Lebaran sebentar lagi. Tapi ada banyak lho ibu-ibu yang masih sibuk dengan urusan ini itu di Jakarta. Biasanya juga kalau menjelang lebaran itu pasar tradisional banyak yang penuh. Tapi kalau mau belanja ke hipermarket atau supermarket suka males karena macet dan seringkali menghabiskan waktu.

Nah sekarang aku mau berbagi resep andalan yang jadi favorit keluarga di hari raya. Resep ini cara masaknya mudah dan cepat. Selain itu bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat di supermarket atau hipermarket. Kalau males ke supermarket bahannya bisa dibeli dengan aplikasi happy fresh.

Namanya Kwetiaw Siram Sayuran. Resep ini sengaja memakai banyak sayuran karena biasanya kalau lebaran itu suka banyak makanan bersantan. Jadi kalau ada masakan yang seger gini akan meningkatkan kembali nafsu makan.

Bahan : 

  • Kwetiaw kering 1 bungkus (250 gram)
  • 1 buah brocoli (100 gram), dipotong kecil-kecil.
  • 1 ikat kailan dipotong--potong.
  • Jamur kancing 1 bungkus (50 gram) dibelah dua.
  • Daging sapi diiris tipis-tipis 100 gram
  • Margarin untuk menumis 2 sdm
  • Bawang bombai 1 buah dicincang halus.
  • Bawang putih 4 siung dicincang halus.
  • Air kaldu 100 ml
  • Saus tiram 2 sdm
  • Kecap manis 1 sdm
  • Kecap asin 1 sdt
  • Kecap ikan 1 sdt
  • Minyak wijen 1 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Lada bubuk 1 sdt

Cara Membuat


  1. Rebus kwetiaw hingga lunak. Tiriskan dan sisihkan. 
  2. Panaskan margarin, tambahkan bawang bombai dan bawang putih, tumis hingga harum. Tambahkan irisan daging. 
  3. Masukkan kailan, jamur kancing dan brocoli. Aduk sebentar.
  4. Tambahkan air kaldu, saus tiram, kecap manis, kecap asin, minyak wijen, garam dan lada. Aduk hingga rata dan maakm hingga saus mengental. 
  5. Letakkan kwetiaw pada piring dan siram dengan saus. Siap dihidangkan. 


Tentang Happy Fresh



Di kota seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bogor, kemacetan bisa jadi kendala utama bagi para ibu yang ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari. Apalagi kalau ibu bekerja. Yang bisa saja tiba-tiba ditelpon oleh pembantu atau baby sitter di rumah cuma sekedar untuk bilang, “Bu, susu habis!” Padahal kita sedang bekerja dan tidak mungkin meninggalkan pekerjaan untuk belanja saat itu juga.

Perlu diketahui ya, belanja di supermarket itu ternyata banyak menyita waktu. Bahkan bisa hampir 2 jam bahkan lebih. Mulai dari kemacetan di jalan pulang pergi , terus cari parkir yang bisa saja kita mendapatkan tempat parkir yang paling jauh dari pintu masuk supermarket. Ditambah lagi waktu untuk mencari barang belanjaan, antri bayar di kasir. Setelah itu ambil mobil untuk pulangnya.

Padahal, waktu 2 jam itu bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih efektif seperti olah raga, membaca, istirahat, bermain bersama dengan anak, memasak. Lebih berbahaya lagi kalau kita sudah “lapar mata”. Dan bisa kalap beli apa saja di luar daftar belanja. Itu kalau kita bikin daftar belanja. Sayangnya sebagian besar dari kita jarang yang bikin daftar belanja ( termasuk aku juga). Jadi jangan salahkan dompet kalau akhirnya menipis atau bahkan kosong setelah pulang ke rumah.

Nah untuk menghemat waktu, tenaga dan uang tentunya, sekarang ini kita bisa banget belanja secara online. Yaitu  dengan aplikasi  “Happy Fresh”. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada Maret 2015, dengan mitra kerja 3 saja.

Kita hanya tinggal download aplikasi “Happy Fresh “ bagi pengguna Android dan IOS . Bisa juga di komputer via google store atau Google Play. Setelah memiliki aplikasinya, maka kita tinggal sign up.


Pilih supermarket yang terdekat dengan rumah kita. Setelah itu tinggal memilih barang yang ingin dibeli. Masukkan dalam keranjang belanja  dan pilih waktu pengiriman.  Kalau order sekarang bisa kok untuk pengiriman 10 hari ke depan. Pilihan untuk pengiriman jam berapa juga bisa. Jadi kita bisa pilih waktu tepat untuk menerima barang. Jangan sampai barang datang tapi tidak ada orang di rumah. Nah kalau sudah, kita akan diminta untuk memilih metode pembayaran, secara tunai atau kartu kredit.

Jangan khawatir soal kualitas barang belanjaan yang kita beli. Mitra kerja Happy Fresh adalah supermarket yang sudah sangat terkenal dengan barang-barangnya yang segar dan berkualitas baik seperti SuperIndo, TransMart, LottteMart, Red & Wine, Stevan. Bagaimana jika barang yang dibeli, misalnya kentang beku ternyata hancur? Tidak perlu khwatir, karena “Personal Shopper” yang mencari kebutuhan kita itu sudah dilatih dengan training selama 2 minggu dan selalu jadi asisten sebelum terjun ke lapangan. Jadi mereka itu sudah punya pengetahuan tentang kualitas semua barang-barang di supermarket. Jika kita ngga puas juga dengan kualitas barang yang dibeli, dapat dikembalikan tanpa bayar. Tapi ngga bisa ditukar ya.



Jadi kalau boleh aku simpulkan, keunggulan dari “Happy Fresh” adalah sebagai berikut:

  1. Bisa menentukan kapan waktu Delivery Order yang diinginkan. 
  2. Tidak kena macet , ini karena aplikasi Happy Fresh bisa di setting dengan menentukan lokasi toko yang terdekat dengan lokasi pengantaran barang. Sehingga waktu pengantaran juga lebih cepat. 
  3. Kualitas barang yang bagus , bahan makanan sehat dan segar karena dipilihkan oleh asisten belanja. 
  4. Shopping list yang mudah , ada fitur passed order yang artinya jika ada barang yang akan dibeli itu pernah dibeli sebelumnya, maka kita tinggal pilih My pass order, dan jangan lupa menambahkan berapa item (jumlahnya)
  5. Diskon khusus dari Happy fresh untuk barang special akan diberitahukan dalam newsletter yang dikirimkan lewat email. Jadi kita gak akan ketinggalan diskon. 

#BukaBukaanResep #BukaKebahagiaan