lagi pada keinginan manusia. Karena manusia banyak maunya, bisa saja di tengah jalan ketika membuat resolusi maka akan banyak godaan yang datang. NAh untuk mengusir segala godaan ini konsisten pada resolusi dan rencana yang sudah kita buat sangat perlu.

5. Fokus
Setelah membuat 3 prioritas utama, maka akan sangat mudah untuk fokus. Namun bisa jadi komposisi fokus kita tidak bisa terbagi rata. Oleh karena itu fokus yang terpenting tentu saja adalah pada prioritas pertama.

6. Instrospeksi diri
Ada kalanya di tengah perjalanan mencapai resolusi kita dihadapkan pada jalan buntu atau hambatan. Jika sudah demikian perlu untuk instrospeksi diri. Kegagagaln dalam mencapai resolusi tahun sebelumnya bisa dijadikan sebagai pelajaran terbaik untuk mewujudkan resolusi di tahun depan.

7. Berpikir positif dan berdoa
Kadang kita menganggap bahwa apa yang kita peroleh adalah hasil dari kerja keras kita. Padahal Kekuatan doa sangat menentukan keberhasilan kita dalam berusaha. Tanpa doa ibaratnya kita berjalan dalam kegelapan tanpa cahaya. Jadi bisa saja menabrak apapun yang ada di sekitar kita dan akhirnya akan membuat kerusakan bukan kemanfaatan.


Resolusiku di Tahun 2018


Ada banyak resolusi yang aku buat untuk tahun 2018. Tapi tentu saja resolusi ini masuk akal dan yang penting sesuai dengan kemampuan. Ada diantaranya yang merupakan resolusi tahun 2017 bahkan 2016 yang belum tercapai.

1. Fokus pada pekerjaan utama.
Sudah cukup sepertinya buatku terlena dengan bersenang-senang di area yang bukan merupakan pekerjaan utama. Kini saatnya aku harus kembali fokus pada pekerjaan utama.

Aku harus membuat kembali jadwal menulis, mengirim lebih banyak lagi proposal baik itu proposal naskah ke penerbit maupun proposal program ke berbagai lembaga. Sesekali aktivitas hiburan ke event blogger bolehlah untuk tetap menjalin silaturahmi dan refreshing.

2. Membuat kursus online
Aku suka berbagi ilmu. Itu sebabnya kemaren aku suka ngajar jahit, hantaran  dan juga craft lainnya. Tapi sebagai konsekuensinya aku fokus pada pekerjaan utama adalah waktu untuk mengajar sangat terbatas. Apalagi kalau disuruh mengajar keluar kota.  Itu sebabnya agar aku bisa berbagi maka aku berencana membuat kursus jahit dan craft online melalui aplikasi.

3. Menerbitkan novel anak
Sudah banyak buku anak yang aku tulis. Sayangnya belum ada satupun dari buku- buku itu yang berbentuk novel. Hampir semuanya adalah kumpulan cerita ataupun buku non fiksi. Jadi tahun 2018 ini aku harus bisa menerbitkan buku anak. Sekarang naskahnya sudah ada di penerbit dan tinggal menunggu proses terbit.

Sebagian dari buku-bukuku yang sudah terbit 

4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kebersamaan bersama keluarga.
Jujur selama beberapa tahun belakangan ini kualitas dan kuantitas bersama keluarga sangat sedikit. Mungkin karena memang anak-anakku sudah besar. Jadi waktu mereka juga banyak dihabiskan untuk kegiatan kampus dan sekolah. Apalagi si bungsu saat ini sudah mau ujian Nasional. Jadi ada pelajaran tambahan.

5. Menambah waktu untuk ibadah
Usiaku sudah tidak muda lagi. Kapan lagi kalau bukan sekarang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah. Apa yang dicari dalam hidup? Yang jelas bukan uang.

Kita tidak pernah tahu kapan waktunya kita meninggalkan raga. Jadi sudah saatnya memperbanyak bekal akhirat.

6. Hidup lebih sehat
Sehat itu mahal. Ungkapan ini memang benar adanya. Jadi menjaga kesehatan jauh lebih baik daripada mengobati. Itu sebabnya sebelum sakit juga harus menjaga kesehatan.

Kalau Sehat bisa jalan-jalan kemana saja 

Menjaga kesehatan juga bisa sebagai rasa syukur. Yaitu dengan memelihara apa yang sudah diciptakan oleh Allah untuk kita berupa tubuh yang sempurna. Untuk mewujudkan hidup lebih sehat maka aku akan memperbaiki pola makan dan lebih disiplin lagi agar bisa rutin olahraga.a

7. Memperbaiki keuangan
Ini penting pakai banget. Jangan sampai nantinya aku besar pengeluaran daripada pendapatan, jadi mulai sekarang harus mulai memperbaiki manajemen keuangan. Menentukan prioritas belanja perlu dimulai agar bisa memperbanyak tabungan.


Theragran-M Membantu Mewujudkan Impian.


Sayangnya aku gak boleh cepat capek. Karena dulu pernah mengalami sakit typus selama dua kali. Jadi sekarang kalau  kerja juga gak boleh terlalu dipaksakan tenaganya. Kalau sekiranya sudah lelah harus segera istirahat dan makan makanan bergizi untuk mengembalikan tenaga.

Untuk membantu agar tubuh kita tetap fit setiap hari setelah sakit, maka sebaiknya mengkonsumsi Theragran-M. Cukup minum Theragran -M 1 kaplet sehari sesudah makan.

Beberapa keunggulan Theragran-M antara lain :
  1. Theragran -M sudah diresepkan oleh dokter sejak tahun 1976 jadi hingga sekarang sudah lebih dari 40 tahun. 
  2. Sudah terbukti mampu meningkatkan , mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh juga mempercepat proses penyembuhan. 
  3. Mampu memberikan dukungan pada daya tahan tubuh yang maksimal. 
Theragran-M merupakan Multivitamin yang sangat penting dan bisa membantu memulihkan daya tahan tubuh setelah sakit. Dalam Theragran-M terdapat: 

1. Magnesium
Ini adalah mineral yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena berperan dalam proses mineralisasi tulang.Kekurangan magnesium dalam tubuh bisa mengakibatkan nyeri, kram otot, mudah lelah, migrain, kejang, jantung berdebar, kurang nafsu makan, anoreksia, tremor bahkan kekurangan berat badan. Kalsium bisa didapat dari sayuran hijau, kacang-kacangan, buncis, ikan juga rempah.

2. Zinc.
Mineral ini berguna dalam proses penyembuhan luka juga membantu regulasi sel tubuh maupun sel saraf. Jika kekurangan zinc bisa berakibat gangguan pertumbuhan hingga ganguan seksual serta kematangan tulang. Bisa juga mengakibatkan lesi pada kulit, diare, kebotakan, gangguan nafsu makan. Kekurangan zinc juga bisa menyebabkan potensi terkena infeksi meningkat. Ini karena sistem kekebalan tubuh terganggu. Zinc bisa ditemukan pada sereal dan daging merah.

3. Vitamin A (Retinol)
Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak dan bisa disimpan di dalam organ hati dalam jangka waktu yang panjang. Berfungsi untuk menjaga sistem penglihatan, pertumbuhan dan perkembangan sel serta organ tubuh juga untuk memelihara sistem reproduksi dan menjaga daya tahan tubuh. Vitamin A bisa kita peroleh dari sayuran berwarna hijau, kuning, buah mangga, pepaya, susu , daging, minyak hati ikan, kuning telur juga turunan susu seperti keju dan yogurt. Kekuranagn Vitamin A bisa mengakibatkan kerusakan hati, sakit sendi, kebotakan bahkan ketidak harmonisan tulang.

4. Vitamin B
Ada beberapa jenis vitamin B yaitu : Vitamin B1 (Thiamin), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacinamide), Vitamin B5 (Pantothenate) , Vitamin B6 (Pyridoxine)  dan Vitamin B12 (cyanocobalamin).

5. Vitamin C
Berguna untuk penyerapan zat besi, sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas juga meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber utama vitamin C adalah dari beberapa jenis buah-buahan seperti jeruk, kiwi, strawberry dll.

6. Vitamin D
Terdapat dalam minyak ikan, ikan berlemak juga beberapa jenis jamur konsumsi, keju serta hati sapi. Sangat berguna untuk mengembalikan kadar kalsium dan fosfat dalam tubuh.

7. Vitamin E
Bisa dijumpai pada minyak biji gandum, kedelai, selada, kacang-kacangan, pisang dll. sangat penting sebagai anti oksidan

8. Zat Besi
Ini yang berperan membawa oksigen ke seluruh organ tubuh. JAdi kalau kurang zat besi bisa jadi mudah lelah dan stamina menurun. Zat besi bisa kita temukan pada daging merah, sereal, sayuran hijau juga buah kering.

9. Tembaga
Sangat penting untuk menghasilkan pigmen melamin bagi kulit, rambut dan mata. Juga menjaga kesehatan kardiovasukular, tulang, saraf otot juga pembuluh darah. Tembaga juga membantu penyerapan zat besi, dan bersama zat besi pula tembaga membantu sistem pernafasan dan sintesis hemoglobin. Makanan yang banyak mengandung tembaga antara lain tempe, alpukat dan jamur tiram.

10. Mangan
Ini adalah mineral alami dalam tubuh yang jumlahnya kcil. Berguna untuk menjaga kesehatan tulang juga membantu penyerapan vitamin serta fungsi hati. Sumber mangan antara lain bawang putih, anggur, kacang-kacangan, tomat serta kentang.

11. Iodium
Mineral ini sangat penting bagi hormn tiroid. Sumber Iodium diantaranya rumput laut, ikan, susu, telur , cereal juga sayur-sayuran. Kekuranagn iodium bisa menyebabkan cacat bawaan.

Keinginan boleh banyak. Tapi keinginan ini harus seimbang dengan kemampuan tubuh untuk mencapainya. Kita adalah manusia bukan robot yang bisa digunakan terus-menerus kemudian bisa jadi rongsokan ketika sudah tidak bisa digunakan lagi. Sebagai manusia kita harus menjaga kesehatan tubuh dan memberikan makanan bergizi juga multivitamin yang baik untuk tubuh. Itulah salah satu bentuk syukur pada Tuhan atas kesehatan yang telah diberikan untuk kita.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

21 komentar:

  1. Wah..keren.produktif.juga ya dalam menulis.buku..semoga resolusinya terwujud..aamiin...

    BalasHapus
  2. Wah, mbak Astri suka crafting juga? Saya mah sebatas penonton saja, bukan pelaku ^_^
    Sukses selalu dengan resolusinya, aaminn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngajar craft juga mbak
      Thanks doanya ya

      Hapus
  3. Sehat terus ya mak, pertahankan prestasi loh. Tahun 2018 sukses lagi

    BalasHapus
  4. Mbak resolusi memang gampang tetapi pelaksanaannya yang gampang-gampang susah. Terutama disiplin itu ya. Semoga yang jadi resolusi mbak tahun 2018 terwujud ya...en mbak Astri sehat dan still fit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya mbak disiplin itu penting.
      Thanks doanya ya mbak

      Hapus
  5. Aku sering lihat foto2 Mbak kala menghadiri event crafting di Instagram. Keren, Mbak. Semoga semua resolusi terlaksana.

    BalasHapus
  6. sehat sehat terus dan semoga resolusinya terwujud. moga makin sukses n terus menginspirasi ya mba astri. aamiin.
    kalo udah bikin kursus jahit online, ajak aku jadi murid yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin thanks doanya.
      Nanti pasti di kabari kok kalau sudah jadi aplikasi kursus jahit online nya

      Hapus
  7. Iya, sih. Aku juga kadang bosan dengan rutinitas lalu ngerjain yg lain2 deh. Pokoknya tetep hepi dan penghasilan tetep ngalir :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting bahagia.
      Kalau bahagia rejeki juga datang sendiri , karena rejeki gak sudah sama yang sedih ... *yang ini sih aku jelas ngarang ... hehehhehe

      Hapus
  8. Saya penasaran sama Fuya Mbak
    Jangan dulu keliling dunia, keliling Cianjur aja dulu yuk...
    Belum kan? Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkkwkwkwkkwkwk.............. iya, jadi ingat janji mau Cianjur ke rumah temenku juga . Dan belum juga sampai sekarang

      Hapus
  9. semoga tercapai resolusinya ya Mba aamiin

    BalasHapus
  10. semangat mba buat impian yang menulis novel anak. semoga terlaksana ya mba,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah , terimakasih banyak ya atas doanya dan support nya juga

      Hapus
  11. iya ya mba, harus ada prioritas supaya resolusi bisa tercapai, juga dukungan dari org terdekat.

    BalasHapus