Kota Tua Jakarta, sebuah kawasan yang tak terlalu besar, luasnya hanya sekitar 1,3 kilometer persegi. Terletak di antara Jakarta Barat dan Jakarta Utara, banyak hal menarik yang bisa kamu temui di tempat penuh sejarah ini.

Tak hanya penuh dengan café yang menyajikan makanan khas Betawi atau yang bernuansa kuno. Kota Tua yang menjadi salah satu tempat wisata andalan di Jakarta juga punya banyak museum yang wajib banget dikunjungi buat menambah pengetahuan kamu tentang Ibukota dan banyak hal lainnya.

Menelisik Masa Lalu di Museum Sejarah Jakarta

Tempat pertama yang wajib kamu datangi di tempat wisata di Jakarta ini tentu Museum Fatahillah. Bangunan yang juga dikenal dengan nama Museum Sejarah Jakarta ini memiliki koleksi benda-benda bersejarah dari masa sebelum penjajahan hingga Indonesia merdeka.


foto:aktual.com

Tidak hanya isinya saja yang unik, bangunan Museum Sejarah Jakarta juga menarik. Kamu bisa melihat penjara bawah tanah langsung di ruangan bawah tanahnya di museum ini. Menarik bukan?
Museum ini berada di Jl. Taman Fatahillah No.1 dan buka setiap hari, mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. Tiket masuknya murah saja, hanya Rp 5 ribu per orang dan ada harga khusus untuk pelajar dan anak-anak.

Toko Merah Yang Cantik

Bergeser tak jauh dari Museum Sejarah Jakarta, ada Toko Merah yang menarik. Dinamakan Toko Merah karena dulunya pernah menjadi toko dan seluruh bangunan peninggalan era Belanda ini seluruhnya dicat dengan warna merah tua.


foto:kebudayaan.kemdikbud.go.id

Bangunan yang dibangun pada tahun 1730 ini beberapa kali beralih fungsi, mulai dari rumah tinggal hingga kantor dinas pemerintahan. Dan terakhir, Toko Merah menjadi cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah dan hanya bisa dikunjungi dengan izin melalui loket masuk.

Dengan harga tiket Rp. 10.000 per orang, kamu sudah bisa berwisata sejarah dan melihat keunikan Toko Merah yang menarik. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.30, Toko Merah ini wajib banget kamu kunjungi.

Gali Pengetahuan Baru di Museum Bank Indonesia

Seperti apa sih sejarah perbankan di negeri ini? Semua jawaban atas pertanyaan kamu soal perbankan di Indonesia bisa didapatkan di Museum Bank Indonesia yang terletak di Jakarta Barat.


foto:kebudayaan.kemdikbud.go.id

Museum ini menyimpan semua benda yang berhubungan dengan Bank Indonesia, mulai dari masa penjajahan Belanda hingga sekarang. Selain itu Museum Bank Indonesia juga punya berbagai koleksi menarik karya seniman dari dalam dan luar negeri.

Tiket masuk Museum Bank Indonesia Rp 5 ribu per orang, namun gratis untuk pelajar dan mahasiswa dan juga anak-anak di bawah tiga tahun. Tempat ini buka Selasa hingga Minggu, dan tutup di hari Senin.

Tambah Pengalaman di Museum Seni Rupa dan Keramik

Tak hanya menyimpan koleksi seni rupa dan keramik dari masa ke masa dan berbagai daerah di Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik. Museumnya juga memiliki kelas workshop. Mulai dari kelas melukis, kelas membuat keramik dan lain sebagainya.


foto:kebudayaan.kemdikbud.go.id

Buka hari Selasa sampai dengan Minggu mulai pukul 08.00 – 15.00, Museum yang bangunannya sudah berdiri sejak tahun 1870 ini hanya menarik tiket Rp 5 ribu per orang. Anak-anak dan pelajar dapat harga khusus, sementara lansia bisa masuk secara gratis.

Berada di Jl. Pos Kota, Museum Seni Rupa dan Keramik ini tak sekedar menambah pengetahuan. Tapi juga bisa membantu mengasah keterampilan di bidang seni.

Masih ada banyak hal seru lainnya di Kota Tua Jakarta. Selengkapnya, bisa kamu akses di halaman ini. Yang pasti, Kota Tua tidak hanya menjadi tempat wisata di Jakarta. Tapi juga pusat belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan di Ibukota. Oh ya, supaya lebih berkesan, coba naik Transjakarta untuk sampai ke tempat ini ya