Haid, datang bulan atau biasa juga disebut dengan menstruasi merupakan tamu bulanan bagi setiap perempuan. Hal tersebut merupakan suatu keadaan yang pasti akan dirasakan dan dijalani oleh setiap perempuan dari mulai akil balik hingga umur 40an atau 50an. Hal tersebut merupakan keadaan rutin dalam proses perkembangan terhadap perempuan. Setiap perempuan yang mengalami pendarahan dari vagina hingga kira – kira 2 sampai 7 hari. Akan tetapi, terkadang lancar datang bulan tidak selalu normal setiap saat. Perempuan terkadang kerap mengalami menstruasi yang datang satu kali dalam dua bulan terakhir. Untuk hal itu, berikut ini akan Kami paparkan beberapa tips bermanfaat untuk melancarkan datang bulan yang terlambat.

1.       Penyakit

Haid yang tidak lancar merupakan suatu kondisi yang bisa saja diakibatkan oleh suatu penyakit tertentu. Beberapa diantaranya bisa diakibatkan oleh penyakit seperti jamur. Untuk itu anda perlu melakukan check up atau berobat jika datang bulan yang tidak lancar tersebut terjadi karena penyakit yang menimpa anda. Perempuan yang terlalu sering mengalami haid yang tidak lancar bisa saja terjangkit penyakit tumor. Maka dari itu, anda perlu melakukan pengecekan rutin atau berobat pada dokter terdekat dan berkonsultasi.

2.       Stres

Stres adalah salah satu kondisi tekanan terhadap seseorang yang dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti salah satunya gangguan kesehatan yang mengakibatkan haid tidak lancar. Menurut ahli kesehatan, salah satu bagian otak yang bernama hypothalamus memiliki pengaruh penting terhadap otak dimana bagian tersebut merupakan hormon yang mengatur periode haid seseorang. Jadi jika anda mengalami stress maka tentu saja akan berdampak pada kelancarannya. Hindari stress jika tidak lancarnya haid pada diri anda diakibatkan oleh stress.

3.       Hormon Tidak Seimbang

Kejadian yang paling sering terjadi adalah karena disebabkan oleh ketidak stabilan atau ketidak seimbangan yang terjadi karena hormone yang tidak seimbang. Tentu saja hal tersebut bisa saja terjadi karena haid merupakan hasil kerjasama antara otak, kelenjar di otak, kelenjar tiroid dan juga kandung telur. Jadi, jika salah satu komponen tersebut mengalami hal yang tidak beres maka akan berdampak pada ketidak lancaran menstruasi. Jadi agar menstruasi lancar maka hormone pun harus tetap seimbang.