Pages - Menu

Jumat, 15 Juni 2018

Jadi Lebih Baik di Bulan Baik dengan Sedekah

TCASH WALLET

Salah satu cara berbuat baik adalah dengan sedekah. Yang namanya sedekah juga tidak harus dengan rupiah. Apalagi sekarang ada TCASH yang bisa membuat sedekah jadi lebih mudah. 

Ramadhan baru saja berlalu. Tanpa terasa hari ini sudah 1 Syawal, artinya ini adalah bulan baru dimana jiwa ini seperti terlahir kembali.

Sebulan sudah puasa dan segala amal ibadah lainnya dilakukan untuk menghapus dosa dan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Bagaimanapun juga sejak jaman Nabi Adam dulu, manusia seringkali berbuat dosa, baik itu yang disengaja maupun tidak disengaja. Salah satu amalan yang bisa cepat menghapus dosa adalah sedekah.


Sedekah itu tidak harus dengan rupiah.


Pertengahan Ramadhan kemarin seorang sahabatku menelpon kalau suaminya dirawat di ICU rumah sakit di kawasan Jakarta Selatan. Tanpa pikir panjang aku langsung order taksi blue bird menggunakan aplikasi my blue bird.

Aku harus segera menemaninya karena dia hanya sendiri di Jakarta ini. Keluarga besarnya berada di Semarang. Jadi aku tahu benar bagaimana perasaannya yang sendiri saat itu.

Tidak lama kemudian taksi yang aku pesan datang. Akupun pergi dengan terburu-buru. Ketika sudah dekat rumah sakit, aku baru sadar kalau ternyata aku tidak membawa dompet.

Jelas panik dong. Kalau mau balik lagi ke rumah jelas akan memakan waktu lama. Tapi gak mungkin juga aku pinjam uang temanku di rumah sakit untuk bayar taksi. Hingga akhirnya aku mencari-cari dan mengumpulkan uang yang tersisa di dalam tas.

Syukurlah di tas masih ada uang sekitar Rp 70 ribuan yang nilainya lebih sedikit untuk membayar taksi. "Alhamdulillah." Untuk pulangnya, bisalah nanti sopir taksinya aku suruh nunggu dan aku ngambil uang dulu ke dalam rumah.

Nyatanya Allah Maha Baik. Setiap niat baik pasti akan mendapat penyelesaian yang baik juga. Aku melihat pak sopir taksi melirik dan tersenyum padaku yang kulihat dari kaca spion taksi.  Pak sopir bilang, "kenapa tadi gak pilih pembayarannya pakai TCASH saja mbak? Maaf lho mbak, saya bilang gitu karena saya lihat pin TCASH yang ada di hpnya mbak."


" Lho memangnya bisa?" Tanyaku heran. Jujur baru kali ini aku tau kalau TCASH bisa digunakan untuk bayar taksi. Aku tahunya cuma buat isi pulsa dan dapat cashback. Ini yang sering aku lakukan setelah punya TCASH wallet.

"Ya bisa asalkan TCASH walletnya ada isinya. Dan sudah didaftarkan untuk pembayaran di aplikasi my blue bird." Jawab pak sopir taksi sedikit ragu. Mungkin dia pikir TCASH ku kosong kali ya.

" Ya ada dong pak. Kemaren aku habis ngisi kok di Indomaret 200 ribu." Biasanya aku mengisi TCASH sebulan sekali di Grapari. Cuma kemarin gak sempat ke GraPARI jadi ya ngisinya di Indomaret saja. Gak apa-apalah bayar lebih Rp 2.500 itung-itung masih lebih murah dari pada ongkos ojek online dari rumah ke GraPARI  yang kalau ngisi TCASH gak perlu nambah biaya.

Dengan arahan pak sopir akupun mencoba registrasi di aplikasi my blue bird. Dan ternyata cara pakai TCASH sebagai pembayaran di aplikasi my blue bird gampang banget. Gak sampai 5 menit akupun sudah bisa menambahkan TCASH sebagai salah satu cara bayar di aplikasi my blue bird selain dengan pembayaran tunai.

Klik sistem pembayaran cash kemudian tambahkan cara pembayaran dengan TCASH. Nanti akan keluar format seperti di atas agar kita bisa mengisi no Telkomsel yang sudah diregristrasi untuk TCASH.


Setelah diklik lanjut maka akan keluar format seperti ini. Tandanya pengajuan kita sedang diproses. Tunggu aesaas ya, jangan buru-buru ditutup aplikasinya.

Yang berikutnya akan keluar format seperti ini dan akan ada SMS PIN TCASH yang harus kita ketik di sini.


Kalau sudah, maka akan ada pemberitahuan kalau penambahan cara bayar kita disetujui.


Nah sekarang kita bisa membayar Blue bird dengan TCASH.

Jadi nanti pulangnya gak perlu bingung lagi dengan pembayaran taksi. Dan enaknya ternyata lagi ada promo yang berlangsung sampai dengan tanggal 24 Juni nanti. Promonya adalah cashback sebesar 20% dengan maximal cashback Rp 20 ribu.

Sampai di rumah sakit aku harus menemani temanku agak lama. Tanpa terasa waktu buka hampir tiba. Aku harus mencari makanan untuk buka puasa. " Tapi aku kan gak bawa dompet." Pikirku. Untunglah aku segera teringat kalau aku punya TCASH.

Akupun segera keluar rumah sakit untuk mencari tempat makan yang bisa dibayar dengan TCASH. untungnya tidak jauh dari rumah sakit ada gerai Mc Donald. Jadilah aku ke sana. Dan lagi-lagi kali ini dapat cashback sebesar 20%. Lumayan pakai banget kan.


Sore itu aku teringat kalau doa kita ingin segera terkabul maka kita perlu sedekah. Maka sore itu aku tidak hanya membeli buka puasa untuk aku dan temanku tapi juga beberapa burger yang kemudian aku berikan ke masjid di rumah sakit sebagai takjil buka puasa di sana. Dengan harapan kondisi suami temanku segera membaik.

Dan benar saja, Alhamdulillah setelah Isya suami temanku sudah bisa dipindahkan ke ruang perawatan. Ini berarti kondisinya telah membaik. Akupun bisa pulang ke rumah. Kali ini aku memesan blue bird lewat aplikasi my blue bird dan memilih pembayaran dengan TCASH.

Tips Sedekah. 


Kenapa sih harus sedekah? Sedekah itu untuk mencari keridhaan dari Allah. Selain itu sedekah juga bisa menghapus dosa dan mempercepat terkabulnya doa.

Karena sedekah itu untuk mendapatkan keridhaan Allah maka selalu usahakan memberikan sedekah yang terbaik dari apa yang kita miliki. Jangan pernah takut rugi atau kekurangan setelah sedekah, karena Allah sudah memberikan jaminan pahala dan dijauhkan dari kekuarangan bagi orang yang bersedekah


Bukankah kalau kita sedekah uang kita akan berkurang? Itu adalah pemikiran manusia. Padahal kalau kita bersedekah maka uang yang kita keluarkan akan diganti oleh Allah. Gantinya itu pasti karena itu janji Allah. Bahkan digantinya hingga 700 kali lipat.


Kepada siapa saja kita bersedekah? Sedekah yang baik adalah yang mengutamakan orang-orang terdekat yang ada di sekitar kita. Jangan sampai ada kerabat yang masih kekurangan sementara kita bersedekah di panti asuhan yang lokasinya jauh.

Sedekah bisa kita berikan kepada orang tua, saudara, teman, anak yatim, orang miskin juga orang yang sedang dalam perjalanan.


Sedekah tidak harus dengan rupiah.Bisa sedekah ilmu, sedekah waktu, sedekah tenaga dan lain sebagainya. Sedekah juga sangat mudah. Cuma diperlukan niat untuk bisa melakukannya.Yang pasti pahala sedekah itu berlimpah.

Sayangnya masih banyak manusia yang merasa berat untuk sedekah. Manusia lebih memilih  balasan  sedikit rupiah daripada pahala yang berlimpah. Tuhan tidak pernah berhitung ketika memberikan berkah-Nya bagi manusia. Tapi banyak manusia yang masih itung-itungan dengan Yang Maha Kaya.

Jadi apakah sekarang masih ragu untuk sedekah? Semoga tidak ada lagi keraguan untuk sedekah. Apalagi sekarang sedekah bisa semakin mudah dengan TCASH.












6 komentar:

  1. Mba Astri ceritanya keren banget. Semoga menang ya, dan yang pasti mengingatkan yg baca untuk jangan ragu bersedekah, termasuk berbagi makanan ya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin
      Thanks doanya.
      Iya memang sedekah tidak akan pernah membuat uang kita berkurang tapi malah nambah

      Hapus
  2. Waaah baik banget mba astri bagi2 burger. Ade juga sering jajan di Mc. D pakai tcash. Enak ya mba dengan adanya tcash nggak oerlu lagi bawa duit banyak2. Semua ada di tcahs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas bayar pakai TCASH banyak cashback dan potongan harganya.

      Hapus
  3. Saya belum punya tcash nih, dan baru tau kalau ada tcash setelah baca ceritanya mbak...
    Bagus ternyata bisa belanja pakek itu, gak perlu ribet bawa uang banyak.

    BalasHapus
  4. Wah jad8 baik sekarang gak ribet ya... tinggal pakai aplikasi tcash semua bisa jadi baik... keren!...

    BalasHapus